Thursday, November 23, 2017

KIDS JAMAN NOW

KIDS JAMAN NOW

#kidsjamannow - (Sebuah tulisan dari laman sebelah dan mungkin sudah reposting, tetapi bagi yang belum membaca menarik untuk dicermati)
Istilah kidsjamannow menjadi popular dijaman viral (digital), hari ini semua istilah yang ears catching, aneh, unik, langsung bak virus menular kemana-mana. kidsjamannow adalah generasi millennial, generasi yang mengisi 20-25% dari total penduduk kita. Mereka membentuk pasar sendiri yang unik, bahkan ekonomi sendiri yang tidak dimengerti oleh generasi sebelumnya.  Cara-cara dan gaya hidup kidsjamannow telah mengubah cara kita berbelanja, membeli dan menjual.
Generasi dengan batas antara bermain dan bekerja menjadi tipis, generasi kidsjamannow awal adalah Y generasi yang sekarang banyak menjadi manager muda di beberapa perusahaan besar, dan bahkan telah jadi CEO di perusahaan yang mereka bentuk (start up company).
Sejak kecil bahkan dalam kandungan mereka sudah akrab dengan peradaban computer dan internet
Generasi ini mulai mendominasi di berbagai korporasi global (Google, Facebook dan industri di Silicon Valley - AS). Bahkan di Indonesia mereka sudah memimpin di beberapa perusahaan e-Commerce terkemuka.
Generasi ini bebas dan tak mau terikat pada suatu hal atau terkekang. Bak burung mereka akan terbang dan singgah sebentar disebuah sarang yang dianggap nyaman, dan kemudian terbang lagi mencari kenyamanan baru.
Mereka sangat terhubung dengan dunia khususnya sosial media, dan sangat akrab dengan perubahan teknologi digital, sehingga membuat mereka sangat cepat menerima perubahan.
Generasi nongkrong ini juga lebih suka kolaborasi dari pada bersaing, lebih suka bekerja sebagai team, bahkan tak segan bekerja sambil nongkrong (ngupi2 ganteng) sambil kerja, supaya relax dan fun, mal-mal yang penuh cafĂ© adalah ruang kerja kebebasan mereka. Pantesan banyak mal-mal konvensional yang hanya menjual produk pakaian dan elektronik, kelimpungan bahkan tutup, kecuali mal-mal lifestyle tumbuh subur bak jamur dimusim hujan (gak ada matinya).    
Tak jarang akhir minggu (week end) menjadi sasaran mereka untuk travelling bareng ke sejumlah tempat, hebatnya tanpa planning yang lama, cukup dengan kelincahan jari mereka diatas gadget, mereka pergi keseluruh penjuru dunia hanya sekedar update story dan update status/lokasi  mereka, bahkan tidak segan-segan bergaya turis back packer. “Hanya untuk tidur, ngapain bayar mahal?”, demikian slogan sebagian besar mereka.
Generasi yang telah menciptakan pasar hotel budget dan hostel berkembang di sejumlah kota/daerah wisata. Dengan Instagram, FB dan Path mereka terus meracuni banyak orang untuk bergaya travelling seperti mereka.
TV telah lama mereka tinggalkan, karena dianggap tidak update dan acaranya membosankan, youtube menawarkan kecepatan info/berita, variasi tontonan dan tentunya di dukung wifi yang ada dimana-mana.
kidsjamannow memang berbeda, sambil ngafe mereka kerja, sambil kerja mereka youtube dan main game mobile legend, luar biasa!,  pulsa dan data bukan persoalan lagi, karena mereka telah berpindah dari basic need ke psychology need (Abraham Maslow Triangle)
Waktu kerja yang flexible untuk mengakomodir gaya hidup kidsjamannow adalah salah satu solusi yang harus dibuat oleh perusahaan, sehingga mereka dibuka ruang untuk mengaktualisasikan diri mereka.
Bagaimana dengan career path buat mereka?, ayo kita lupakan cara-cara lama dengan urut kacang, tergantung senioritas. Generasi yang pintar itu dapat berprestasi jika diberi tanggung jawab yang besar daripada mereka kabur, daripada menunggu senior promosi atau pension.
Hilangkan sekat-sekat ruang kerja, buat lebih terbuka dan biarkan setiap saat untuk mereka berdiskusi dan memberi saran kepada senior (tanpa ada penghalang) dan mulai hari ini hilangkan budaya “one man show”
Ya memang memusingkan, inilah perubahan dan inilah "disruption", selamat datang kidsjamannow, sebagai senior anda dipaksa untuk senantiasa learn, relearn and unlearn, innovative dan memiliki growth mindset

#kidsjamannow
#disruption #perubahanitupasti

Selamat Pagi & Have a Great Day

No comments:

Post a Comment