Thursday, July 10, 2014

10 TIPS UNTUK TIDUR LEBIH BAIK

10 TIPS UNTUK TIDUR LEBIH BAIK

Cukup tidur yang berkualitas baik sangat penting untuk tetap sehat dan menjalani proses penuaan dengan baik. Masalah tidur tertentu – misalnya, sleep apnea (sesak nafas waktu tidur) – memerlukan perawatan medis. 10 langkah-langkah sederhana di bawah ini dapat membantu anda dalam mengatasi kesulitan tidur secara umum, termasuk insomnia.
1. Berpeganglah pada jadwal tidur yang konsisten dan rutin. Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Jadwal tidur yang telah di-set akan “melatih” anda untuk jatuh tertidur dan bangun lebih mudah
2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan kegiatan seks.
3. Kurangi kafein. Bagi sebagian orang, secangkir kopi di pagi hari bisa berarti tidak tidur semalaman yang menggelisahkan. Kafein juga dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil pada malam.
4. Aktif secara fisik. Latihan aerobik yang rutin seperti berjalan, berlari, atau berenang memberikan tiga manfaat tidur yang penting: anda akan lebih cepat tertidur, memperoleh porsi tidur nyenyak yang lebih banyak, dan mengurangi frekuensi untuk terbangun pada malam hari.
5. Batasi tidur siang hari. Tidur siang yang berkepanjangan dapat mengganggu siklus tidur alami anda dan mencegah anda untuk merasa cukup lelah agar jatuh tertidur.
6. jika Anda mengkonsumsi tembakau dalam bentuk apapun, berhentilah. Nikotin mempersulit untuk bisa jatuh tertidur.
7. Gunakan alkohol dengan hati-hati. Alkohol menekan sistem saraf, sehingga minum sebelum tidur mungkin membantu beberapa orang jatuh tertidur. Tapi efek ini menghilang setelah beberapa jam dan dapat mengakibatkan bangun sepanjang malam. Alkohol juga dapat memperburuk tidur mendengkur dan masalah pernapasan lain sewaktu tidur.
8. Perbaiki lingkungan tidur anda. Pindahkan televisi, telepon dan peralatan kantor dari kamar tidur. Ini memperkuat konsep bahwa ruang tidur memang semata-mata dimaksudkan untuk tidur. Suasana kamar tidur yang ideal relatif tenang, gelap, dingin, dengan tempat tidur yang nyaman dan tidak berantakan.
9. Jika anda masih bangun setelah sekitar 20 menit berada di tempat tidur, bangunlah dan membacalah beberapa waktu untuk bersantai. Jika tidak, maka anda akan terbangun terus dan hanya berguling bolak-balik.
10. Coba untuk menghindari meminum pil tidur. Jika anda harus minum resep obat tidur, tanya dokter anda bagaimana cara menggunakannya secara efektif untuk jangka waktu sesingkat mungkin

Semoga bermanfaat.
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 30 Juni 2014
Sumber: Harvard Medical School – Successful Aging, 10 Tips For Better Sleep

No comments:

Post a Comment