Saturday, July 12, 2014

ANDA PUASA? KENALI TANDA-TANDA DEHIDRASI

ANDA PUASA? KENALI TANDA-TANDA DEHIDRASI

Bila anda berpuasa maka hampir pasti anda merasakan haus, terutama menjelang siang sampai sore hari. Dan ternyata, ini merupakan reaksi dini dari dehidrasi yang merupakan signal tubuh untuk segera meningkatkan asupan air. Selain itu mekanisme tubuh juga berusaha dan mengurangi pengeluaran urin untuk mencegah kehilangan cairan. Urin menjadi lebih kental dan berwarna kuning. Dengan demikian volume cairan yang diperlukan tubuh berada dalam keseimbangan. Ini adalah reaksi alami tubuh yang terjadi, dan alhamdulillah keadaan ini dapat bertahan sampai anda berbuka puasa.
Bila tingkat kehilangan cairan tubuh meningkat, maka akan lebih banyak lagi tanda dan gejala dehidrasi yang bermunculan. Di bawah ini adalah tanda dan gejala dehidrasi lebih jauh dan lebih serius:
·         Mulut kering (Dry mouth)
·         Mata berhenti mengeluarkan air mata (mata terasa kering)
·         Berhenti berkeringat
·         Kejang-kejang otot (Muscle cramps)
·         Mual dan muntah (Nausea and vomiting)
·         Jantung berdebar-debar (Heart palpitations)
·         Kepada terasa melayang (terutama saat berdiri)
·         Rasa lemah (Weakness)
·         Menurunnya output urin
Tubuh mencoba untuk menjaga output jantung (jumlah darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh); dan jika jumlah cairan dalam rongga pembuluh darah menurun, tubuh akan mengkompensasi penurunan ini dengan menaikkan denyut jantung dan memperkecil pembuluh darah (vasokonstriksi) untuk mencoba menjaga stabilnya tekanan darah dan aliran darah ke organ-organ vital tubuh. Tubuh memindahkan aliran darah dari kulit untuk digunakan oleh organ-organ internal, sebagai contoh, otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan usus; menyebabkan kulit terasa dingin dan lembab. Mekanisme darurat untuk mengatasi keadaan dehidrasi ini mulai gagal bila tingkat dehidrasi semakin parah dan tidak segera diatasi.
Pada dehidrasi berat, kebingungan  (confusion) dan kelemahan akan terjadi karena otak dan organ tubuh lainnya menerima aliran darah yang berkurang. Pada akhirnya, koma, gagal organ dan kematian akan terjadi jika dehidrasi menetap dan tidak diobati. Oleh karena itu jangan remehkan rasa haus yang terasa. Segeralah minum dan jangan tunda. Labih baik lagi bila anda minum air putih sedikit demi sedikit secara berkala dan kontinu dalam sehari.
Khususnya di bulan puasa Ramadhan ini, pastikan anda cukup minum di waktu sahur. Satu gelas besar sesudah makan sahur bisa membantu anda untuk tidak terkena dehidrasi yang serius selama satu hari itu. Ada baiknya anda meninjau kembali kegiatan fisik yang akan banyak mengeluarkan keringat seperti berolah raga aerobic, bermain bulutangkis atau tenis dan lain-lainnya. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air. Hindari juga minuman yang bersifat diuretika (memperbanyak urin) seperti kopi, teh dan soda, sehingga tidak terjadi kehilangan cairan tubuh yang berlebihan
Semoga bermanfaat dan selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan!
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 12 Juli 2014

Sumber: Medicinenet - What are the signs and symptoms of dehydration?
Medically Reviewed by a Doctor on 7/3/2014
http://www.medicinenet.com/dehydration/page3.htm

No comments:

Post a Comment