Friday, October 18, 2013

TIPS PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI AKIBAT SENGATAN LEBAH

TIPS PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI AKIBAT SENGATAN LEBAH

Jika anda pernah disengat oleh lebah, saya yakin anda bisa menggambarkan sensasi sengatan lebah sebagai sesuatu uang sangat menyakitkan, tajam dan rasa terbakar yang bisa berlangsung, jika anda beruntung, setidaknya selama beberapa menit. Sebenarnya sengatan lebah dapat menunjukkan efek berbeda pada orang yang berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami efek ringan seperti yang dijelaskan di atas, namun bisa lebih buruk sampai kepada akibat yang paling serius, terburuk dan mematikan, yakni shok anafilaksis (anaphylactic shock)

Pesannya adalah bahwa anda jangan pernah menganggap enteng sengatan lebah yang menimpa seseorang atau diri anda sendiri. Orang yang terkena sengatan lebah harus ditangani dengan serius dengan tindakan yang cepat. jika. Reaksi alergi memerlukan hanya beberapa menit untuk menunjukkan gejala-gejala termasuk pembengkakan dan kemerahan di sekitar tempat sengatan lebah yang dapat berkembang menjadi sebuah situasi yang lebih serius. Perhatikan tanda-tanda reaksi anafilaksis yang ditunjukkan oleh adanya gejala gatal-gatal, kemerahan dan pembengkakan kulit dan sesak napas. Jangan panik, berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk menangani seseorang yang disengat oleh lebah:

#1 – Evakuasi/pindahkan korban dari daerah lebah ke tempat yang lebih aman atau jauh dari kelompok atau sarang lebah. Jika korban tetap di tempat yang sama ada kemungkinan besar bahwa beberapa lebah lain terprovokasi untuk ikut menyengat korban.

#2 - Cari titik sengatan lebah pada kulit korban dan segera hapus atau cabut tanpa menunda penyengat lebahnya.dengan cara apa pun anda bisa melakukannya. Semakin lama alat penyegat lebah tetap berada di tubuh maka akan semakin besar risikonya untuk menjadi lebih buruk.

#3 – Mintalah keterangan pada korban apakah ia telah pernah mengalami reaksi alergi (ditandai oleh rasa gatal dan kemerahan kulit/biduran) setelah mengalami sengatan lebah di masa lalu. Jika ya berarti bahwa orang ini rentan untuk terjadinya reaksi alergi yang lain, yang mungkin bahkan lebih buruk daripada sebelumnya.

#4 – Tanyakan pada korban apakah dia membawa EpiPen untuk segera menyuntikkan epinefrin. Jika EpiPen tidak tersedia, Anda harus menghubungi 911 segera tanpa menunda sedikitpun.

#5 - Dalam kasus di mana korban tersengat lebah lebih dari 10 lebah, atau jika daerah sengatan melibatkan daerah-daerah kritis seperti sisi batang hidung, mulut atau tenggorokan, anda harus membawa korban ke unit gawat darurat (UGD) sesegera mungkin. Pembengkakan di daerah ini akan mempersempit saluran udara sehingga korban bisa mengalami sesak napas.

PENGOBATAN SENGATAN LEBAH RINGAN

Jika sengatan lebah tidak menimbulkan efek alergi yang serius di mana tidak diperlukan perawatan darurat, maka anda dapat merawat efek lokal dari sengatan lebah dengan obat-obatan konvensional yang meliputi:

  • Antihistamin untuk meredakan reaksi alergi. Benedryl yang berisi difenhidramin cukup ampuh walaupun bagi beberapa orang yang sensitif mungkin akan menunjukkan efek mengantuk. Anda juga bisa meminum obat anti alergi lain yang tidak begitu menyebabkan rasa kantuk seperti loratidine. Antihistamin topikal juga dapat digunakan untu mengurangi efek alergi secara lokal.
  • Penghilang rasa sakit (analgetik) seperti asetaminofen atau ibuprofen
  • Salep antibiotik mungkin diperlukan untuk menyembuhkan kemungkinan adanya infeksi pada luka di tempat yang mengalami sengatan. Cek dengan dokter anda apakah anda memerlukan imunisasi tetanus.
Harus selalu diingat bahwa secara alami sebagian besar lebah tidak akan menyengat kecuali mereka merasa terganggu atau terancam oleh sesuatu. Jadi cobalah untuk menghindari bahwa sesuatu itu adalah anda. Dan jika anda menjalankan satu usaha peternakan lebah disarankan agar anda selalu menggunakan pakaian pelindung terhadap sengatan lebah. Aman deh …

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment