Monday, April 2, 2012

13 Tips Mengatasi Stress

Apakah stress itu?

Stress merupakan suatu bentuk reaksi tubuh kita bila menghadapi suatu beban yang senantiasa ada dan harus kita hadapi setiap saat. Beban ini, yang biasanya disebut stressor, bisa muncul dari berbagai permasalahan yang menyangkut kehidupan sehari-hari kita ini seperti perkawinan, pendidikan anak, pergaulan, pekerjaan, lingkungan, keuangan, perubahan gaya hidup, penyakit maupun pengalaman traumatis.

Stress muncul jika seseorang gagal untuk menyesuaikan diri dengan tantangan dan tuntutan yang dihadapinya. Atau dengan perkataan lain ada semacam kesenjangan antara tuntutan kehidupan dan kemampuan untuk menghadapinya. Setiap orang bisa dihinggapi stress dengan intensitas tertentu. Ada yang bisa mengatasinya dengan baik, namun banyak yang kemudian menderita gejala-gejala fisik dan mental yang merugikan.

Yang pasti, stress itu tidak bisa dihindari, sehingga satu-satunya jalan adalah dengan MENGHADAPINYA. Caranya ialah dengan mengelola stress yang menghinggapi kita. Untuk bisa mengelola stress kita harus memperkuat fisik dan mental (body and mind) diri kita. Menurut Profesor Dr. Dr. H. Dadang Hawari, kekebalan atau imunitas terhadap stress dapat ditimbulkan dengan beberapa cara. Berikut ini tips untuk menghadapi stress.

#1 - Menjaga pola makan yang baik

Makanlah secukupnya, tidak lebih tidak kurang. Terapkan menu makanan dengan kalori yang seimbang antara karbo, protein dan lemak. Rasulullah berpesan untuk tidak makan berlebihan dan berhenti makan sebelum kenyang. Ini penting untuk menghindari kegemukan atau kekurangan berat badan. Biasakan makan makanan yang hangat, karena makanan dingin bisa mengurangi imunitas kita terhadap infeksi. Makanlah secara teratur dengan jadwal pagi, siang dan malam.

#2 - Tidurlah nyenyak

Tidur merupakan obat alam terbaik untuk menyembuhkan kelelahan fisik dan mental selain merupakan kebutuhan dasar hidup kita. Yang baik ialah bila kita tidur 7 – 8 jam setiap hari atau sekurang-kurangnya 4 hari dalam seminggu untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Tidur hanya  3 – 4 jam atau kurang setiap malam akan mengurangi kekebalan dan rentan terhadap stress. Jagalah posisi kepala saat tidur untuk menghindari kekakuan leher saat bangun.

#3 - Berolah-raga secara teratur.

Sudah jadi rahasia umum kalau olaH raga itu baik untuk kesehatan, namun untuk melakukannya secara teratur diperlukan tekad kuat dan disiplin yang tinggi. Berolah raga bisa tanpa biaya dengan berjalan atau jogging dalam lingkungan anda. Berolah raga sekitar 10 – 15 menit setiap hari atau paling sedikit 2 kali seminggu atau sampai anda berkeringat sudah cukup. Jangan lUpa mandi dengan air hangat setelah berolah raga

#4 - Berhenti merokok

Ini berat bagi orang yang sudah bertahun-tahun menjadi perokok. Malah kebanyakan menganggap rokok sebagai obat stress yang bisa menenangkan pikiran dari persoalan yang lagi menimpa. Bahaya merokok sudah sangat jelas. Sebaliknya, euphoria sementara dan efek kecanduan merokok justru menyebabkan kerentanan terhadap stress. Berkurangnya kekebalan juga disebabkan karena berkurangnya nafsu makan yang mengakibatkan kekurangan gizi. 


#5 - Hindari minuman beralkokol


Minum minuman beralkohol biasanya merupakan gaya hidup sebagian orang dan dilarang oleh agama Islam untuk mengkonsumsinya. Mulai minum minuman beralkohol berpotensi untuk menjadi kebiasaan dan akhirnya terjerumus menjadi seorang alkoholik. Banyak cerita mengenaskan mengenai orang yang mati karena ketagihan dan sampai minum yang oplosan. Jadi, hindarilah, jangan coba-coba.

#6 - Jaga berat badan

Menjaga berat badaN ideal merupakan jaminan ketahanan terhadap stress. Baik kelebihan maupun kekurangan berat badan berakibat menurunnya daya tahan terhadap stress. Periksa berat ideal anda menggunakan Body Mass Index (BMI), lalu ambillah tindakan yang diperlukan untuk mengembalikan berat badan ideal anda, misalnya dengan diet dan olah raga.

#7 - Bersosialisasi

Sebagai mahluk sosial, tidak seorangpun di dunia ini bisa hidup sendiri tanpa orang lain seperti yang pernah dilakukan seorang yang namanya Robinson Crusso. Bersosialisasi atau bergaul dengan orang lain akan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stress. Cipatakan hubungan yang sehat, bersahabat dan harmonis dengan teman-teman, tetangga, sesama karyawan dan anggota keluarga yang lain. Miliki seseorang sahabat atau seseorang yang dekat sebagai tempat curhat dan berbagi rasa.

#8 - Manfaatkan waktu anda

Jangan buang waktu. Time management yang baik bagi kehidupan sehari-hari merupakan penunjang kekebalan terhadap stress. Sangat penting untuk menjadwalkan setiap kegiatan anda di rumah, sekolah atau kantor. Gunakan waktu anda secara efektif dan efisien untuk hal-hal yang produktif semata. Jangan menunda sesuatu jika bisa dikerjakan sekarang. Bagilah waktu anda secara proporsional untuk bekerja, keluarga, istirahat, olah raga, makan dan yang paling penting, luangkan waktu untuk menghadap dan mengingat Allah alias shalat dan dzikir.

#9 - Beragama secara kafah

Anutlah agama anda dengan sepenuh hati dan jiwa, karena kita sebagai manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan spiritual. Jangan jadikan agama hanya sekedar formalitas dan status. Agama atau keyakinan dapat memberikan kekuatan dan kedamaian hati dalam menghadapi tekanan dan tantangan hidup sehari-hari. Tekuni ilmu ikhlas. Telah terbukti bahwa orang yang ikhlas lebih tahan banting dan memiliki ketahanan fisik dan mental yang luar biasa

#10 - Rekreasi

Rekreasi yang sehat sesekali merupakan cara yang bagus untuk memulihkan ketahanan fisik dan mental dari suatu kehidupan yang monoton dan membosankan. Pergi untuk bersantai dengan keluarga atau teman-teman perlu dijadwalkan. Selain kesenangan, menghabiskan waktu dengan keluarga akan membuahkan keharmonisan, kedekatan, saling pengertian, cinta dan kasih antara anggota keluarga.

#11 - Mengatur keuangan yang seimbang

Seimbangkan pengeluaran dengan pendapatan anda. Jangan pernah mengeluarkan lebih dari apa yang anda peroleh. Gunakan uang anda dengan bijak dan prioritaskan untuk hal yang produktif ketimbang sekedar untuk memenuhi keinginan konsumtif. Belilah yang anda perlukan bukan yang anda inginkan. Dalam hal mencoba untuk memenuhi ambisi sosial dan karir, lakukan itu secara terkontrol sesuai kekuatan dan kelemahan, kemampuan dan keterbatasan anda.

#12 - Cinta kasih dan perhatian

Mencintai dan dicintai merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Cinta kasih dan perhatian harus dikembangkan dalam sebuah keluarga, suami, istri dan anak-anak untuk mendapatkan keharmonisan dan rasa aman. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa sekitar 80% para eksekutif mengalami stress karena adanya ketidak-harmonisan dalam keluarga

#13 - Lain-lain

Ada beberapa cara lain untuk mengatas stress dan memperkuat ketahanan fisik dan mental yakni dengan melakukan relaksasi, meditasi dan yoga. Relaksasi herbal seperti pijat, mandi dan aromaterapi juga bisa membantu pemulihan kekuatan jiwa untuk menghadapi tantangan dunia.

Selamat berjuang mengatasi stress dengan sukses!



Article by: Uno Birawan

No comments:

Post a Comment