Thursday, December 19, 2013

TIPS MENCEGAH SAKIT PUNGGUNG

TIPS MENCEGAH SAKIT PUNGGUNG


Sakit punggung harus dapat dicegah demi terhindarnya punggung kita dari sakit punggung yang lebih parah dan kronis. Berikut adalah beberapa tips mudah tentang bagaimana kita dapat mencegah sakit punggung:

#1 – MENJAGA POSTUR TUBUH YANG BAIK

Sebetulnya sangat mudah untuk melakukan gerakan membungkuk, tetapi tidak bagi orang dengan sakit punggung. Sangat penting untuk menjaga postur tubuh, karena postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan sakit punggung kronis jangka panjang yang berakibat terganggunya gerakan membungkuk.

Tidaklah sulit untuk mempertahankan postur tubuh yang baik. Bayangkan seakan-akan ada garis-garis imajiner yang berjalan melalui tubuh kita. Ketika kita menundukkan kepala, maka garis-garis pada telinga kita juga mengarah ke bawah.

Ketika kita meluruskan kepala, garis imajiner itu juga akan tegak lurus. Ini merupakan postur yang ideal untuk kepala baik di saat duduk maupun berdiri. Kita juga dapat menggunakan garis-garis imajiner ini untuk menjaga agar bahu kita tetap lurus. Ketika seseorang membungkuk, garis-garis yang berjalan melalui daerah bahu mengarah ke bawah.

Ketika bahu diangkat dan diluruskan, garis imajiner juga mengarah lurus dan sejajar dengan garis imajiner yang berjalan melalui telinga. Cara lain yang mudah untuk memeriksa apakah postur tubuh kita sudah benar adalah dengan melihat perut kita. Apakah perut kita kelihatan menonjol? Jika ya, cobalah untuk menyesuaikan postur tubuh kita sehingga perut tidak kelihatan menonjol lagi

#2 – MENGATUR POSISI DUDUK

Anehnya, lebih banyak tekanan yang terjadi pada punggung ketika orang itu duduk dibandingkan dengan ia berada di posisi berdiri. Ketika seseorang berdiri, bentuk lengkungan kurva-S yang alami dari punggung dipertahankan.

Namun, ketika seseorang duduk (misalnya di depan komputer), kecenderungan punggung akan melengkung seperti kurva berbentuk C yang tidak wajar dan dapat menyebabkan masalah baik di punggung bagian bawah maupun bagian atas. Berikut ada beberapa tips untuk memperbaiki postur tubuh saat kita duduk:

Gulung handuk kecil atau bantal kecil dan tempatkan di kursi kita sebelum duduk. Handuk atau bantal akan membantu mengganjal punggung.

Gerakan memutar badan secara tiba-tiba dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tulang belakang. Menggunakan kursi berputar dengan sandaran yang tinggi dan lurus merupakan pilihan yang baik, karena kita tidak perlu memutar badan kita untuk mencapai sesuatu. Menggerakkan seluruh tubuh kita di atas kursi putar jauh lebih baik daripada memaksa tulang belakang kita untuk melengkung menjadi bentuk yang tidak wajar bila kita memutar badan ke kiri dan kanan.

#3 – POSISI DUDUK UNTUK WAKTU YANG LAMA

Jika pekerjaan mengharuskan kita duduk untuk jangka waktu yang panjang, hindari mengenakan sepatu bertumit tinggi. Gunakan sepatu dengan alas yang lembut dan tumit rendah sehingga distribusi berat badan akan lebih merata ke seluruh tungkai dan kaki.  

Beristirahatlah sejenak ketika bekerja sehingga kita bisa sedikit berjalan untuk memperbaiki sirkulasi darah di kaki kita. Jika memungkinkan lakukan beberapa aktivitas fisik jika pekerjaan kita adalah duduk di belakang meja. Misalnya berjalan naik dan turun tangga ketimbang menggunakan lift, atau berjalan-jalan di luar gedung kantor saat makan siang.

Apakah anda mengalami sakit kaki karena terlalu sering duduk? Ini solusinya: bawalah bangku kecil untuk meletakkan kaki saat bekerja sehingga kita dapat mengangkat salah satu kaki. Angkat kaki secara bergantian sehingga kedua kaki dapat lebih santai selama melakukan pekerjaan di belakang meja

Banyak ahli fisioterapi dan terapis fisik juga merekomendasikan agar kita mempraktekkan posisi setengah berbaring ketika bekerja di belakang meja.

Ketimbang menggunakan posisi duduk berbentuk-C dengan tekanan yang lebih berat, cobalah untuk berbaring ke belakang dengan menyelonjorkan kaki di bawah meja. Dengan cara ini, kurva berbentuk S dari lengkungan tulang belakang dapat dipertahankan walaupun kita duduk. Pastikan bahwa  sandaran kursi telah disesuaikan agar kita tidak sampai melorot.

#3 – POSISI DUDUK SAAT MENGEMUDI MOBIL

Apakah anda mengemudikan mobil selama berjam-jam setiap hari? Pastikan Kita memiliki gulungan handuk atau bantal kecil di mobil; sehingga punggung bagian bawah dapat diganjal ketika mengemudi.

Juga, geser kursi mobil semaju mungkin sehingga kaki kita sedekat mungkin dengan pedal yang akan diinjak. Dengan demikian kita tidak harus membungkuk terlalu banyak ketika mengemudi. Dengan cara ini, postur punggung tidak dipaksa menjadi kurva berbentuk C. Selain itu kaki kita tidak memerlukan usaha ekstra untuk mencapai dan menekan berbagai pedal mobil.

#4 – MENGHINDARI KELUHAN SAKIT PUNGGUNG PADA ANAK

Apakah anak anda mengeluh sakit punggung? Jangan mencari penyebabnya terlalu jauh. Penyebabnya adalah tas ransel (punggung). Tas sekolah berupa ransel yang berat dapat menyebabkan sakit punggung bagian atas atau bagian bawah (atau kedua-duanya) yang sifatnya sementara karena anak-anak masih mengembangkan otot-otot punggung mereka.

Bagaimana kita tahu bahwa tas ransel anak kita terlalu berat? Timbang tas ranselnya. Berat maksimal tas ransel tak boleh lebih dari 20% berat anak. Jika tas ransel bukan penyebabnya, Kita mungkin perlu memeriksa keadaan emosi anak kita.

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga menderita serangan stres dan depresi emosional. Keadaan emosional dan fisiologis dapat diekspresikan dalam berbagai cara, termasuk meningkatnya kepekaan untuk terjadinya sakit punggung akut.

Semoga bermanfaat

Jakarta, 18 Desember 2013

Wassalam, © Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment