Monday, July 20, 2020

SEKALI LAGI JOKOWI

Ingat akhir tahun lalu ketika EU marah dan mengancam akan menggugat  Indonesia ke WTO karena Indonesia bersiap menghentikan ekspor nikel ore atau nikel dalam bentuk batuan pada Januari 2020? Jokowi bukan takut justru berkata "siapkan lawyer terbaik!"

Ketika Indonesia bergeming, mereka lantas mengancam boikot CPO kita, apa yang Jokowi bilang pada mereka? " Gak mau beli ya saya makan sendiri."

Sudah, begitu saja Presiden menjawab. Tanpa beban, tanpa harus was-was atas ancaman raksasa ekonomi dunia.

Akhir Desember 2019, Presiden secara resmi mengumumkan penggunaan Diesel B30 sudah siap digunakan dan langsung dijual saat itu juga. EU bingung, EU speechless karena tehnologi yang mereka milikipun masih belum mampu mencampur solar dengan CPO.

Anak-anak Indonesia telah mampu membuat dan memproduksi secara masal disel B30 yakni pencampuran minyak solar 70% dan CPO 30%. CPO, produk nasional kita yang diboikot EU, terbukti benar-benar dipakai sendiri oleh Indonesia sesuai janji Presiden.

Setelah implementasi B30 tersebut, Jokowi memberikan target kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan jajaran direksi Pertamina untuk mempercepat implementasi B50 pada awal 2021.

Apa yang terjadi? Bukan hanya mengejar B50  disiapkan, B100 justru sudah mampu dibuat dan telah diuji coba di Indonesia. 

Bukan pada tahun 2021 seperti permintaan Presiden,, diesel B100 tersebut justru sudah diuji coba dan dinyatkan berhasil pada tahun 2020.

Diesel B100 bukan tentang BBM, dia adalah BBS Bahan Bakar Sawit, asli Indonesia. Indonesia telah mampu membuat bahan bakar buatan dengan 100% terbuat dari bahan yang dapat diperbarui.

Katalis yang digunakan adalah Katalis Merah Putih yang siproduksi sendiri oleh putra putri terbaik bangsa di Pertamina Research and Technology Centre bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung.

Indonesia memecahkan rekor dalam kedigdayaan olah pikiran, kepintaran otak dalam pencapapian teknologi, dan ini baru terjadi sekali selama Indonesia berdiri, pada era Presiden Jokowi.

Sebenarnya, anak-anak kita itu pintar-pintar dan jenius. Beri mereka kepercayaan, kasih target, jadilah kapal selam, jadilah pesawat terbang, jadilah Maung kendaraan tempur yang menyerupai Humvee milik Amerika, dan jadilah minyak 100% terbuat dari sawit.

"Haruskah itu dibanggakan?"

Saya, bangga! 

Rahayu

Karto Bugel

https://industri.kontan.co.id/news/program-b100-jokowi-berhasil-diwujudkan-pertamina-kini-punya-bahan-bakar-100-sawit 

No comments:

Post a Comment