Thursday, July 5, 2012

SEGAR BUGAR KARENA OLAH NAPAS

Melatih Diri Cara Bernapas Sempurna

MOTTO : Apapun olah raganya, apabila olah napasnya sempurna atau tepat, maka tubuhnya menjadi Segar Bugar/ Sehat. KIta pada umumnya tidak menyadari atau kurang tanggap bahwa olah napas sempurna atau tepat merupakan titik pangkal kesehatan.

Apakah yang dimaksud dengan pernapasan sempurna? Sebagaimana telah menjadi kebiasaan, yaitu apabila kita berolah raga, maka akan diakhiri dengan mengambil napas panjang/dalam yaitu menarik dan melepas napas. Dalam kaitan ini coba anda rasakan tubuh mana yang bergerak dulu apakah keletihan akan segera berlalu ?

Perlu diketahui bahwa menurut ahli olah dari India,
Cina dan kedokteran, olah napas ini secara teknis terbagi menjadi tiga yaitu :

  1. OLAH NAPAS PERUT. Waktu menarik napas perut dikembangkan, selanjutnya waktu melepas napas perut dikempiskan atau kembali ke posisi semula. Hasilnya udara/oksigen/O2 hanya mengisi bagian bawah paru-paru sehingga tidak maksimal, karena hanya mengunakan otot perut........NAPAS MENJADI PENDEK.

  2. OLAH NAPAS DADA. Waktu menarik napas dada dikembangkan otomatis perut mengempis selanjutnya pada waktu melepas napas dada dikempiskan otomatis perut mengembang atau kembali ke posisi semula. Hasilnya udara/oksigen/O2 hanya mengisi bagian atas paru-paru tidak maksimal karena yang aktif hanya otot dada ..... NAPAS MENJADI PENDEK.
     
  3. OLAH NAPAS SEMPURNA. Guna mengatasi kelemahan A dan B diatas, maka dalam menarik napas perlu penggabungan yaitu A ke B selanjutnya untuk melepas napas kembali ke B yaitu sabagai berikut: Waktu menarik napas perut dikembangkan, tetapi titik berat terpusat di perut bawah yaitu tiga jari dibawah pusat/puser... apabila diraba terasa mengeras selanjutnya masih tetap menarik napas yaitu dada dikembangkan atau diangkat keatas maka otomatis perut mengempis... kemudian waktu melepas napas dada dikempiskan atau diturunkan otomatis perut akan mengembang atau kembali ke posisi semula. Hasilnya udara/oksigen/O2 akan mengisi bagian bagian bawah dan atas paru-paru secara maksimal karena yang aktip otot perut dan dada... NAPAS MENJADI PANJANG.
Berdasarkan uraian diatas, maka yang paling tepat/sempurna adalah C. Olah napas SEMPURNA ini dapat diartikan melatih otot perut dan dada sehingga menjadi lentur sehingga peredaran darah lancar yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Sebagai Pemula sebaiknya berlatih dahulu olah napas perut bawah/tiga jari dibawah pusat yaitu waktu menarik napas "PERUT BAWAH DIKEMBANGKAN" selanjutnya waktu melepas napas "PERUT BAWAH DIKEMPISKAN".

K
husus bagi mereka yang biasa bernapas perut seyogyanya berlatih napas DADA. Kemudian apabila sudah dirasa cukup terlatih mulailah melatih napas SEMPURNA dengan urutan dari A... ke B untuk menarik napas kembali ke... B untuk melepas napas.

Perlu diketahui bahwa untuk melatih olah napas ini seyogyanya
dilakukan dengan penuh perasaan yaitu pusatkan rasa masuk keluarnya napas dari hidung hingga ke paru-paru, sebagai pemula biasanya akan terasa pusing/sesak napas atau terasa sakit diperut/dada hal ini karena belum terbiasa hentikan latihan esok ulang kembali.

Berdasakan pengalaman penulis latihan olah napas ini jangan dipaksakan latih bertahap dengan penuh kesabaran cari keseimbangan antara perut dan dada sehingga terasa enak/ringan bernapas.
Dalam berlatih ini biasakan sikap badan tegak (gaya militer) tetapi santai dapat berdiri, duduk, tiduran dan sambil berjalan pagi hari.

Selanjutnya dapat pula dikemukakan bahwa olah napas SEMPURNA akan menghasilkan ANTI OKSIDAN dengar kadar yang cukup tinggi
. Menurut dr Darius Yusuf, Anti oksidan adalah senyawa yang berfungsi menetralkan radikal bebas didalam tubuh. Radikal bebas adalah adalah senyawa yang secara normal diproduksi oleh tubuh dalam pernapasan sel-sel badan namun dalam keadaan tertentu misalnya akibat polusi udara/asap rokok, knalpot mobil dsb. serta pola makan yang tidak sehat mengakibatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh berlebihan sehingga tidak seimbang dengan anti-oksidan yang tersedia.

Radikal bebas seperti CO,
CO2, O3, NO dsb bersifat merusak sel-sel tubuh terutama pembuluh darah, hati, jantung dan ginjal. Sebagai akhir kata penulis ucapkan "SELAMAT BERLATIH SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Makassar, 20 Juni 2011 Article by: Sukarno Sagir

Sumber Artikel: http://www.facebook.com/notes/sagir-prawiradijaya/olah-napas-sehat/218462948187626

1 comment:

  1. benefit olah nafas yang esensil adalah peningkatan supply oksigen untuk menjaga dan meningkatkan fungsi alat tubuh bagian dalam (great! great result)

    ReplyDelete