Sunday, September 27, 2015

REFLEXI SERABUT JANTUNG

REFLEXI SERABUT JANTUNG
Penyakit jantung adalah penyakit yang sakti mandraguna di dunia ini, sampai disebut sebagai 'Pembunuh no.1 di dunia'. Bagaimana perasaan kita kalau sudah mendapat predikat 'Bapak/ibu sakit jantung' dari dr. Jantung.
Pikiran akan melayang-layang diawang-awang, bagaimana kalau HARUS di kateter, di baloon, pasang ring, di by pass, dibuka rongga dada dilihat jantungnya.
Apakah BPJS akan menanggung segala macam tindakan perawatan itu?.
Kebanyakan para penderita bersikap 'Pasif' yaitu hanyalah menunggu keputusan dokter tanpa selama ini menyadari kondisi kesehatannya.
Ternyata di 'telapak tangan kiri' kita ada sebuah titik refleksi serabut jantung yang jika di pijat secara rutin akan memberikan manfaat bagi jantung kita.
Marilah kita melakukan langkah yang pro-aktif dalam menghadapi masalah kesehatan jantung ini.
Perhatikan telapak tangan kiri dan tekuk jari tengah hingga menyentuh telapak tangan tersebut. Di titik yang tersentuh itu adalah 'Titik Refleksi Serabut Jantung', dan pijatlah dengan kekuatan tertentu memakai jari jempol kanan atau telunjuk kanan secara rutin setiap hari selama berbulan-bulan atau sampai tahunan. Akan terasa 'ber-dejir' menjalar kearah pergelangan tangan kiri sampai ke dada kiri.
Dalam keadaan gawat-darurat, jika penderita tidak ada kekuatan untuk memijat, minta bantuan keluarga untuk memijatnya sampai di UGD rumah sakit.

Pijatan ini merangsang agar jantung tetap berdenyut walaupun dalam keadaan lemah dimana dapat dilihat dari ujung-ujung jari jemari sudah membiru semua.
Pijatan tersebut akan lebih baik lagi diiringi dengan 'Dzikir' ingat kepada Allah seperti 'Subhaanallah walhamdulillaah walaa ilaha illallahu wallahu akbar'. jadi sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.
Ajal tetap ditangan Allah Subhanahu wa ta’ala, tapi kita sebagai hamba-hamba tetaplah wajib berusaha dan berikhtiar mengatasi masalah jantung ini dan dilengkapi dengan doa dan tawakkal.

Pijatlah setiap hari.

No comments:

Post a Comment