Wednesday, April 15, 2015

TENTANG SEMUT JEPANG

TENTANG SEMUT JEPANG
Morfologi, Manfaat Kesehatan, Cara Mengkonsumsi dan Budidaya Semut Jepang

MORFOLOGI SEMUT JEPANG

Semut Jepang atau dengan nama latin Tenebrio Molitor saat ini menjadi trend dan terkenal karena khasiat kesehatannya. Semut di Jepang memiliki sebutan Ari, dimana secara harafiah berarti Serangga Kesetiaan. Di negara Jepang sendiri terdapat lebih dari 200 jenis semut Jepang yang berbeda-beda. 

Dari segi fisik bentuknya lebih mirip kumbang dibanding dengan semut. Ciri dari semut Jepang ini secara umum adalah memiliki tubuh berwarna hitam kecoklatan, berkaki enam dan tekstur tubuhnya cenderung keras. Hewan ini memiliki sayap yang mirip dengan kumbang namun tak bisa terbang, suka reproduksi, hidup secara berkelompok, bukan hewan kanibal. Itulah beberapa ciri yang membedakan semut Jepang dengan spesies semut lainnya
Ada juga kemiripan antara semut Jepang dengan serangga lain yang biasa disebut kutu beras yang larvanya dikenal dengan nama ulat Hongkong. Walaupun memiliki kemiripan, namun semut Jepang dan kutu beras sangat berbeda. Larva kutu beras lebih besar dari pada semut jepang.
MANFAAT KESEHATAN SEMUT JEPANG
Jika berbicara tentang manfaat kesehatan dari semut Jepang, maka sungguh menakjubkan bahwasanya semut yang biasanya merupakan serangga kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan.
Oleh karena memiliki banyak manfaat kesehatan, maka semut Jepang banyak dicari oleh orang-orang, dan banyak pula yang membudidaya semut Jepang yang satu ini. Lebih lanjut, sekarang mari kita bahas tentang manfaat dan khasiat atau kegunaan dari semut Jepang untuk manusia berikut:
  • Semut Jepang berguna untuk menormalkan tingkat kolesterol dalam darah, khususnya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol darah tinggi (hiperkolesterol).
  • Mengobati dan meringankan penyakit jantung.
  • Mengobati dan meringankan penyakit asam urat, khusus orang dengan kadar asam urat tinggi di tubuh.
  • Menstabilkan kadar gula darah, sehingga cocok untuk orang yang menderita penyakit diabetes.
  • Menurunkan tekanan darah bagi orang yang menderita penyakit darah tinggi (hipertensi).
  • Mampu menambah vitalitas para pria maupun wanita, sehingga cocok bagi pria maupun wanita dengan jam kerja dan kesibukan yang tinggi setiap harinya, tubuh pun dapat disegarkan dengan mengkonsumsi semut Jepang.

CARA MENGKONSUMSI SEMUT JEPANG
Cara mengkonsumsi yang nyaman ialah dengan menggunakan kapsul kosong yang berbahan rumput laut. Anda bisa mendapatkan kapsul ini dengan mudah di toko obat terdekat di kota Anda. Kemudian, masukkan satu atau dua semut ke dalam kapsul. Minumlah kapsul berisi semut seperti biasanya. Bisa dengan air minum atau dimakan dengan pisang
Bagi yang merasa nyaman juga bisa langsung mengkonsumsi semut Jepang hidup dengan pisang tanpa dimasukkan ke dalam kapsul sebanyak 1 – 5 ekor sekali makan.
Cara lainnya ambil beberapa semut Jepang taruh dalam gelas, kemudian sedu dengan air panas. Segera minum selagi hangat.
Untuk beberapa kasus cara mengkonsumsinya sebagai berikut : 
Untuk mengobati diabetes disarankan untuk mengkonsumsi satu semut dua kali sehari sampai gula darah stabil. Ada teman yang terkena gangrene (pembusukan luka karena bakteri pada penderita diabetes) minum 1- 5 ekor sekali gus setiap hari, gangrene-nya mengering dalam waktu 2 minggu
Untuk mengobati asam urat dua semut, dua kali sehari sampai asam urat sembuh.
Note: Sebelum anda mengkonsumsi semut Jepang usahakan berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

CARA BUDIDAYA SEMUT JEPANG

Cara membudi-dayakan semut Jepang termasuk gampang. Berikut langkah – langkah budidayanya :
  1. Sediakan toples plastik yang sudah dilubangi tutupnya. Ini berfungsi sebagai ventilasi udara agar semut tidak mati.
  2. Sediakan kapas secukupnya, kira-kira ¾ wadah/toples. Usahakanagar kapas tidak terlalu padat 
  3. Sediakan ragi tape.
  4. Masukkan sekitar 10 – 20 ekor semut dan ragi tape ke dalam nya

Pengalaman saya, dari 10 ekor semut Jepang dapat berkembang biak menjadi sekitar 200 ekor dalam waktu 2 bulan. Perawatan selanjutnya anda cukup memberi makan semut seminggu sekali degan tiga butir ragi tape.
Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang saya sarankan untuk membeli bibit semut Jepang sekitar 200 ekor yang mana biasa dijual seharga 200 ribuan. Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu. Dan sebulan kemudian anak dari semut ini akan menjadi dewasa dan siap untuk dipanen dengan harga berkisar 2000 – 5000 per ekor, tergantung dari daerah tempat tinggal anda. Selain mudah dalam budidaya semut Jepang sangat cepat dalam berkembang.
Semoga bermanfaat.

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Bekasi, 14 April 2015

No comments:

Post a Comment