Tuesday, April 19, 2016

INDEKS GLIKEMIK

INDEKS GLIKEMIK – ACUAN BAGUS UNTUK MEMILIH KARBOHIDRAT YANG BAIK
Memilih sumber karbohidrat yang baik dapat membantu anda untuk mengontrol gula darah dan berat badan anda. Mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat yang lebih sehat juga bisa membantu menangkal terjadinya kondisi kronis seperti penyakit jantung sampai ke berbagai jenis kanker, serta diabetes.
Salah satu cara untuk memilih karboshidrat yang sehat adalah dengan melihat indeks glikemik (IG). Cara IG ini adalah dengan mengukur sebrapa banyak satu jenis makanan akan meningkatkan gula darah anda. Menggunakan indeks glikemik cukup mudah: yaitu dengan memilih makanan dengan kategori IG rendah dan menghindari makan dengan karegori IG tinggi, serta berhati-hati dengan makanan yang berada di antara dua kategori tersebut.   
Indeks Glikemik Rendah (IG 55 atau kurang):hampir semua buah-buahan dan sayuran, kacang, biji-bijian yang diproses secara minimal, pasta, susu rendah lemak makanan, dan kacang-kacangan.
Indeks Glikemik Moderat (IG 56 s/d 69): ubi jalar, singkong, jagung, nasi putih, sarapan sereal seperti krim gandum dan gandum mini.

Indeks Glikemik Tinggi (IG 70 atau lebih tinggi): roti putih, bolu kukus, lemper, sebagian besar jenis kerupuk, bagels, kue, donat, croissant, dan sarapan sereal dalam kemasan.



No comments:

Post a Comment