INSTAGRAM OVERVIEW
Instagram adalah sebuah aplikasi
berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter
digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial (Facebook,
Twitter, Flickr, dll).
Satu fitur yang unik di Instagram
adalah unggah foto dan menerapkan filter menarik yang bisa dipilih. Bisa juga
unggah video berdurasi 1 menit yang tentunya ada filter menariknya. Instagram
dapat digunakan di semua smarphone dengan berbagai platform sistem operasinya.
Semakin banyak pengguna instagram maka bisa berpotensi menjadikannya tempat
untuk berbisnis.
Berikut 9 tips dan strategi jitu untuk kembangkan bisnis online
melalui Instagram :
#1. Informasi profil jangan tertutup dan harus selalu terbuka
Gunakan identitas asli tentang keberadaan toko atau lokasi
offline Anda. Jelaskan toko online Anda tentang apa, untuk siapa, bisa shopping
ke mana, cara menghubungi seperti apa, cara memesan lewat apa. Jelaskan!
#2. Unggah foto produk paling bagus
Kadangkala hasil potret dari
smartphone tidaklah bagus. Bila perlu pergunakan digital camera khusus yang
hasilnya bagus dan kemudian olah di akun Instagram Anda. Pilih foto-foto
andalan karena foto yang kreatif juga akan menambah ketertarikan terhadap calon
pembeli.
#3. Sebarkan ke jejaring sosial lainnya
Ketika siap untuk melepas foto hasil
olahan di instagram, selanjutnya ikut sertakan foto itu tersebar ke jejaring
sosial sosial Anda lainnya semisal Facebook, Twitter dll. Penyebaran itu sama
seperti publikasi viral dan diketahui oleh banyak orang.
#4. Follow sebanyak-banyaknya
Banyak teman adalah banyak rejeki dan
berlaku pula jika inisiatif memperbanyak teman bakal mendatangkan follower
balik. Ketika Anda follow seseorang, maka sistem itu melakukan notifikasi
kepada orang itu dan berpotensi untuk melihat Anda dan foto-foto yang ada
didalamnya.
#5. Gunakan hashtag yang tepat sasaran
Contoh jika Anda bisnis makanan dan
akan upload foto makanan, ciptakanlah hastag dalam deskripsinya semisal
#cotoenakmakassar#. Maka orang-orang yang suka sate kambing di Bali akan
menemukan postingan Anda.
#6. Upload video atau foto proses bisnis secara berkala
Pembeli yang lokasinya dekat dengan
toko offline atau lokasi Anda pasti akan datang secara langsung meskipun hanya
sekedar untuk melihat atau memastikan bahwa lokasi tempat dari toko online anda
ini benar-benar ada. Manfaatkan hal semacam ini untuk membuat sebuah video
transaksi antara pembeli dan anda sebagai pemilik toko, jangan lupa untuk
membuat video testimonial! Lalu unggah situasi dan kegiatan para pekerja di
toko offline anda.
#7. Berikan konten hiburan
Tujuan dari instagram didirikan
adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton
berikan upload foto/video yang bersifat menghibur, seperti memberikan foto
lucu, atau video lucu. Kadangkala hal ini akan bangkitkan celotehan ringan dari
para follower, sehingga kita tidak terlalu kaku dalam berbisnis.
#8. Edukasi
Berikan konten-konten foto/video yang
bersifat edukasi kepada para follower. Kadangkala pembeli tidak ingin sia-sia
membeli produknya dengan mengetahui manfaatnya secara mendalam.
#9. Buat Foto Galeri Online Di Blog/Website
Mengapa masih perlu website? Ya
karena konten yang berada di instagram tidaklah seluas/sebanyak yang berada
dalam website. Tetaplah website menjadi tujuan akhir informasi lengkap bagi
bisnis Anda. Sesekali cantumkan nama website Anda di deskripsi konten instagram
Anda. #dmc #tebarmanfaat
Source: http://facebook.com/dmarketingc
No comments:
Post a Comment