Monday, March 5, 2018

ERIC CLAPTON

ERIC CLAPTON salah satu Gitaris terbaik sepanjang masa.
Nama aslinya Eric Patrick Clapton yang lahir di Surrey, Inggris tanggal 30 Maret 1945. Eric Clapton diasuh oleh neneknya dan nama Clapton itu diambil dari nama suami pertama neneknya Eric Clapton yang bernama Reginald Cecil Clapton. Di usia 13 thn menerima gitar akustik dan sejak itu Eric Clapton berlatih serius musik2 Blues Rock. Di usia 16 thn, permainan gitar Eric Clapton sangat menawan hingga banyak yang band2 yang menawarinya jadi gitaris.
Tahun 1962, Eric Clapton bergabung dengan band R&B yang bernama The Roosters. Lalu di thn 1963, Eric Clapton akhirnya memilih bergabung dengan The Yardbirds yang bergenre Rock n Roll. Selama bersama The Yardbirds, skill Eric Clapton bener-benar memukau dan mendapatkan perhatian para penggemarnya saat itu. Sampai sering kali konser senar gitarnya putus dan penonton melihat dia menggantinya seketika saat itu.
Disitulah akhirnya sang manajer yaitu Giorgio Gomelsky menjuluki Eric Clapton dengan nama "The Slowhand". Disaat The Yardbirds lagi baru terkenal dengan lagunya "For Your Love" di thn 1965, disitulah Eric Clapton merasa tidak suka dengan aliran musik bandnya yang cenderung ke pop dan tidak lagi ke jalur blues rock. Akhirnya Eric Clapton menyatakan keluar dari bandnya dan dia menyarankan temannya yaitu Jimmy Page untuk menggantikannya di The Yardbirds.
Keluar dari The Yardbirds, Eric Clapton bergabung bersama John Mayall & Bluesbreakers di thn 1965. Eric Clapton hanya beberapa bulan saja di band tsb, tapi kontribusinya cukup besar hingga sampe dijuluki "Clapton is God". Banyak sekali anak-anak muda waktu itu menganggap Eric Clapton sebagai gitaris terbaik di dunia. Justru Eric Clapton mengatakan bahwa dia tidak merasa terbaik, tapi ingin menjadi terbaik dan itu adalah ideal baginya.
Lalu di thn 1966, Eric Clapton membentuk band beraliran Psychedelic Rock yang bernama Cream bersama Ginger Baker dan Jack Bruce. Saat itu Eric Clapton dianggap gitaris terbaik di UK, bersaing dengan Jimi Hendrix yang terbaik di US. Cream saat itu menjadi band yang memainkan musik-musik instrumental yang sangat bagus, namun sayangnya pertengkaran antara Ginger Baker dan Jack Bruce membuat Cream harus bubar di thn 1968.
Bahkan Eric Clapton punya gitar simbol era Psychadelic Rock yang dinamakan The Fool Guitar. Thn 1969, Eric Clapton sempat ditunjuk oleh John Lennon sebagai pengganti George Harrison saat pembuatan film Let It Be, karena saat itu ketegangan terjadi di tubuh The Beatles dan George Harrison ngotot tak mau balik. Jimi Hendrix pernah melihat penampilan Eric Clapton saat masih bersama Cream dan itu yang membuat Eric Clapton akhirnya jadi berteman dengan Jimi Hendrix.
Di thn 1969, Eric Clapton membentuk band yang bernama Blind Faith, tapi band itu bertahan beberapa bulan saja karena melakukan hal yang konstroversial. Eric Clapton yang menjadi gitaris di lagunya John Lennon yang berjudul "Cold Turkey" dan di thn 1970, Eric Clapton membentuk band yang dinamakan Derek and the Dominos bersama Duane Allman dkk. Bersama band itu Eric Clapton menciptakan lagu hits yang berjudul "Layla" yang merupakan ungkapan cinta Eric Clapton kepada temannya yaitu Pattie Boyd yang akhirnya menjadi istri George Harrison.
Akibat dari lagu "Layla" itu Eric Clapton menjadi depresi berat karena dianggap berselingkuh dengan istri George Harrison, ditambah lagi kematian dari 2 sahabatnya yaitu Jimi Hendrix dan Duane Allman yang membuat semangat Eric Clapton menjadi lemah hingga akhirnya terjerumus ke dunia narkoba. Derek and the Dominos akhirnya bubar di thn 1971. Di thn 1974 akhirnya George Harrison bercerai dengan Pattie Boyd yang dianggap berselingkuh dengan gitaris the Rolling Stones yaitu Ronnie Wood.
Di thn 1977, Eric Clapton menciptakan lagu "Wonderful Tonight" yang merupakan ungakapan cintanya kepada Pattie Boyd yang akhirnya mereka jadi menikah di thn 1979 dan itu membuat persahabatan Eric Clapton dengan George Harrison mulai retak. Eric Clapton diajak duet bersama Jeff Beck dan terkadang juga Jimmy Page memainkan musik2 instrumental di era 80an. Namun sayangnya kebiasaaan buruk Eric Clapton yang mulai kecanduan alkohol membuat karirnya tersendat2. Eric Clapton pernah diajak berkolaborasi dengan Tina Turner, Pink Floyd dan juga bermain di Live Aid  thn 1985. 
Karena tidak bisa mempunyai anak, maka Eric Clapton menceraikan Pattie Boyd di thn 1988. Perceraian itu disebabkan juga karena ada orang ke 3 yaitu foto model asal Italia yang bernama Lory Del Santo yang melahirkan anak bagi Eric Clapton yang dinamakan Conor di thn 1986. Namun di thn 1991, Connor meninggal dunia diusia 5 thn karena jatuh dari lantai 53 di apartemennya Eric Clapton. Eric Clapton sangat terpukul berat hingga mengungkapkan perasaannya lewat lagu "Tears in Heaven".
Dan tak disangka lagu "Tears in Heaven" sangat booming diseluruh dunia dan mendapatkan banyak pernghargaan di thn 1992-1993. Gitaris yang sangat diidolakan oleh Eric Clapton yaitu Gitaris musik Blues yang bernama Robert Johnson. Banyak sekali gitaris2 terkenal di dunia yang mengidolakan Eric Clapton, antara lain : Eddie Van Halen, Slash, Richie Sambora, Tony Iommi, Alex Lifeson, Gary Moore, Stevie Ray Vaughan, Brian May, Joe Satriani dll. 
Saking terkenalnya, Gitaris asal Meksiko yang terkenal juga yaitu Santana ingin mengajak Eric Clapton berduet. Bahkan majalah Rolling Stone menempatkan nama Eric Clapton di peringkat 2 di 100 Greatest Guitarists of All Time, begitu juga Gibson Guitar Corporation menempatkan nama Eric Clapton diperingkat 4 di Top 50 Guitarists of All Time. Eric Clapton sering berkampanye untuk melindungi parta Buruh di UK dan mendirikan pusat rehabilitasi bagi orang-orang yang kecanduan narkoba.
Eric Clapton pernah menyumbangkan dana untuk korban Tsunami di Indonesia thn 2004. Eric Clapton pernah ikutan berpolitik di UK saat mendukung salah satu kandidat bernama Enoch Powell di thn 1976. Eric Clapton juga menyukai sepakbola dan dulu pernah menyanyikan lagu di pertandingan West Bromwich Albion dan ternyata Eric Clapton sekarang ini tertarik dengan Chelsea....
Sumber : Kenangan Rocks...

#TokohMusikHitters
#MyPost
#EricClapton
#FOhits80s90s
#1JutaHittersAntiHateSpeech

No comments:

Post a Comment