Sunday, July 22, 2012

SETUP HALAMAN FACEBOOK

CARA SET-UP HALAMAN FACEBOOK ANDA UNTUK HASIL YANG MAKSIMUM

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook telah bertahun-tahun secara mandiri mendominasi balantika media sosial. Tempat yang dulu menjadi arena berinteraksinya para mahasiswa sekarang telah menjelma menjadi sebuah tempat yang bernilai milyaran dollar yang digunakan oleh para webmaster dan pemilik bisnis untuk mencapai jutaan orang yang ingin ditarik menjadi pelanggan dari merek produk mereka.

Apakah anda sudah memiliki Halaman Facebook (Facebook Page) untuk merek produk anda? Bila sudah, maka anda tentu sudah mahfum bahwa Facebook telah merubah desain asalnya ke format Timeline yang baru sekitar bulan Maret yang lalu. Perubahan ini, walaupun tidak sepenuhnya mendapat sambutan dari para pengguna Facebook, memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memanfaatkan beberapa fitur baru yang menarik.

NAMA HALAMAN

Jika anda se
orang pemula, luangkan waktu untuk memikirkan sebuah nama bagi Halaman Facebook anda. Nama halaman merupakan komponen yang sangat penting untuk halaman anda dan Facebook tidak akan mengijinkan anda untuk merubahnya bila halaman anda telah mencapai total 200 Like

Pikirkanlah sebuah nama yang akan digunakan untuk jangka panjang. Apa kiranya nama yang cocok bagi bisnis anda walaupun terjadi perubahan pada goals anda? Kebanyakan orang menggunakan nama merek/website mereka sehingga pengguna dapat menemukan halaman mereka dengan mudah
.

Facebook mempunyai beberapa panduan tentang Page name, silahkan melihatnya di sini here.

Cover Photo

Cover
photo ini merupakan gambar terbesar di Halaman Facebook anda dengan ukuran 851 X 315 pixels. Gunakan area ini untuk menampilkan gambar yang merepresentasikan produk/merek anda. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang memanfaatkan cover image mereka dengan sangat bagus

Social Identities



Social Stars



Smart Women’s Institute



Cover photo anda tentu tidak perlu sebagus contoh di atas. Kalau saja anda bisa memberikan gambaran tentang website anda dan mampu untuk menggalang fans anda, maka cover photo itu sudah cukup efektif.

Walaupun cover photo di atas mengandung pesan merek, namun tidak terlihat bahasa iklan atau informasi tentang website mereka. Facebook mempunyai ketentuan yang ketat yang mengatur bagaimana anda boleh dan tidak boleh menggunakan cover photo anda.

Menurut Facebook, cover photo dilarang menampilkan hal-hal berikut:
  • Harga atau informasi belanja seperti: “Potongan 40%”  atau “Download it at our website”
  • Contact information seperti alamat website, email, mailing address atau informasi yang seharusnya dimasukkan ke dalam bagian “About” halaman Facebook anda.
  • Referensi ke fitur-fitur atau tindakan di Facebook seperti “Like” atau “Share” ataupun panah yang menunjuk dari cover photo ke fitur-fitur tersebut di atas.
  • Calls-to-action seperti “Get it now” atau “Tell your friends”
  • Covers tidak boleh palsu, menipu atau menyesatkan, dan tidak melanggar hak-hak intelektual pihak ke tiga.  

Profile Picture

Profile picture adalah gambar yang lebih kecil yang tempatnya di sebelah kiri bawah dari cover photo anda. Gambar atau foto ini dimaksudkan untuk menampilkan representasi dari Halaman Facebook anda bila tampil di halaman-halaman lain di samping setiap posting anda di bagian newsfeed.

Facebook menyarankan untuk menggunakan logo perusahaan anda, tapi desainnya diserahkan sepenuhnya kepada kita. Jika anda ingin mem-branding diri anda sendiri, maka sebuah foto professional diri anda akan bagus. Seorang pakar media social, Mari Smith menggabungkan keduanya dengan mancantumkan sebuah logo kecil di bagian bawah profile picture-nya.




Walaupun Facebook akan melakukan re-sizing pada foto anda agar bisa masuk dalam profile image box, tapi dianjurkan untuk meng-upload foto dengan ukuran 180 X 180 pixel. Foto itu juga harus bisa tampil dengan baik untuk ukuran 32 X 32 pixel yaitu ukuran gambar thumbnail yang akan kelihatan di samping posting anda.

About Information

Bagian About langsun
g terletak di bawah profile photo anda. Anda perlu meng-edit informasi di bagian About ini. Klik  “Edit Page” di  Admin panel, kemudian highlight “Update info”


Setelah di klik anda akan dibawa ke halaman ini:



Teks yang dimasukkan di kolom “About” dalam info page ini akan tampil lansung di bawah profile picture pada Halaman Facebook anda. 

Teks yang diisi dalam kolom-kolom berikutnya akan tampil bila pengguna meng-klik link “About” yang terletak langsung di bawah informasi About yang utama di halaman FB anda.

Catatan: Fitur tabs pada info page akan bervariasi yang tergantung pada tipe fan page yang anda pilih (seperti service, local business, dsb.)

