Thursday, March 1, 2018

GOLDEN RULES BUAT PARA PENSIUNAN

GOLDEN RULES BUAT PARA PENSIUNAN
"Ada 21 Golden Rules atau hal yang perlu diketahui oleh orang yang mendekati usia "tuwo" atau yang sudah lewati usia 60 tahun dan yang menikmati masa pensiun"
Golden Rule #1. Saatnya untuk menggunakan uang yang selama ini anda tabung. Gunakanlah uang tersebut dan enjoy. Jangan berikan kepada orang-orang yang tidak tahu pengorbanan dan kerja keras yang Anda lakukan ketika  menabungnya.
Golden Rule #2. Berhentilah khawatir atas keadaan financial anak-anak Anda dan jangan merasa bersalah jika memakai uang pensiun Anda untuk diri Anda sendiri. Anda telah merawat dan mengurus anak-anak Anda selama bertahun-tahun dan Anda telah mengajari mereka berbagai hal yang Anda tahu.  Anda beri mereka pendidikan, makanan, rumah dan juga segala dukungan. Saat ini adalah tanggung jawab mereka sendiri untuk menghasilkan pendapatan masing-masing.
Golden Rule #3. Berupaya menjadi dan membiasakan hidup sehat. Misalnya berjalan kaki setiap hari, makan yang sehat dan tidur yang cukup baik sekali untuk kesehatan. Lakukan medical check up secara berkala.
Golden Rule #4. Lihatlah pemandangan yang bagus-bagus .. gunung pantai , taman bunga membuahkan kesehatan jiwa.
Golden Rule #5. Jangan gampangan stress atas hal-hal kecil. Jangan biarkan masa lalu membenamkanmu, dan jangan biarkan masa depan membuatmu takut. Stress akan menggerogoti kesehatan tubuhmu.
Golden Rule #6. Cintailah hidupmu dan cintailah keluargamu 
Golden Rule #7. Rawatlah dirimu dengan baik. Potong rambut, potong kuku, memakai minyak wangi, dll. 
Golden Rule #8. Gunakanlah pakaian yang menarik dan sesuai usiamu
Golden Rule #9. Selalu up to date mengikuti perkembangan jaman dengan rajin membaca koran, majalah, dll, dan tetap bersosialisasi dengan orang lain. Seorang pensiunan wajib tetap contact dengan berbagai orang dengan aneka latar belakang.
Golden Rule #10.  Hargai generasi yang lebih muda dan hargai juga pendapat mereka. Mereka mungkin tidak memiliki ide yang sama dengan Anda, tetapi mereka adalah masa depan dan mereka yang akan mengelolanya. Sebagai pensiunan beri mereka saran, bukan kritik. Dan coba ingatkan mereka bahwa hal-hal yang baik pada masa lalu tetap berlaku pada masa sekarang. 
Golden Rule #11. Hindari menggunakan kata-kata "pada jaman saya dulu..." Karena waktu Anda adalah sekarang.... Sepanjang Anda masih hidup, maka Anda adalah bagian dari masa kini. Mungkin dulu anda masih muda, tapi itu sudah lewat meskipun Anda masih ada.  Karena itu bersenang-senanglah dan nikmati kehidupan. 
Golden Rule #12. Jadilah pribadi yang positif. Ada orang yang menikmati dan menerima masa tua nya. Ada pula orang yang menjadi  sinis, masam dan penuh kepahitan terhadap orang lain. Hidup ini singkat. Habiskan dengan orang-orang yang positif, ceria, dan bersemangat. Hal ini akan membuat hari-hari seorang pensiunan terasa menyenangkan.  Menghabiskan waktu dengan orang yang sinis, suka mengkritik dan suka berargumentasi, akan  membuatmu menjadi tua dan sulit untuk disukai.
Golden Rule #13. Jangan tinggal dengan anakmu atau cucumu. (optional/pilihan alternatif). Berkumpul bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Namun Anda butuh privacy demikian juga mereka. 
Golden Rule #14.  Seorang pensiunan tidak boleh mengabaikan hobinya. Jika tidak punya, coba cari kegiatan yang Anda sukai. Anda bisa traveling, memasak, membaca, menyanyi, dll. Anda bisa berkebun, main kartu, main catur, main billiard, melukis, dll.
Golden Rule #15.  Penuhi undangan. Walaupun mungkin anda tidak begitu suka, tapi cobalah datang di setiap undangan. Reuni pensiunan, ulang tahun, pernikahan, dll. Keluarlah dari rumah. Temui orang-orang yang jarang anda temui. Rasakanlah hal baru. Pergi ke museum, jalan-jalan di perkebunan, dll.
Golden Rule #16. Coba untuk sedikit bicara dan banyak mendengar. ..  Kalau bisa.. .. Ada orang yang terus menerus bicara tentang masa lalu dan tidak peduli bahwa pendengarnya tidak tertarik. Dengarkan dulu, dan jawab pertanyaan, tetapi jangan menjawab terlalu panjang. Jangan biasakan untuk mengeluh atau mengkritik. Latihlah untuk menerima situasi apa  adanya. Biasakan untuk melihat hal positif dalam setiap keadaan dan biasakan mengatakan hal-hal yang baik.
Golden Rule #17.  Sabar menhgadapi rasa sakit dan ketidak-nyamanan. Rasa sakit dan rasa tidak nyaman suka datang bersama-sama ketika kita memasuki masa pensiun dan makin tua.  Upayakan untuk tidak terbenam dalam hal itu, namun coba terima dengan ikhlas dan sabar sebagai bagian dari lingkaran kehidupan. Jangan biarkan rasa sakit dan tidak nyaman menjadi fokus Anda.
Golden Rule #18. Jadilah pemaaf dan hindari perasaan membenci orang lain. Jika Anda diserang atau disepelekan oleh orang lain – Maafkan mereka. Jika Anda menyerang atau menyepelekan orang lain - Minta maaf.  Jangan biarkan rasa benci menyelimutimu. Itu hanya akan membuat anda sedih dan penuh kepahitan yang akhirnya berpengaruh pada kesehatan fisik Anda. Tidak penting siapa yang benar. Ada pepatah mengatakan "Menyimpan rasa jengkel/kesal itu seperti meminum racun tapi berharap orang lain yang mati" Jangan ambil racun itu. Maafkan, lupakan, dan teruskan hidup Anda. 
Golden Rule #19. Jika Anda punya keyakinan yang kuat atas suatu hal, peganglah. Namun jangan buang waktu Anda untuk meyakinkan orang lain.  Mereka akan memilih  pilihan mereka sendiri  walau apapun yang Anda katakan. Memaksakan keyakinan Anda hanya akan membuat Anda frustrasi.  Hiduplah dengan keyakinan Anda dan berikan contoh. 
Golden Rule #20. Tertawalah yang sering dan tertawalah atas apapun. Ingatlah, Anda termasuk orang yang beruntung. Anda telah hidup cukup lama. Banyak yang tidak mencapai usia ini. Carilah humor di setiap situasi. 
Golden Rule #21. Tidak usah terlalu memperhatikan apa yang dikatakan orang lain tentang diri Anda dan juga yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Anda harus bangga terhadap diri Anda dan pencapaian yang Anda lakukan.

Hayo Semangat .... Siapa bilang pensiunan tidak berguna…Bravo Manularia  !!

No comments:

Post a Comment