CARA SET-UP HALAMAN FACEBOOK
ANDA UNTUK HASIL YANG MAKSIMUM
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook telah bertahun-tahun secara mandiri mendominasi balantika media sosial. Tempat yang dulu menjadi arena berinteraksinya para mahasiswa sekarang telah menjelma menjadi sebuah tempat yang bernilai milyaran dollar yang digunakan oleh para webmaster dan pemilik bisnis untuk mencapai jutaan orang yang ingin ditarik menjadi pelanggan dari merek produk mereka.
Apakah anda sudah memiliki Halaman Facebook (Facebook Page) untuk merek produk anda? Bila sudah, maka anda tentu sudah mahfum bahwa Facebook telah merubah desain asalnya ke format Timeline yang baru sekitar bulan Maret yang lalu. Perubahan ini, walaupun tidak sepenuhnya mendapat sambutan dari para pengguna Facebook, memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memanfaatkan beberapa fitur baru yang menarik.
NAMA HALAMAN
Jika anda seorang pemula, luangkan waktu untuk memikirkan sebuah nama bagi Halaman Facebook anda. Nama halaman merupakan komponen yang sangat penting untuk halaman anda dan Facebook tidak akan mengijinkan anda untuk merubahnya bila halaman anda telah mencapai total 200 Like
Pikirkanlah sebuah nama yang akan digunakan untuk jangka panjang. Apa kiranya nama yang cocok bagi bisnis anda walaupun terjadi perubahan pada goals anda? Kebanyakan orang menggunakan nama merek/website mereka sehingga pengguna dapat menemukan halaman mereka dengan mudah.
Facebook mempunyai beberapa panduan tentang Page name, silahkan melihatnya di sini here.
Cover Photo
Cover photo ini merupakan gambar terbesar di Halaman Facebook anda dengan ukuran 851 X 315 pixels. Gunakan area ini untuk menampilkan gambar yang merepresentasikan produk/merek anda. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang memanfaatkan cover image mereka dengan sangat bagus
Social Identities
Social Stars
Smart Women’s Institute
Cover photo anda tentu tidak perlu sebagus contoh di atas. Kalau saja anda bisa memberikan gambaran tentang website anda dan mampu untuk menggalang fans anda, maka cover photo itu sudah cukup efektif.
Walaupun cover photo di atas mengandung pesan merek, namun tidak terlihat bahasa iklan atau informasi tentang website mereka. Facebook mempunyai ketentuan yang ketat yang mengatur bagaimana anda boleh dan tidak boleh menggunakan cover photo anda.
Menurut Facebook, cover photo dilarang menampilkan hal-hal berikut:
Profile picture adalah gambar yang lebih kecil yang tempatnya di sebelah kiri bawah dari cover photo anda. Gambar atau foto ini dimaksudkan untuk menampilkan representasi dari Halaman Facebook anda bila tampil di halaman-halaman lain di samping setiap posting anda di bagian newsfeed.
Facebook menyarankan untuk menggunakan logo perusahaan anda, tapi desainnya diserahkan sepenuhnya kepada kita. Jika anda ingin mem-branding diri anda sendiri, maka sebuah foto professional diri anda akan bagus. Seorang pakar media social, Mari Smith menggabungkan keduanya dengan mancantumkan sebuah logo kecil di bagian bawah profile picture-nya.
Walaupun Facebook akan melakukan re-sizing pada foto anda agar bisa masuk dalam profile image box, tapi dianjurkan untuk meng-upload foto dengan ukuran 180 X 180 pixel. Foto itu juga harus bisa tampil dengan baik untuk ukuran 32 X 32 pixel yaitu ukuran gambar thumbnail yang akan kelihatan di samping posting anda.
About Information
Bagian About langsung terletak di bawah profile photo anda. Anda perlu meng-edit informasi di bagian About ini. Klik “Edit Page” di Admin panel, kemudian highlight “Update info”
Teks yang dimasukkan di kolom “About” dalam info page ini akan tampil lansung di bawah profile picture pada Halaman Facebook anda.
Teks yang diisi dalam kolom-kolom berikutnya akan tampil bila pengguna meng-klik link “About” yang terletak langsung di bawah informasi About yang utama di halaman FB anda.