Info dalam About harus mengandung sebuah link ke website anda berikut semua informasi terkait (nomor telepon, alamat, dsb.) bila memang dikehendaki. Gunakan bagian ini untuk memajang salah satu dari benefit utama produk anda atau untuk mengarahkan pengunjung ke website anda. Hindari untuk mengiklankan produk anda secara mencolok, tapi buatlah kalimat secara kreatif dan menarik, sehingga pengunjung ingin tahu lebih banyak tentang website anda.

Applications

Applications
(Apps) memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memperinci informasi yang lebih spesifik kepada para fans mereka. Pelaku bisnis menggunakan tabs ini untuk memajang games, events, welcome pages, free downloads, products, testimonials, links yang mengarah ke social profiles tambahan dan sebagainya.

Perlakukan applications se
perti halaman website kecil yang merangkum pesan Halaman Facebook anda. Gunakan applications ini untuk penawaranpoenawaran khusus, konten yang menarik atau sebagai sebuah cara lain untuk menimbulkan minat seputar website atau asset sosial anda

Facebook membolehkan anda untuk memiliki maksimal 12 apps, walaupun hanya 4 apps yang ditampilkan di halaman depan.  Agar pengguna dapat melihat lebih dari 4 apps, ia harus meng-klik panah kecil di samping apps untuk membuka jendela apps selengkapnya. Anda dapat menukar letak apps untuk menampilkan yang paling penting. Namun Facebook tidak membolehkan anda memindahkan Photo apps yang letaknya akan selalu pada posisi pertama (paling kiri)



Untuk menciptakan applications ini anda bisa menggunakan salah satu dari services di bawah ini. Mereka menawarkan free-trials (mencoba gratis) berikut harga yang pantas bila anda ingin meng-upgrade applikasi anda:
  1. Tabsite
  2. Lujure
  3. FaceItPages
  4. Pagemodo
Anda mencari ide bagi Halaman Facebook anda? Coba cari ide dengan melakukan browsing pada beberapa Halaman Facebook lain dan amati bagaimana produk/merek atau website lain menggunakan apps untuk menciptakan kehebohan dan pengunjung ke website mereka

Posts

Dalam pembahasan berikutnya, kita akan membahas tentang Posting dan cara menggunakannya untuk meningkatkan hubungan dan memperbesar fan base anda. Hari ini, kita membahas dasar bekerjanya Posts berikut fitur-fiturnya.

  • Meng-klik icon bintang akan memperbesar ukuran sebuah post menjadi ukuran maksimum timeline. Gunakan fungsi ini untuk menarik pembaca ke post yang penting
  • Mengganti tanggal posting (Change Date ..) untuk mengatur urutan waktu sesuai timeline
  • Meng-klik “Pin to Top” untuk menampilkan posting di posisi paling atas dari timeline selam 7 hari. Anda bisa menggantinya sebelum 7 hari atau membiarkannya secara otomatis kembali ke urutan tanggal semula.
  • Tambahkan milestones (catatan tentang sasaran/pencapaian/rekor), pertanyaan atau events pada posting baru dilengkapi dengan keterangan mengenai lokasi, gambar, video atau foto. Jadwalkan posting anda untuk waktu yang akan datang, atau lakukan back-date agar posting bisa tampil lebih awal

Milestones berupa events yang penting atau keberhasilan sebuah website yang biasanya ingin diketahui oleh para fans. Sebuah post milestone akan tampil lebih besar dari info lainnya dan akan mencakup keseluruhan lebar Timeline

Coca Cola membuat sebuah milestone yang menjelaskan tahun berdirinya Coca Cola.



Additional Facebook Page Features:
  • Admins = Pemilik halaman dapat memilih di antara 5 tingkat admins: Manager, Content Creator, Moderator, Advertiser dan Insight Analyst. Ini penting untuk alasan keamanan karena setiap tingkat memiliki tingkat pemberian ijin (permissions) yang berbeda.
Cara untuk melihat tingkat-tingkat Admin: Admin Panel > Edit Page > Admin Roles
  • Admin Panel dan Activity Log – Admin panel anda akan mengikuti kegiatan fans anda. Sedangkan Activity Log memungkinkan anad untuk mengadakan perubahan pada posting mereka secara langsung melalui satu interface. Temukan panel-panel ini langsung di atas cover image anda. Jika belum kelihatan, klik tombol “Show” untuk menampilkannya.  
  • Direct Messages – Para fans bisa menghubungi anda melalui halaman Facebook anda dan mengadakan percakapan timbal balik. Catatan: Anda tidak dapat mengirim pesan kepada fans anda sebelum merekalah yang menghubungi anda terlebih dahulu.
Akhir kata, informasi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mulai membuat dan menjalankan Halaman Facebook anda. Saya akan memberikan posting lain di waktu mendatang di mana akan dibahas bagaimana menarik lebih banyak fans dan menggunakan sebuah platform untuk mengembangkan bisnis atau website anda 

Di bawah ini anda dapat menemukan informasi yang lebih rinci dan resources lainnya yang disediakan oleh Facebook:


Selamat dan Sukses!



Translated by Uno Birawan - Article source credited to Adam Short:
http://www.nicheprofitclassroom.com/blog/facebook-fan-page-setup/

No comments:

Post a Comment