Wednesday, March 23, 2016

4 TIPE MANUSIA (FALSAFAH TONGKOK)

4 Tipe Manusia (Falsafah Tiongkok)
Analogi 4 tipe manusia menurut falsafah Tiongkok kuno.
Dimanakah posisi anda?
#1. Huang Ti Shen, Huang Ti Ku (Badan raja, tulangnya juga tulang raja).
Golongan ini untuk menggambarkan, orang kaya dan  jiwanya juga kaya ,bisa menggunakan kekayaannya untuk  dinikmati, juga mau berbuat kebajikan.
#2. Huang Ti Shen, Ci Kai Ku (Badan raja, tapi tulang pengemis).
Golongan ini menggambarkan, orang kaya, tetapi tidak bisa menikmati uangnya. Kerjanya sibuk terus menerus untuk mencari uang. Jangankan untuk berbuat kebajikan, setiap tindakan dan perkataan saja dihitung untung-ruginya.
Memiliki mobil bagus cuma bisa dielus-elus saja, malah banyak supir atau pegawainya yang memakai. Dunianya hanya rumah atau tempat kerjanya. Tahu-tahu sudah tua… (Banyak nih yang model begini di sekeliling kita).
#3. Ci Kai Shen, Huang Ti Ku (Badan pengemis, tapi tulang raja ).
Golongan ini menggambarkan, orang-orang yang secara materi biasa-biasa saja, tetapi bisa menikmati hidupnya. Walaupun hidupnya pas-pasan, tetapi bermental kelimpahan dan berjiwa sosial.
#4. Ci Kai Shen, Ci Kai Ku (Badan pengemis, tulang juga pengemis).
Golongan ini paling parah, sudah miskin bermental pengemis, bohuat dah. Sudah nggak punya duit, mentalnya minta dikasihani terus, istilah kerennya bermental gembel.
Dalam menjalani kehidupan ini, jika kita benar-benar menjalankan ajaran Falsafah Tiongkok dengan benar, maka tidak mungkin bisa sampai terpuruk.

Yang mesti di ingat bahwa, "Tidak punya uang itu hanya bersifat sementara, tapi kalau merasa miskin, itu mental yang akan terus menempel dalam pikiran dan perbuatannya !

No comments:

Post a Comment