Info dalam About harus mengandung sebuah link ke website anda berikut semua informasi terkait (nomor telepon, alamat, dsb.) bila memang dikehendaki. Gunakan bagian ini untuk memajang salah satu dari benefit utama produk anda atau untuk mengarahkan pengunjung ke website anda. Hindari untuk mengiklankan produk anda secara mencolok, tapi buatlah kalimat secara kreatif dan menarik, sehingga pengunjung ingin tahu lebih banyak tentang website anda.
Applications
Applications (Apps) memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memperinci informasi yang lebih spesifik kepada para fans mereka. Pelaku bisnis menggunakan tabs ini untuk memajang games, events, welcome pages, free downloads, products, testimonials, links yang mengarah ke social profiles tambahan dan sebagainya.
Perlakukan applications seperti halaman website kecil yang merangkum pesan Halaman Facebook anda. Gunakan applications ini untuk penawaranpoenawaran khusus, konten yang menarik atau sebagai sebuah cara lain untuk menimbulkan minat seputar website atau asset sosial anda
Facebook membolehkan anda untuk memiliki maksimal 12 apps, walaupun hanya 4 apps yang ditampilkan di halaman depan. Agar pengguna dapat melihat lebih dari 4 apps, ia harus meng-klik panah kecil di samping apps untuk membuka jendela apps selengkapnya. Anda dapat menukar letak apps untuk menampilkan yang paling penting. Namun Facebook tidak membolehkan anda memindahkan Photo apps yang letaknya akan selalu pada posisi pertama (paling kiri)
Untuk menciptakan applications ini anda bisa menggunakan salah satu dari services di bawah ini. Mereka menawarkan free-trials (mencoba gratis) berikut harga yang pantas bila anda ingin meng-upgrade applikasi anda:
Posts
Dalam pembahasan berikutnya, kita akan membahas tentang Posting dan cara menggunakannya untuk meningkatkan hubungan dan memperbesar fan base anda. Hari ini, kita membahas dasar bekerjanya Posts berikut fitur-fiturnya.
Additional Facebook Page Features:
Di bawah ini anda dapat menemukan informasi yang lebih rinci dan resources lainnya yang disediakan oleh Facebook:
Selamat dan Sukses!
Translated by Uno Birawan - Article source credited to Adam Short:
http://www.nicheprofitclassroom.com/blog/facebook-fan-page-setup/
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook telah bertahun-tahun secara mandiri mendominasi balantika media sosial. Tempat yang dulu menjadi arena berinteraksinya para mahasiswa sekarang telah menjelma menjadi sebuah tempat yang bernilai milyaran dollar yang digunakan oleh para webmaster dan pemilik bisnis untuk mencapai jutaan orang yang ingin ditarik menjadi pelanggan dari merek produk mereka.
Apakah anda sudah memiliki Halaman Facebook (Facebook Page) untuk merek produk anda? Bila sudah, maka anda tentu sudah mahfum bahwa Facebook telah merubah desain asalnya ke format Timeline yang baru sekitar bulan Maret yang lalu. Perubahan ini, walaupun tidak sepenuhnya mendapat sambutan dari para pengguna Facebook, memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memanfaatkan beberapa fitur baru yang menarik.
NAMA HALAMAN
Jika anda seorang pemula, luangkan waktu untuk memikirkan sebuah nama bagi Halaman Facebook anda. Nama halaman merupakan komponen yang sangat penting untuk halaman anda dan Facebook tidak akan mengijinkan anda untuk merubahnya bila halaman anda telah mencapai total 200 Like
Pikirkanlah sebuah nama yang akan digunakan untuk jangka panjang. Apa kiranya nama yang cocok bagi bisnis anda walaupun terjadi perubahan pada goals anda? Kebanyakan orang menggunakan nama merek/website mereka sehingga pengguna dapat menemukan halaman mereka dengan mudah.
Facebook mempunyai beberapa panduan tentang Page name, silahkan melihatnya di sini here.
Cover Photo
Cover photo ini merupakan gambar terbesar di Halaman Facebook anda dengan ukuran 851 X 315 pixels. Gunakan area ini untuk menampilkan gambar yang merepresentasikan produk/merek anda. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang memanfaatkan cover image mereka dengan sangat bagus
Social Identities
Image Credit: https://www.facebook.com/mysocialidentity
Social Stars
Image Credit: https://www.facebook.com/SocialStarsUK
Smart Women’s Institute
Image Credit: https://www.facebook.com/smartwomeninstitute
Cover photo anda tentu tidak perlu sebagus contoh di atas. Kalau saja anda bisa memberikan gambaran tentang website anda dan mampu untuk menggalang fans anda, maka cover photo itu sudah cukup efektif.
Walaupun cover photo di atas mengandung pesan merek, namun tidak terlihat bahasa iklan atau informasi tentang website mereka. Facebook mempunyai ketentuan yang ketat yang mengatur bagaimana anda boleh dan tidak boleh menggunakan cover photo anda.
Menurut Facebook, cover photo dilarang menampilkan hal-hal berikut:
- Harga atau
informasi belanja seperti: “Potongan 40%”
atau “Download it at our website”
- Contact
information seperti alamat website, email, mailing address atau informasi yang seharusnya dimasukkan ke dalam bagian “About”
halaman Facebook anda.
- Referensi
ke fitur-fitur atau tindakan di Facebook seperti “Like” atau “Share”
ataupun panah yang menunjuk dari cover photo ke fitur-fitur tersebut di
atas.
- Calls-to-action
seperti “Get it now” atau “Tell your friends”
- Covers
tidak boleh palsu, menipu atau menyesatkan, dan tidak melanggar hak-hak
intelektual pihak ke tiga.
Profile Picture
Profile picture adalah gambar yang lebih kecil yang tempatnya di sebelah kiri bawah dari cover photo anda. Gambar atau foto ini dimaksudkan untuk menampilkan representasi dari Halaman Facebook anda bila tampil di halaman-halaman lain di samping setiap posting anda di bagian newsfeed.
Facebook menyarankan untuk menggunakan logo perusahaan anda, tapi desainnya diserahkan sepenuhnya kepada kita. Jika anda ingin mem-branding diri anda sendiri, maka sebuah foto professional diri anda akan bagus. Seorang pakar media social, Mari Smith menggabungkan keduanya dengan mancantumkan sebuah logo kecil di bagian bawah profile picture-nya.
Image Credit: https://www.facebook.com/marismith
Walaupun Facebook akan melakukan re-sizing pada foto anda agar bisa masuk dalam profile image box, tapi dianjurkan untuk meng-upload foto dengan ukuran 180 X 180 pixel. Foto itu juga harus bisa tampil dengan baik untuk ukuran 32 X 32 pixel yaitu ukuran gambar thumbnail yang akan kelihatan di samping posting anda.
About Information
Bagian About langsung terletak di bawah profile photo anda. Anda perlu meng-edit informasi di bagian About ini. Klik “Edit Page” di Admin panel, kemudian highlight “Update info”
Setelah
di klik anda akan dibawa ke halaman ini:
Teks yang dimasukkan di kolom “About” dalam info page ini akan tampil lansung di bawah profile picture pada Halaman Facebook anda.
Teks yang diisi dalam kolom-kolom berikutnya akan tampil bila pengguna meng-klik link “About” yang terletak langsung di bawah informasi About yang utama di halaman FB anda.
Catatan: Fitur
tabs pada info page akan bervariasi yang tergantung pada
tipe fan page yang anda pilih (seperti service, local business, dsb.)
Info dalam About harus mengandung sebuah link ke website anda berikut semua informasi terkait (nomor telepon, alamat, dsb.) bila memang dikehendaki. Gunakan bagian ini untuk memajang salah satu dari benefit utama produk anda atau untuk mengarahkan pengunjung ke website anda. Hindari untuk mengiklankan produk anda secara mencolok, tapi buatlah kalimat secara kreatif dan menarik, sehingga pengunjung ingin tahu lebih banyak tentang website anda.
Applications
Applications (Apps) memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memperinci informasi yang lebih spesifik kepada para fans mereka. Pelaku bisnis menggunakan tabs ini untuk memajang games, events, welcome pages, free downloads, products, testimonials, links yang mengarah ke social profiles tambahan dan sebagainya.
Perlakukan applications seperti halaman website kecil yang merangkum pesan Halaman Facebook anda. Gunakan applications ini untuk penawaranpoenawaran khusus, konten yang menarik atau sebagai sebuah cara lain untuk menimbulkan minat seputar website atau asset sosial anda
Facebook membolehkan anda untuk memiliki maksimal 12 apps, walaupun hanya 4 apps yang ditampilkan di halaman depan. Agar pengguna dapat melihat lebih dari 4 apps, ia harus meng-klik panah kecil di samping apps untuk membuka jendela apps selengkapnya. Anda dapat menukar letak apps untuk menampilkan yang paling penting. Namun Facebook tidak membolehkan anda memindahkan Photo apps yang letaknya akan selalu pada posisi pertama (paling kiri)
Untuk menciptakan applications ini anda bisa menggunakan salah satu dari services di bawah ini. Mereka menawarkan free-trials (mencoba gratis) berikut harga yang pantas bila anda ingin meng-upgrade applikasi anda:
Anda mencari ide bagi Halaman Facebook anda?
Coba cari ide dengan melakukan browsing pada
beberapa Halaman Facebook lain dan amati bagaimana produk/merek atau website
lain menggunakan apps untuk menciptakan kehebohan dan pengunjung ke website mereka
Posts
Dalam pembahasan berikutnya, kita akan membahas tentang Posting dan cara menggunakannya untuk meningkatkan hubungan dan memperbesar fan base anda. Hari ini, kita membahas dasar bekerjanya Posts berikut fitur-fiturnya.
- Meng-klik icon bintang akan
memperbesar ukuran sebuah post menjadi ukuran maksimum timeline. Gunakan
fungsi ini untuk menarik pembaca ke post yang penting
- Mengganti tanggal posting (Change Date
..) untuk mengatur urutan waktu sesuai timeline
- Meng-klik “Pin to Top” untuk
menampilkan posting di posisi paling atas dari timeline selam 7 hari. Anda
bisa menggantinya sebelum 7 hari atau membiarkannya secara otomatis
kembali ke urutan tanggal semula.
- Tambahkan milestones (catatan tentang
sasaran/pencapaian/rekor), pertanyaan atau events pada posting baru
dilengkapi dengan keterangan mengenai lokasi, gambar, video atau foto.
Jadwalkan posting anda untuk waktu yang akan datang, atau lakukan
back-date agar posting bisa tampil lebih awal
Milestones berupa events yang penting atau
keberhasilan sebuah website yang biasanya ingin diketahui oleh para fans.
Sebuah post milestone akan tampil lebih besar dari info lainnya dan akan
mencakup keseluruhan lebar Timeline
Coca Cola membuat
sebuah milestone yang menjelaskan tahun berdirinya Coca Cola.
Image Credit: https://www.facebook.com/cocacola
Additional Facebook Page Features:
- Admins = Pemilik halaman dapat memilih di antara 5 tingkat admins: Manager,
Content Creator, Moderator, Advertiser dan Insight Analyst. Ini penting
untuk alasan keamanan karena setiap tingkat memiliki tingkat pemberian
ijin (permissions) yang berbeda.
Cara
untuk melihat tingkat-tingkat Admin: Admin Panel > Edit Page > Admin
Roles
- Admin
Panel dan Activity Log – Admin panel anda akan
mengikuti kegiatan fans anda. Sedangkan Activity Log memungkinkan anad
untuk mengadakan perubahan pada posting mereka secara langsung melalui
satu interface. Temukan panel-panel ini langsung di atas cover image anda.
Jika belum kelihatan, klik tombol “Show” untuk menampilkannya.
- Direct Messages – Para fans bisa menghubungi anda melalui halaman
Facebook anda dan mengadakan percakapan timbal balik. Catatan: Anda tidak
dapat mengirim pesan kepada fans anda sebelum merekalah yang menghubungi
anda terlebih dahulu.
Akhir kata, informasi ini
diharapkan dapat bermanfaat untuk mulai membuat dan menjalankan Halaman
Facebook anda. Saya akan memberikan posting lain di waktu mendatang di mana
akan dibahas bagaimana menarik lebih banyak fans dan menggunakan sebuah
platform untuk mengembangkan bisnis atau website anda
Di bawah ini anda dapat menemukan informasi yang lebih rinci dan resources lainnya yang disediakan oleh Facebook:
Selamat dan Sukses!
Translated by Uno Birawan - Article source credited to Adam Short:
http://www.nicheprofitclassroom.com/blog/facebook-fan-page-setup/