Wednesday, December 18, 2019

PERAWATAN MANDIRI SAKIT PUNGGUNG

PERAWATAN MANDIRI SAKIT PUNGGUNG

Jika anda mengalami rasa nyeri pada punggung bagian bawah atau tungkai bawah janganlah panik. Bila serangannya akut (serangan yang berlangsung tidak sampai berhari-hari atau berminggu-minggu), anda bisa menerapkan panduan perawatan mandiri guna mengurangi radang pada daerah yang terkena

Bila keadaan berlangsung lama, maka sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter. Panduan perawatan mandiri berikut ini dapat dilakukan di rumah dan bisa efektif untuk meredakan rasa nyeri bila dilakukan secara tepat

1). Bila anda mengalami nyeri punggung yang akut, maka hindarilah untuk berbaring di tempat tidur seharian. Beberapa tahun yang lalu tindakan itu merupakan hal yang direkomendasikan secara medis. Namun saat ini tindakan itu sudah tidak dilakukan lagi.

Sepanjang tidak ada fraktur di tulang punggung atau kondisi tulang belakang serius lainnya, anda bisa melanjutkan kegiatan atau tugas di rumah. Namin pastikan anda tidak membebani otot punggung anda dan tidak mengangkat beban yang berat.

Gerakan meregangkan otot dalam bentuk apapun tidak dianjurkan bagi penderita sakit punggung akut. Berbaring di tempat tidur sepanjang hari dapat memperpanjang rasa nyeri. Oleh karena itu hindarilah berbaring untuk waktu yang lama karena rasa nyeri punggung itu.

2). Jika anda mempunyai kebiasaan olah raga tertentu, hindarilah olah raga yang melakukan gerakan memutar tubuh bagian atas ataupun membungkuk. Olahraga yang low imnpact dengan gerakan lambat tetap dapat dilakukan. Bila anda ragu, konsultasikan dengan dokter anda.

Jika intensitas serangan rasa nyeri pada punggung bagian bawah bertambah saat berolah raga, terutama olahraga yang mengandalkan kekuatan dan olah raga aerobik, berhentilah. Jangan memaksakan diri anda untuk melakukan gerakan olahraga dengan hitungan tertentu jika punggung anda terasa nyeri.

3). NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs) atau obat-obatan anti-radang non-steroid sangat direkomendasikan oleh dokter untuk penderita dengan nyeri punggung akut. Walaupun demikian obat-obatan jenis ini tidak direkomendasikan bagi penderita yang memiliki riwayat tukak lambung berat atay masalah gastro-intestinal yang sejenis.

4). Bila memungkinkan, berikan panas langsung pada bagian punggung yang sakit. Menurut beberapa penelitian, aplikasi panas langsung lebih efektif dalam meredakan rasa nyeri pada saat awal dibandingkan dengan obat-obatan NSAID yang dijual bebas (OTC – Over The Counter)

Bila rasa nyeri menetap sepanjang hari, anda bisa membeli plester panas (kuyuk, heat wraps) sehingga rasa panas langsung bisa diaplikasikan ke daerah yang terkena secara kontinu dan nyaman.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa penderita yang berhasil mengaplikasikan plester panas pada bagian punggung yang terasa nyeri selama sekurang-kurangnya 8 jam akan sembuh lebih cepat dari serangan akutnya dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih efisien dibanding dengan mereka yang tidak mengaplikasikan plester panas

5). Bila rasa nyeri secara spesifik terbatas pada punggung bagian bawah, kompres dingin dan kompres panas dapat diaplikasikan ke bagian itu secara bergantian masing-masing selama 3 – 4 menit untuk khasiat maksimum.

6). Penderita dengan sakit punggung bagian bawah atau penyakit punggung lainnya mungkin memiliki otot punggung yang lemah. Bila otot punggung anda menjadi lemah karena penyakit, luka, tindakan bedah atau kegiatan fitness fisik yang tidak sesuai, maka anda bisa mempertimbangkan penggunaan sabuk penguat punggung (back belt)

Sabuk penguat punggung harus dianggap hanya sebagai alat bantu sementara saja, dan anda tidak boleh menjadi tergantung padanya. Bila anda tergantung, otot punggung anda makin lama justru semakin lemah

7). Banyak orang dengan nyeri punggung bagian bawah tidak bisa tidur di malam hari karena rasa nyeri yang datang secara sporadis yang semakin malam semakin bertambah nyer

Satu cara untuk mengurangi intensitas dan efek dari serangan nyeri akut (berlaku secara khusus bagi penderita fibromyalgia dan sciatica) adalah dengan melakukan tehnik relaksasi sebelum tidur

Memerlukan beberapa waktu sampai anda terbiasa dengan cara ini, tapi menenangkan jiwa dan raga sebelum tidur sesungguhnya sangat membantu pemulihan dari kegiatan kerja seharian, dan tentunya dari sang nyeri punggung akut

8). Menurut penelitian yang didokumentasikan dalam majalah “The Annals of Internal Medicine”, yoga merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri punggung akut. Bila anda bisa mendapatkan seorang guru yoga di daerah anda, maka cobalah ber-yoga, cara jadoel yang favorit. Yoga juga secara alami akan memperkuat otot dan memelihara kesehatan tulang dan sendi.


No comments:

Post a Comment