Tuesday, April 10, 2012

BISNIS UNGGULAN MASA DEPAN

Top-10 Bisnis Unggulan Masa Depan

Anda bosan bekerja menjadi karyawan atau bawahan? Atau anda merasa tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan gagasan bisnis anda dalam perusahaan di mana anda bekerja sekarang? Anda bercita-cita untuk punya usaha sendiri dan menjadi boss sebuah perusahaan?

That is a very good and good idea! Ya.. menjadi wira usaha mandiri merupakan suatu pemikiran yang sungguh bagus. Apalagi pada jaman sekarang di mana lowongan jadi pegawai yang cocok dengan ilmu dan pengalaman yang kita miliki sudah semakin langka.  

Tren membangun usaha sendiri kita lihat sangat kasat mata. Kalau kita berjalan di pemukiman, apalagi di jalan raya yang strategis, banyak kita lihat rumah tinggal yang dijadikan bisnis rumahan. Mulai dari buka warung makan, warnet, voucher handphone, warung kelontong dan seterusnya.

Kalau ada modal lebih besar, bisa bikin minimarket, kursus-kursus, bengkel motor, dan seterusnya. Lihat sendiri bagaimana beragamnya aneka bisnis rumahan ini, mulai dari bisnis gurem sampai yang canggih. Semangat berwiraswasta memang semakin menonjol sekarang.

Sebuah media bisnis terkemuka di Amerika, INC, beberapa waktu yang lalu me-release sebuah informasi penting tentang TOP-10 tren dan prospek kelompok bisnis yang akan unggul dalam waktu 10 tahun ke depan. Ini dia daftarnya: 
  • Internet business, data processing and information services
  • Computer system and related services
  • Softwares
  • Human resource services
  • Management, science and technical consultant
  • Home health care
  • Personal finance advisory services
  • Art, entertainment and recreation
  • Film and video production
Dari 3 peringkat pertama, tersirat bahwa bisnis yang berhubungan dengan computer dan information technology merupakan bisnis masa depan paling cerah. Ketiga bisnis ini berkembang dengan amat pesat baik dari sudut pengembangan teknolgi baru dan perangkatnya, maupun nilai pasarnya. Luar biasa.

Jadi, kalau anda ingin berbisnis, maka jajaki ketiga kelompok yang paling atas, yang tentunya bisa dipilah lagi ke bisnis-bisnis turunannya yang aplikabel ke bisnis rumahan, seperti internet bisnis (dalam berbagai pasar dan barang), servis komputer, kursus merakit komputer, programming, games softwares dan sebagainya.

Khusus untuk internet business, ini merupakan satu cara berbsinis paling feasible ditinjau dari permodalan dan ketersediaan informasi tentang cara berbisnis, peningkatan ketrampilan dan pengetahuan serta cakupan pasar yang global.

Internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan saat ini, karena pasarnya yang tertarget (niche marketing) dan sistem otomatisasi dalam melakukan bisnisnya. Ini membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga. Anda tak perlu modal besar, cukup kerja di rumah dengan santai tapi penghasilan yang lumayan (besar). Namun ada satu syarat, yaitu.... anda kudu tahu caranya!

Regards,
Uno Birawan