Tuesday, June 5, 2012

10 TIPS FOTOGRAFI DIGITAL

10 TIP MENGGUNAKAN KAMERA DIGITAL

Fotografi digital telah mengubah pengambilan foto dengan sangat drastis. Tidak ada lagi gulungan film, mencuci serta mencecaknya menjadi beberapa foto. Kamera digital memungkinkan si pemotret untuk konsentrasi pada pengambilan gambar dan dengan mudah menghapusnya bila hasil pemotretan kurang memuaskan.

Sebelum membahas tentang tehnik-tehnik fotografi, penting untuk dipahami perbedaan antara kamera film lama dengan kamera berteknologi digital. Seperti halnya kamera film SLR (single reflex lens) yang lama, maka kamera digital SLR dan DSLR (digital single reflex lens) juga menggunakan lensa dan cermin. Pada kamera DSLR tidak digunakan film untuk menangkap gambar namun digunakan sensor cahaya berupa chips berikut digital memory-nya. Dengan perkataan lain, kamera DSLR merupakan versi yang dikomputerisasi dari kamera SLR yang lama. 


Tehnik fotografi digital yang sederhana namun efektif berikut ini akan membantu anda untuk mengambil gambar menggunakan kamera DSLR dengan hasil terbaik.

10 Tips Tehnik Fotografi Digital:

#1 - Fitur yang paling menonjol pada sebuah kamera digital ialah adanya layar LCD yang memungkinkan pemotret untuk melihat hasil pemotretan segera setelah mengambil gambarnya. Salah satu tehnik fotografi digital yang terbaik dan paling praktis adalah memanfaatkan layar LCD ini secara maksimal pada setiap pemotretan hingga dicapai hasil yang sempurna. Bila dinilai kurang sempurna maka anda bisa menghapusnya dengan mudah dan mengulang pemotretan.

#2 - Pakailah sebuah kamera digital yang memiliki fitur image stabilization. Bila tidak tersedia maka ini ada sebuah tehnik fotografi digital untuk menghasilkan gambar yang teran, jelas dan tidak buram (blur). Mantapkan posisi tangan anda saat memotret untuk menghindari bergetar atau bergoyangnya kamera. Juga lebih baik kalau anda menggunakan optical fiewfinder daripada melihat tampilan obyek dengan electronic viewfinder. Cara ini memungkinkan anda untuk melihat dengan pasti obyek yang akan anda potret serta memantapkan posisi kamera yang anda pegang saat memotret.

#3 – Bila anda menggunakan lampu flash (blitz), maka perlu diketahui bahwa kebanyakan teknologi flash baru menyala bila jarak obyek pemotretan antara 3 – 5 meter. Pastikan anda mendekatkan jarak anda dengan obyek atau anda bisa juga menambah penyinaran di sekitar obyek pemotretan 

#4 – Kamera digital memerlukan waktu lebih lama untuk focus dibanding dengan kamera film. Guna menghindari terjadinya blur atau out-of-focus pada pemotretan, maka anda bisa menekan tombol pemotretan setengah jalan untuk memberikan waktu kepada kamera digital anda untuk mengatur focus, lalu baru menekan tombol sepenuhnya  

#5 – Kaidah atau hukum pencahayaan berlaku sama bagi kamera berteknologi fotografi digital maupun kamera film lama. Contohnya, bila matahari berada di belakang obyek pemotretan maka gambarnya akan akan tampak sebagai bayangan (silhouette), dan bila cahaya berada di depan obyek, maka gambarnya akan tampak.sekilas (squint).

#6 – Satu tehnik fotografi digital ialah pada penggunaan filter polarisasi pastikan bahwa sumber cahaya berada pada sudut yang benar terhadap obyek pemotretan (sekitar 90°). Bila anda tidak memiliki fasilitas filter polarizer, maka satu tehnik yang bagus ialah menggunakan sepasang kaca pembesar berkualitas tinggi. Tempatkan sepasang kaca pembesar tersebut sedekat mungkin dengan lensa kamera, lalu periksa posisinya pada LCD viewfinder untuk memastikan bahwa bingkai kaca pembesarnya tidak ikut masuk dalam gambar.

#7 – Pada kamera digital digunakan memory cards untuk menyimpan gambar. Untuk menghindari kekecewaan karena kehilangan rekaman gambar yang tersimpan dalam memory card maka buatlah selalu back-up nya di computer atau laptop. Sangat sakit kehilangan gambar-gambar yang berkualitas dan mempunyai nilai seni yang tinggi karena tidak sengaja terhapus dari memory card pada kamera didgital anda.

#8 – Satu tehnik fotogarfi digital yang bagus untuk memotret sebuah pemandangan yang terang (bright) atau pemotretan di luar adalah dengan merubah setting white balance dari auto ke cloudy. Cara ini akan menghasilkan gambar yang lebih terang dan jelas. Pengaturan ini akan menjadi filter yang meningkatkan unsur warna merah dan kuning sehingga menghasilkan gambar yang lebih jelas. 

#9 – Anda juga bisa menggunakan zoom in untuk menonjolkan satu bagian dari obyek pemotretan. Hindari pengambilan gambar yang terlalu besar bagi sebuah jepretan yang terfokus, lakukan evaluasi atas obyek yang hendak anda potret lalu zoom in pada obyek tersebut. Hindari obyek di latar belakang seperti gedung-gedung atau pemandangan. Ini akan memberikan gambar obyeknya yang lebih jelas dan lebih baik.

#10 – Mempraktekkan cara memotret dan menggunakan kamera digital secara baik dan benar mungkin merupakan tip yang paling bagus. Kuasailah semua funsi tombol atau kontrol yang ada pada sebuah kamera digital. Ambillah foto sebanyak-banyaknya dan lakukan analisa setting apa yang terbaik menggunakan kamera anda sehingga anda kan menjadi seorang ahli dan menciptakan tehnik-tehnik anda sendiri.

Kamera digital telah sangat menyederhanakan fotografi dan membuat pemotretan demikian nyaman dan mobile. Menerapkan beberapa tips tehnik fotografi digital di atas akan menghasilkan foto-foto terbaik dari kenangan hidup anda.

Terjemahan dari 
10 Digital Photography Techniques oleh JR Lang - Terjemah Uno Birawan

More info tentang Digital Photography di blog saya ini:
DIGITAL PHOTOGRAPHY COMPLETE GUIDE

No comments:

Post a Comment