APA ITU E-COMMERCE?
E-Commerce (Electronic-Commerce) atau terjemahan bahasa Indonesia-nya perdagangan elektronik
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet. Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar
isitlah E-Commerce ini mungkin masih bingung kaitan atau hubungan E-Commerce
dengan toko online.
E-Commerce sendiri berfungsi untuk
memfasilitasi bisnis di internet, kita dapat membeli dan menjual produk atau
jasa secara online. Setiap bentuk transaksi bisnis yang dilakukan secara
elektronik disebut dengan E-Commerce. Berikut adalah cakupan umum pada
E-Commerce.
Fungsi E-Commerce bagi Toko Online
Belanja Online
Membeli dan menjual barang lewat
Internet merupakan salah satu contoh yang populer dari e-commerce. Penjual
membuat etalase melalui website toko online mereka dengan menampilkan
gambar-gambar menarik, lalu pembeli cukup melakukan obeservasi dengan mengklik
barang yang mereka inginkan dan melanjutkan ke pembayaran.
Pembayaran Elektronik
Ketika kamu membeli barang secara
online, maka akan ada mekanisme pembayarannya, entah itu transfer, menggunakan
kartu kredit atau paypal dan menu pembayaran lainnya.
Tiket online
Tiket pesawat, tiket film, tiket
kereta api, tiket bermain, tiket untuk acara olahraga dan hampir semua jenis
tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara online menghindari
antrian pembelian di loket tiket.
Model-Model E-Commerce di Indonesia
Model Iklan Baris
Iklan baris tergolong E-Commerce yang
sederhana, atau bisa dibilang iklan baris sebagai evolusi dari iklan yang biasa
kita temui di koran-koran yang diaplikasikan ke dunia online.
Penjual bisa memasarkan produknya di
website atau forum yang menyediakan sarana untuk beriklan. Cara kerja ini tidak
seperti keranjang belanja yang biasa ditemui di toko online, tapi calon pembeli
menghubungi penjual dari kontak yang diberikan dari penjual dan berkomunikasi
langsung untuk melanjutkan transaksi. Transaksi biasanya berupa transfer atau
cash on delivery, tergantung kesepakatan antara si penjual dan si pembeli.
Contoh iklan baris di Indonesia: olx, berniaga dan FJB-Kaskus.
Model Retail
Retail ini seperti kebanyakan toko
online pada biasanya. Dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem
yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Biasanya menggunakan
keranjang belanja.
Model retail hanya fokus ke satu-dua
kategori produk, jika kamu menjual produk fashion maka kategori hanya sebatas
pakaian saja, seperti baju, celana dan yang berhubungan dengan fashion.
Contoh model retail di Indonesia: berrybenka, AccJakarta, dan Waroeng Digital.
Model Marketplace
Marketplace, bisa dianggap sebagai
penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website,
melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace
yang bersangkutan.
Marketplace umumnya menyediakan
lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem
pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap
terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan
menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk
sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses
pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
Contoh model marketplace di
Indonesia: tokopedia, bukalapak, lazada
dll..
#tebarmanfaat
Source: http://facebook.com/DMarketingC - Call: +62 857-1122-7575
No comments:
Post a Comment