Di sebuah resto di San Fransisco, ada seorang konsultan yang heran melihat keramaian Restoran Lie Po. Dia mencoba makan disana pada sebuah siang yang ramai sekali.
Pelayan dengan ramah melayani dengan
bahasa Inggris yang masih saja tidak fasih, sang konsultan memesan 'Orange
Chicken Rice' dan meminta minuman 'Cola Zero'.
Pelayan berkata: 'Maaf, kami
kontrak dengan Pepsi, dan tidak menjual produk Coca Cola. Apakah dapat kami
tawarkan Diet Pepsi?' Sang konsultan menolak, dan meminta air putih saja.
Ketika dia sedang makan,
tiba-tiba ada seseorg berpakaian rapi membawa 'Coke Zero' dan es batu dan
menaruh didepan pelanggan itu dan berkata sambil tersenyum. 'Tadi anda
menginginkan Coke Zero kan?' Lalu berlalu.
Sang konsultan meminum dengan
puas dan memanggil pelayan yang tadi melayaninya. Pelayan datang dan tersenyum
melihat Coke Zero ada disana.
Pelayan berkata: 'Nah sudah ada
minuman kesukaan Bapak kan?'
Pelanggan: 'Tadi katanya tidak
ada? Ini kok ada?'
Pelayan: 'Benar, baru saja kami
belikan di pasar swalayan seberang' 'Resto lagi ramai, siapa yang
membelikannya?'
'Manager kami, dia tidak terlalu
sibuk dibelakang'
'Lho, katanya kontrak dengan
Pepsi?'
'Ya, kalau menjual Coca Cola
tidak boleh, kalau memberi gratis kpd pelanggan, saya kira boleh' Jawabnya
sambil tersenyum.
Memberi
pelayanan yang baik adalah hal yang umum, dan dilakukan oleh semua perusahaan,
memberikan hal yang lebih, yang tidak diduga, menjadi sukses di jaman ini
Ciptakan 'Moment of Truth', yang memberikan impresi luar biasa, yang akan
diingat oleh pelanggan anda, sehingga dia akan setia pada perusahaan anda dan
merekomendasikan produk anda kpada orang lain.
Moment of
Truth tidak hanya berlaku pada pelanggan
penjualan saja. Hal yang sama berlaku untuk sebuah kepemimpinan, team work, ataupun dlm kehidupan sosial kita.
Melakukan
hal lebih yang menyentuh adalah kesempatan kita untuk diingat, dicinta, dan
dihormati oleh org lain
No comments:
Post a Comment