Wednesday, October 28, 2015

10 KHASIAT KESEHATAN OKRA


Okra, juga dikenal sebagai Lady’s fingers, bamia, bhindi atau gumbo, adalah tanaman iklim tropis dan hangat yang menghasilkan polong hijau yang dapat dimakan. Polong yang hampir matang dapat dipetik sendiri dan disajikan dalam berbagai cara sebagai makanan tradisional di berbagai budaya. Okra (Abelmoschus esculentus) diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dengan adanya penelitian yang tengah berlangsung tentang potensinya untuk membantu mengendalikan diabetes. Kenalilah sayuran yang populer ini dan belajar bagaimana cara memilih dan menggunakan Okra untuk mempertahankan nilainya yang kaya akan zat gizi ini.
10 KHASIAT KESEHATAN OKRA BILA DIKONSUMSI
#1. Okra rendah kalori. Polong bamia mengandung hanya 30 kalori  per 100 gram dan sering direkomendasikan sebagai bagian dalam program penurunan berat badan. Ada.

#2. Okra tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, sehingga tidak meningkatkan kadar lemak darah.

#3. Okra bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dengan cara memperlambat penyerapan usus. Di bawah ini terdapat rincian lebih lanjut tentang konsumsi okra dan diabetes. Ada 12 makanan yang mengontrol type 2 diabetes

#4. Okra mengandung banyak serat dan berperan sebagai makanan pencahar alami yang dapat membantu mencegah sembelit secara alami. Polong okra kaya akan zat lendir, yang merupakan semacam cairan kental yang melumasi dinding usus besar dan membantu buang air besar. Serat okra juga merupakan bahan makanan bagi bakteri usus yang berguna (probiotik) dan membantu mempertahankan keseimbangan pH dalam pencernaan anda.

#5. Okra kaya vitamin A dan berbagai antioksidan - polong hijaunya mengandung beta-carotene, lutein dan xanthine, yang bersama-sama dengan vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik dan menjaga kulit anda segar dan sehat. Okra berkaitan dengan pencegahan katarak dan bagus untuk mencegah bintik-bintik dan jerawat  

#6. Karena mengandung banyak antioksidan dan serat, ada juga yang menghubungkan okra dengan pencegahan kanker, terutama pencegahan kanker usus. Ada beberapa langkah yang dapat mengambil untuk mencegah kanker usus dan terdapat 14 makanan yang dapat melindungi terhadap perkembangan kanker selain okra.

#7. Okra merupakan sumber yang kaya sumber vitamin C, sehingga membantu kekebalan tubuh. Okra telah dihubungkan dengan pencegahan batuk dan pilek. Sejak vitamin C juga bertindak sebagai anti-radang, okra dapat digunakan untuk mengurangi gejala asma di samping 10 pengobatan alami untuk asma.

#8. Okra berisi folat – setiap 100 gram okra memberikan sekitar 22 % kebutuhan harian folat yang dianjurkan. Asam folat sangat penting dalam awal periode pra-konsepsi dan selama kehamilan serta membantu mencegah terjadinya cacat kelahiran. Makanan yang mengandung folat juga bisa membantu untuk membersihkan paru-paru anda.

#9. Okra adalah sumber mineral yang baik, termasuk zat besi, kalsium, magnesium dan mangan .

#10. Okra mengandung vitamin K, yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan memainkan peran utama dalam pembekuan darah.

RISET OKRA DAN DIABETES
Yang sangat menarik adalah riset tentang potensi okra dalam pengobatan diabetes. Sejauh ini penelitian telah dilakukan hanya pada hewan percobaan sehingga terlalu dini untuk menarik kesimpulan, namun temuan awal menunjukan hasil yang menjanjikan.

#. Pada 2011 yang lalu, para peneliti menguji okra pada tikus dengan diabetes (diterbitkan dalam ISRN Pharmaceutics). Polong-polong okra tersebut direndam dalam air kemudian cairan ini diberikan kepada satu kelompok, sementara kelompok kontrol menerima larutan Na-carboxymethylcellulose (CMC - selulosa gum; satu turunan selulosa yang sering digunakan sebagai pengental). Hasilnya menunjukkan bahwa Okra membantu mengurangi penyerapan glukosa dan menurunkan tingkat gula darah pada tikus.

#. Suatu penelitian lain terhadap tikus juga dilakukan di tahun 2011 menunjukkan hasil yang serupa (diterbitkan dalam the Journal of Pharmacy and Bioallied Sciencies). Kali ini tikus telah diberi makan bubuk biji okra dan ekstrak kupasannya selama 28 hari. Suatu pengurangan yang signifikan terjadi pada tingkat gula darah  dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima bubuk biji okra. Bubuk biji okra ternyata menghasilkan pengurangan yang lebih tinggi pada gula darah dibandingkan dengan pengurangan oleh ekstrak kupasannya, dan ditetapkan bahwa bahkan dosis tinggi tetap aman untuk tikus (dosis sebesar 2.000 miligram per kilogram telah digunakan). Selain itu, para ilmuwan mencatat bahwa okra membantu mengurangi kadar lemak yang tinggi dan selain itu profil lemak mendekati angka normal kembali.

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN BAGI PENDERTA DIABETES

Para peneliti mengamati satu faktor penting saat melakukan penelitian Okra pada tikus dengan diabetes. Ternyata Okra memang dapat memperbaiki angka glikemik, namun tidak boleh diberikan bersama-sama dengan Metformin Hidroklorida, karena okra mengurangi daya penyerapan metformin. Metformin diminum oleh banyak pasien penderita diabetes untuk menjaga agar kadar gula darah tetap dalam kendali, Jadi sangatlah penting untuk tidak menghambat fungsi metformin sampai ada hasil penelitian tentang okra yang lebih konklusif

Selain itu, bila anda menderita diabetes dan kemudian minum metformin, makan okra dalam jumlah yang banyak justru akan meningkatkan kadar gula darah. Oleh karenanya bila ingin mengkonsumsi okra, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anda.

CARA MENGGUNAKAN OKRA 

Buah berserat sepanjang 5 – 15 centimeter paling bagus bila dimakan selagi segar pada saat belum matang betul atau mendekati matang. Bila anda membeli polong Okra yang tidak buru-buru dipetik sehingga terlalu matang, okra akan mengeras dan rasanya menjadi tidak enak. Hindari menggunakan yang sudah keriput atau kering serta terdapat bercak pucat dan terbelah

Bila mungkin, santaplah buah ini pada hari anda membelinya. Okra juga dapat disimpan dalam kulkas selama 1 – 2 hari.

Cucilah bersih polong okra sebelum menggunakannya, untuk membersihkan kemungkinan adanya kontaminasi pstisida atau bahan kimia lainnya. Cucilah dengan air dan sabun untuk sayuran dan buah-buahan. Atau anda dapat membersihkan pestisida pada sayuran dan buah-buahan dengan campuran alami yang saya tulis dalam artikel “Cara Mudah Membersihkan Pestisida Pada Sayuran dan Buah-Buahan

Ada juga yang memilih untuk memotong kedua ujung Okra, sedangkan yang lain menggunakan buah yang utuh tanpa dipotong. Anda dapat mengirisnya sesuka anda dan gunakan dalam berbagai resep-resep Afrika, Timur Tengah, Karibia atau Asia

Semoga bermanfaat.

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Bekasi, 28 Oktober 2015

1 comment:

  1. Okra ini apakah tumbuhan yang sdh lama ada di Indonesia? Saya beberapa kali mengkonsumsi dalam bentuk sayur di Timur Tengah....terimakasih

    ReplyDelete