Tuesday, August 4, 2020

MOMENT OF TRUTH

Di sebuah resto di San Fransisco, ada seorang konsultan yang heran melihat keramaian Restoran Lie Po. Dia mencoba makan disana pada sebuah siang yang ramai sekali.

Pelayan dengan ramah melayani dengan bahasa Inggris yang masih saja tidak fasih, sang konsultan memesan 'Orange Chicken Rice' dan meminta minuman 'Cola Zero'.

Pelayan berkata: 'Maaf, kami kontrak dengan Pepsi, dan tidak menjual produk Coca Cola. Apakah dapat kami tawarkan Diet Pepsi?' Sang konsultan menolak, dan meminta air putih saja.

Ketika dia sedang makan, tiba-tiba ada seseorg berpakaian rapi membawa 'Coke Zero' dan es batu dan menaruh didepan pelanggan itu dan berkata sambil tersenyum. 'Tadi anda menginginkan Coke Zero kan?' Lalu berlalu.

Sang konsultan meminum dengan puas dan memanggil pelayan yang tadi melayaninya. Pelayan datang dan tersenyum melihat Coke Zero ada disana.

Pelayan berkata: 'Nah sudah ada minuman kesukaan Bapak kan?'

Pelanggan: 'Tadi katanya tidak ada? Ini kok ada?'

Pelayan: 'Benar, baru saja kami belikan di pasar swalayan seberang' 'Resto lagi ramai, siapa yang membelikannya?'

'Manager kami, dia tidak terlalu sibuk dibelakang'

'Lho, katanya kontrak dengan Pepsi?'

'Ya, kalau menjual Coca Cola tidak boleh, kalau memberi gratis kpd pelanggan, saya kira boleh' Jawabnya sambil tersenyum.

Memberi pelayanan yang baik adalah hal yang umum, dan dilakukan oleh semua perusahaan, memberikan hal yang lebih, yang tidak diduga, menjadi sukses di jaman ini

Ciptakan 'Moment of Truth', yang memberikan impresi luar biasa, yang akan diingat oleh pelanggan anda, sehingga dia akan setia pada perusahaan anda dan merekomendasikan produk anda kpada orang lain.

Moment of Truth tidak hanya berlaku pada pelanggan penjualan saja. Hal yang sama berlaku untuk sebuah kepemimpinan, team work, ataupun dlm kehidupan sosial kita.

Melakukan hal lebih yang menyentuh adalah kesempatan kita untuk diingat, dicinta, dan dihormati oleh org lain

Have a beautiful n wonderful day

No comments:

Post a Comment