Thursday, July 30, 2015

SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH
Nyeri Punggung Bagian Bawah. Untuk meringankan rasa sakit punggung bagian bawah, mulailah dengan duduk condong ke depan di kursi anda. Pegang bagian belakang paha setelah mengangkat satu lutut anda ke arah dada anda. Tariklah paha anda ke arah tubuh anda dengan perlahan dan tahan selama setengah menit. Kemudian angkat kaki anda perlahan-lahan lalu turunkan kaki dengan perlahan juga. Ulangi gerakan yang sama dengan menggunakan kaki yang lain.
Nyeri Bahu. Angkat kedua bahu anda ke arah telinga setelah mengambil napas panjang. Tahan posisi ini selama kurang lebih 3 detik, lalu hembuskan napas saat menurunkan kedua bahu. Gerakan harus dilakukan selama sepuluh kali atau lebih agar menjadi efektif .
Nyeri Otot Dada. Untuk meringankan rasa nyeri seperti ini, mulailah dengan meletakkan tangan anda di belakang kepala anda. Ini harus dilakukan dalam sebuah posisi di mana kedua siku akan berbentuk sayap. Gerakkan siku ke arah belakang dan cobalah untuk memeras kedua tulang bahu anda bersama-sama. Tahan posisi ini selama sekitar setengah menit dan akhiri dengan perlahan-lahan mengembalikan bahu ke posisi awal. Ulangi gerakan ini minimal sepuluh kali.
Nyeri Bokong. Mulailah dengan duduk di kursi menghadap ke depan. Kemudian tempat pergelangan kaki kanan pada lutut kiri kemudian bersandar ke depan. Begitu anda condong ke depan, anda akan merasa ada tarikan di otot bokong. Hindari bersandar/condong ke depan terlalu keras. Tahan posisi ini untuk minimal tiga puluh detik sebelum duduk tegak kembali secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan ini menggunakan gerakan kaki yang lain.
Nyeri Punggung Bagian Atas/Tengah. Peluk diri sendiri dengan menempatkan tangan kiri di atas bahu kanan dan tangan kanan pada bahu kiri. Ambil napas dalam-dalam dan tahan posisi ini selama tiga puluh detik sebelum anda melepaskannya secara perlahan-lahan. Gerakan ini harus diulang lebih dari sepuluh kali untuk menghasilkan efek maksimal .
Sakit Leher. Dengan punggung tegak lurus dan kaki berpijak kokoh pada tanah, duduklah di sofa anda menghadap ke depan. Miringkan kepala ke satu sisi sambil mendekatkan satu telinga ke bahu anda. Tahan posisi ini selama sekitar setengah menit dan kembalikan kepala ke posisi awal. Ulangi gerakan yang sama untuk sisi lain yang lain.
Semoga gerakan-gerakan sederhana ini dapat mengurangi rasa nyeri yang anda derita.

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment