Monday, October 27, 2014

MAKANAN YANG MENURUNKAN KOLESTEROL

MAKANAN YANG MENURUNKAN KOLESTEROL


Makanan Lezat dan sehat pengurang kolesterol

Kadar kolesterol darah yang tinggi atau hiperkolesterol dapat menjadi sebuah masalah medis yang serius. Tapi, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol agar kembali berada di bawah kendali. Ada banyak makanan yang dapat mengurangi kolesterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol darah ke zona yang sehat.

Bicara tentang makanan penurun kolesterol sebenarnya ada dua jenis makanan yang patut dijadikan pertimbangan. Pertama adalah makanan yang meningkatkan kolesterol HDL dan yang kedua adalah makanan yang akan menurunkan kolesterol LDL kita. Anda mungkin bertanya-tanya apa makna singkatan HDL dan LDL. Ini saya jelaskan sedikit tentang jenis-jenis kolesterol sebagai berikut.

Dua wajah kolesterol

Sebenarnya ada dua bentuk dari kolesterol dalam darah. LDL (= Low Density Lipoprotein) atau lipoprotein dengan kepadatan rendah, dianggap jahat bagi kita dan biasanya disebut kolesterol jahat. Ini adalah jenis kolesterol yang kita inginkan untuk memiliki skor yang rendah. Kolesterol jahat ini bergerak lambat dan dapat menyumbat arteri-arteri kita. Arteri yang tersumbat atau menyempit adalah kondisi yang dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Kolesterol yang lain adalah jenis kolesterol HDL (= High Density Lipoprotein), atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi dan berdampak baik bagi kesehatan sehingga dikenal sebagai kolesterol baik. Tipe kolesterol ini bergerak cepat melalui sistem pembuluh darah kita dan akan membantu untuk menghilangkan sumbatan yang disebabkan oleh LDL yang terjebak pada arteri-arteri kita. Jadi kita menginginkan agar skor HDL berada pada posisi tinggi. 


Makanan penurun kolesterol

Meskipun ada dua jenis kolesterol namun sebenarnya ada tiga jenis makanan penurun kolesterol. Yang satu akan menurunkan kolesterol jahat. Yang satu akan meningkatkan kolesterol baik. Dan yang satunya lagi akan melakukan keduanya.

Marilah terlebih dahulu kita tinjau beberapa makanan penurun kolesterol jahat

GANDUM – Dari berbagai penelitian dan informasi yang luas kita tahu bahwa gandum sangat baik untuk kesehatan jantung. Gandum dan oatmeal secara fantastis dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di sistem tubuh kita.

KACANG-KACANGAN - sebagian besar kacang-kacangan mengandung kadar serat yag tinggi. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh anda sebelum diserap, sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat.

IKAN – Ikan salmon, sarden, dan makarel merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun berupa lemak omega-3 yang baik dan dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sekali lagi, makanan jenis ini akan menjadi kurang efektif ketika dimasak dengan mentega (butter) atau saus lainnya. Oleh karenanya hidangkan masakan ikan secara lezat dan sehat.

Berikut beberapa makanan penurun kolesterol yang akan meningkatkan kadar kolesterol baik anda.

KACANG-KACANGAN (NUTS) - Kacang - kacangan mengandung lemak yang baik untuk tubuh kita. Tapi tidak semua kacang memberikan manfaat yang sama bagi kesehatan. Kenari dan almond merupakan jenis kacang di peringkat atas. Hal lainnya, semua kacang berkalori tinggi, sehingga kita harus memperhatikan jumlah asupannya. Dan perlu di ingat bahwa kacang yang telah dipanggang, diasinkan, atau dilapisi gula tidak akan memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti kacang dalam bentuk mentah.

JUS JERUK - Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minum satu gelas  jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 21%. Kemungkinan besar ini merupakan khasiat dari antioxidants yang terkandung dalam jeruk.

Dan ini beberapa makanan penurun kolesterol yang melakukan keduanya.

BAWANG PUTIH - makanan ini dikenal memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan sehingga tidaklah mengherankan jika penurunan kolesterol merupakan bagian dari daftar khasiat kesehatannya. Bawang putih telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat sekaligus membantu untuk meningkatkan kolesterol yang baik.

NIASIN Merupakan salah satu anggota keluarga vitamin B, niasin memiliki beberapa efek yang sama terhadap tubuh seperti statin yaitu resep obat penurun kolesterol. Tapi penggunaan suplemen niasin harus dengan rekomendasi dokter, karena niasin dapat mengganggu beberapa obat pengencer darah dan obat lain.


Article Source: EzineArticles.com - Delicious and Healthy Cholesterol Reducing Foods

No comments:

Post a Comment