KEUNGGULAN INSTAGRAM
Mengapa Instagram menjadi
alat pemasaran yang favorit? Salah satunya adalah karena Instagram mudah untuk digunakan.
Kemudian, semenjak Instagram mengutamakan visual, membuat perhatian pengguna Instagram lebih
mudah dibandingkan menarik perhatian seseorang di Facebook. Di tambah
lagi, Instagram 58 kali
lebih terikat dengan para follower kita dibandingkan Facebook, dan 120
kali lebih terikat dibandingkan Twitter.
Secara natural, Instagram
meninggalkan banyak ruang untuk menciptakan berbagai kreatifitas. Tetapi, jika
kita menggunakannya sebagai alat marketing, lebih baik jika meletakkan beberapa
strategi sebelum melangkah lebih jauh. Ini beberapa langkah yang strategis yang
perlu kita ketahui untuk melakukan strategi marketing pada Instagram:
Pilih tema untuk foto/video yang akan kita post
Dengan menentukan tema
yang tepat dan jelas maka akan mempermudah kita untuk membuat bentuk postingan
di Instagram. Dengan menerapkan strategi seperti ini, kita akan memiliki Followers
Instagram yang lebih spesifik yang juga merupakan target audience
kita. Apapun tema yang kita pilih, pastikan followers kita mengetahui dan
mengerti secara pasti seperti apa produk
dan pesan yang mereka bayangkan.
Instagram Bio
Memiliki Bio menjadi hal yang penting
untuk menghindari standard bio ‘out of the box’. Pilihlah messaging yang kita kuasai dan
buatlah messaging tersebut menarik perhatian para target audience setiap kali
kita melakukan promosi, dan hal ini juga dapat membantu kita untuk mengarahkan
para target audience pada situs kita.
Website
Pastikan akses menuju website kita
dapat juga di akses pada ponsel target audience mengingat para pengguna
Instagram banyak mengakses-nya melalui telepon genggam atau ponsel mereka. Dan,
link website kita harus diletakkan pada Bio Instagram kita, pada setiap post
yang kita bagikan sebagai penanda. Selanjutnya kita, juga dapat meletakkan link
website kita pada halaman deskripsi ataupun kolom komentar.
Simpel dengan gambar yang memiliki makna
Perhatian seseorang akan teralihkan
dalam delapan detik, jadi sangat penting untuk meng’gaet’ target audience kita
secara cepat dengan gambar yang jelas dan bermakna yang tidak terlalu banyak
‘embel-embel’. Sejak rata-rata para pengguna Instagram menggunakan ponsel, maka
ada batasan dalam screen mereka, jadi terlalu banyak pesan teks pada Instagram
merupakan salah satu hal yang tidak ideal.
Posting secara berkala
Semakin banyak kita mengrimkan
posting-an, maka kita akan bertumbuh semakin cepat. Beberapa akun dengan jumlah
followers yang banyak akan mengirimkan posting-an 4 sampai 10 kali dalam
sehari. Itu mungkin melebihi standar kita sebagai pemula dalam marketing,
tetapi, itu merupakan standar munimum dalam melakukan posting-an dalam sehari.
#Hashtag
Selain digunakan pada Twitter hashtag
juga sangat diperlukan ketika kita memposting informasi di Instagram. Semakin
banyak hashtag akan semakin baik. 11 Hashtag setiap post setiap post adalah
suatu hal yang menakjubkan, dan kita juga bisa membuatnya lebih banyak lagi
yakni sebanyak 30 hashtag. Dan hashtag tidak hanya digunakan di dalam deskripsi
sebuah foto yang kita posting saja, namun juga dapat kita gunakan juga di dalam
kolom komentar.
@Mentions
Sangat baik untuk melakukan tagging
kepada setiap orang yang merupakan followers kita agar informasi dapat diterima
dengan pasti. Namun, hindari untuk men-tagging seseorang yang bukan followers
kita karena Instagram akan mem–block akun kita.
Location Sharing
Seperti ‘@mentions’ membagikan lokasi
kita dengan menghidupkan aplikasi dimana kita berada adalah hal terbaik untuk
membangun keterikatan dengan para followers/target audience kita.
Foto yang Baik
Memiliki tema yang pasti dengan foto
yang bagus dan menarik tentu menjadi hal yang dapat memicu perhatian para
target audience kita di instagram.
Buatlah gambar yang mewakili produk/jasa/brand kita
Setelah kita menemukan gambar yang
sesuai dengan kita, pastikan gambar tersebut kita buat sesuai dengan jati diri
produk/jasa/ brand kita. Mungkin menggunakan nama produk, kata-kata mutiara
dari orang-orang terkenal, riview produk secara singkat atau promo. Selain itu,
pastikan logo atau link kita ada di dalam post/foto yang kita bagikan di
halaman instagram kita, sehingga followers dapat menemukan kita dengan mudah.
Instagram adalah tempat yang baik untuk
melakukan kegiatan marketing/pemasaran. Instagram adalah alat yang mengagumkan
untuk menggapai audiens baru dan demografis baru. Dengan merancang strategi
yang simpel/kecil dengan beberapa foto yang baik, kita akan melihat apa yang
bisa Instagram lakukan untuk mem-boost kegiatan marketing yang kita lakukan
tersebut. #dmc #tebarmanfaat
No comments:
Post a Comment