DIGITAL MARKETING VS INTERNET MARKETING
Apa perbedaan antara digital
marketing dan internet marketing, apa trend terbaru di industri dan bagaimana
perusahaan-perusahaan besar mengalokasikan anggaran digital marketing mereka?
Digital marketing adalah istilah
yang luas yang menggambarkan serangkaian proses marketing yang memanfaatkan
semua saluran digital yang tersedia untuk mempromosikan produk atau layanan
atau membangun merek digital. Digital Marketing hadir untuk mensukseskan
pemasaran tradisional dan transisi dari iklan kertas dan koran ke Facebook dan
PPC campaign.
Internet marketing adalah bagian dari
digital marketing yang merupakan komponen paling penting karena mayoritas
kegiatan digital berada dalam jangkauan Internet Marketing.
Channel Utama Internet Marketing adalah: situs web, apakah itu website pribadi atau website perusahaan
atau bahkan blog pribadi host di platform bersama (seperti WordPress atau
Tumblr). Bagi banyak campaign sebuah situs web adalah titik awal dan tujuan,
yaitu Anda menjalankan digital marketing campaign untuk mempromosikan sebuah
situs web (titik awal) dengan tujuan mendapatkan lebih banyak pengunjung (titik
tujuan).
Search Marketing (SEM) - Search Marketing
adalah dasar dari Internet Marketing dan terdiri dari dua kegiatan penting, SEO
dan PSA.
Tentang istilah-istilah yang cukup
membingungkan ini, berikut penjelasan perbedaannya:
- Search Engine Optimization (SEO) Vs
Search Engine Marketing (SEM).
- SEO Vs Pay Per Click (PPC).
Search Engine Optimization (SEO) harus dilakukan dengan teknik optimization (optimasi) untuk
tujuan mencapai peringkat yang lebih tinggi di Search Engine yang terdiri dari
dua komponen utama yaitu: On Page SEO
dan Off Page SEO.
Pay Search Advertising (PSA) adalah bagaimana mendapatkan pengunjung dengan menempatkan
iklan di search engine. Pendekatan yang paling populer adalah Pay Per Click (PPC) dan tool yang
paling terkenal adalah Google Adwords yang memungkinkan Anda beriklan di Google
dan partner network nya.
Jadi Search Marketing harus dilakukan
dengan metode promosi yang berkaitan dengan Search Engine.
Internet Marketing Component
Social Media Marketing - adalah salah
satu komponen dari internet marketing dan salah satu yang mendapatkan banyak
perhatian beberapa tahun terakhir. Jutaan user menghabiskan cukup banyak waktu
mereka on-line di Facebook, Twitter, Linkedin, Google+, Instagram, Pinterest,
YouTube, dan pada platform lain Search Marketing dan fakta ini memperingatkan
para digital marketer untuk serius mengambil Search Marketing dan membuatnya
menjadi bagian dari digital marketing campaign.
Content Marketing - Di masa lalu
ketika kita berbicara tentang SEO berarti membangun link namun trend ini telah
berubah sejak 2011 dan content marketing telah menjadi SEO baru. Artinya konten
yang baik menjadi dasar dari SEO dan itu adalah melalui konten yang Anda akan
membangun kehadiran Internet yang lebih baik dan tidak melalui teknik bangunan
link murah.
Email Marketing - Email tidak
mati, tetapi sebaliknya adalah salah satu tool yang paling penting dalam setiap
digital marketing campaign. Meskipun media social berpengaruh, email masih
merupakan cara yang paling efisien untuk mengkonversi visitor atau pembaca
menjadi customer.
Dalam hal pemasaran, email marketing
adalah proses pengumpulan email address dari orang-orang yang tertarik pada
produk atau jasa untuk tujuan mengirim mereka newsletter atau penawaran.
Mobile Marketing - Semakin banyak
pengguna menggunakan ponsel mereka untuk mencari web, terlibat di media sosial,
atau menemukan produk atau jasa untuk membeli. Bahkan diperkirakan 30% dari
lalu lintas yang datang ke situs web adalah dari ponsel , periksalah di google
analytics dan anda akan terkejut melihat realitanya.
Mobile Marketing adalah bagaimana
menciptakan konten atau iklan yang dapat dilihat dan cocok untuk perangkat
mobile. Sebagai contoh: website harus memiliki versi ramah mobile dan iklan
yang ditampilkan pada perangkat mobile dapat mempertimbangkan lokasi perangkat
dan menunjukkan toko-toko terdekat yang menjual produk tertentu.
Iklan Banner - Anda dapat
menemukan spanduk di hampir semua properti web yaitu website, situs web mobile,
aplikasi mobile, mesin pencari, newsletter, Facebook, Twitter, YouTube dll.
Digital Marketer mencoba untuk
mempromosikan produk atau jasa mereka melalui berbagai jenis banner (statis,
teks, animasi, gambar, video, spanduk pintar) di platform yang berbeda.
No comments:
Post a Comment