Wednesday, November 4, 2020

MANFAAT SEHAT MINUM KOPI

5 Penelitian Tentang Manfaat Sehat Minum Kopi Untuk Tubuh

Kopi ternyata memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh. Lima penelitian selama beberapa tahun terakhir ini telah membuktikannya.Kopi termasuk ke dalam minuman yang populer sepanjang masa. Banyak orang yang tak bisa lepas dari secangkir kopi, terutama di pagi hari. Kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Banyak orang yang berpikir bahwa kopi ini memiliki efek yang buruk pada kesehatan.

Padahal jika kopi diminum sesuai anjuran dan takaran yang normal, kopi dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah risiko terkena penyakit hati, sampai membuat tulang lebih sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat kesehatan dari kopi yang dijelaskan dalam beberapa penelitian.

1. Panjang Umur

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan lewat JAMA Internal Medicine. Mereka menemukan adanya hubungan antara konsumsi kopi dengan umur panjang seseorang. Penelitian ini dipimpin Dokter Erikka Loftfield. dari National Cancer Institute, Amerika.

Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang meminum satu cangkir kopi per hari atau lebih, memiliki risiko kematian dini yang cukup rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada penurunan risiko sekitar 8% di partisipan yang meminum kopi setiap hari.

Sementara orang-orang yang jarang minum kopi memiliki risiko tingkat kematian yang lebih tinggi. Tentunya Dokter Erikka menjelaskan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan. Untuk mengetahui apakah ada kaitan lain antara konsumsi kopi dan panjang umur seseorang.

2. Menyehatkan Hati

Selain bisa membuat orang lebih panjang umur, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hati. Selama kopi diminum dalam takaran yang wajar, kopi disebut bisa meningkatkan kesehatan liver atau hati.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics.

Beberapa peneliti asal Australia menemukan fakta bahwa orang yang meminum dua cangkir kopi sehari, memiliki risiko kematian akibat penyakit hati yang lebih rendah. Dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

"Jika seseorang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari, penurunan risiko kanker hatinya adalah 41% dan penurunan kematian sebesar 71%," jelas Sarah Gardner, salah satu peneliti yang berasal dari The Austin Hospital Australia.

3. Membuat Tulang Kuat

Selain meningkatkan kesehatan hati dan membuat orang panjang umur. Kopi juga terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang pada tubuh. Fakta ini ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Hong Kong.

Dalam penelitiannya mereka mengamati 544 partisipan yang menjalani penelitian osteoporosis, atau keropos tulang. Peneliti kemudian membagi partisipan ini ke dua bagian, yaitu kelompok peminum kopi dan yang tidak meminum kopi.

Hasilnya mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi, memiliki kepadatan mineral dalam tulang yang lebih tinggi. Dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi. Karenanya peneliti menyimpulkan bahwa kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Menurunkan Risiko Bunuh Diri

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi kopi juga berkaitan dengan kesehatan mental. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, mereka menemukan hubungan antara kopi dan risiko bunuh diri.

Peneliti menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi setiap harinya. Bisa memangkas risiko bunuh diri hingga 50%. Hasil dari penelitian ini bisa berlaku untuk pria dan wanita.

Dalam jurnal The World Journal of Biological Psychiatry, para peneliti menuliskan penemuan mereka ini. Di antaranya tentang pola konsumsi 2-4 cangkir kopi dalam sehari untuk orang dewasa.

Pada pola ini memperkecil risiko orang dewasa untuk bunuh diri. Dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum kopi. Kaitannya terdapat pada kafein, yang merangsang sistem saraf pusat dan bertindak sebagai antidepresan ringan.

5. Menyehatkan Mata

Selain baik untuk hati dan tulang, manfaat minum kopi lainnya juga bisa menyehatkan mata. Lewat penelitian dari Cornell University ditemukan bahwa kopi memiliki dampak yang positif untuk mata.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa kopi mentah mengandung asam klorogenat (CLA). Kandungan ini lah yang dapat meningkat kesehatan mata, sekaligus membuat penglihatan menjadi lebih tajam.

Tak hanya itu, CLA mampu mengurangi risiko kebutaan yang disebabkan oleh beberapa penyakit. Seperti glukoma, diabetes hingga penuaan. Tapi menurut ahli kesehatan bernama Dokter Bittel, konsumsi kopi harus tetap dibatasi dan tidak boleh berlebihan.


No comments:

Post a Comment