Wednesday, August 17, 2016

9 HAL YANG TIDAK DICERITAKAN SAAT KITA MENUA

9 Hal Yang Tidak Diceritakan Saat Kita Menua
#1 - Banyak Ilmu Pengetahuan
Para sepuh diberi julukan “Tahun Keemasan” untuk tahu tentang segala hal.  Menjadi tua berarti menjadi semakin berkarakter. Anda juga menjadi terampil menggunakan pengalaman-pengalaman masa lalu untuk menghadapi tantangan sekarang. Ini yang disebut inteligensia yang mengkristal, dan akan semakin membaik, bahkan ketika anda menapak usia 65 atau 70
#2 - Mr. Nice Guy
Pada akhirnya ternyata anda bukan seorang pria (atau wanita) tua yang galak atau suka marah-marah. Anda mungkin menjadi lebih mudah memahami dan sependapat dengan orang lain dengan bertambahnya usia, setidaknya di usia 60-an. Anda juga lebih mudah untuk merasa bahagia dan cenderung untuk jarang marah. Para ilmuwan belum tahu dengan pasti mengapa hal ini terjadi, tetapi mereka telah memiliki beberapa teori. Orang yang lebih sepuh memiliki kontrol emosi yang lebih baik, dan lebih fokus pada bagaimana membuat hidup ini lebih bermakna.
#3 - Bergaul Baik Dengan Orang Lain
Anda akan lebih mudah selaras dengan emosi orang lain pada usia 40-an dibanding dengan tahapan usia lainnya. Perasaan bagaimana orang lain berpikir dan merasakan sesuatu dapat membuat hubungan anda dengan orang yang anda kasihi menjadi lebih mudah serta membantu anda untuk bekerja sama lebih baik dengan rekan sekerja anda.
#4 - Mengapa Harus Ada Di Sana?
Pada waktu sebagian rambut kepala rontok, justru rambut bisa muncul di tempat-tempat yang tidak wajar. Misalnya, rambut yang tumbuh pada hidung dan telinga orang tua. Wanita sepuh bisa jadi akan melihat tumbuhnya rambut di atas dagu. Ini semua terjadi karena adanya perubahan yang disebabkan oleh hormon kita.
#5 - Seks Yang Lebih Memuaskan
Wanita yang lebih tua melakukan hubungan seks tidak sesering dibanding saat mereka ketika masih muda, akan tetapi mereka tampaknya lebih menikmatinya. Dalam studi pada perempuan berusia di atas 40 tahun, para peneliti menemukan bahwa kepuasan seksual menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya usia. Wanita di atas usia 80 mengatakan mereka merasa lebih puas dengan hubungan seks mereka dibanding para wanita di antara usia 55 - 79 tahun.
#6 - Bangkit Dan Bersinar
Ada kemungkinan besar anda di usia 60-an akan menjadi orang pertama yang bangun dari tidur setiap pagi. Pola tidur kita dapat berubah saat kita bertambah tua, kita menjadi lebih cepat mengantuk dan bangun lebih pagi. Dan ini berjalan dengan baik. Satu penelitian menunjukkan bahwa meskipun orang berusia lebih dari 65 cenderung bangun pada tengah malam, kebanyakan mereka berkata bahwa mereka dapat tidur dengan nyenyak setiap malam.
#7 - Hindari untuk berhenti bekerja
Pensiun dini mungkin bukanlah langkah terbaik bagi kesehatan anda, kecuali bila anda memiliki karir sampingan yang menyenangkan. Suatu penelitian berjudul Longevity Project menemukan bahwa mereka yang bekerja keras dalam satu pekerjaan yang mereka nikmati akan berusia panjang. Dan ditambah dengan teman dan sahabat yang baik dan pernikahan yang bahagia, menjadi kunci untuk hidup lebih lama.
#8 - Ketakutan Bukanlah Teman Anda
Bisa jadi anda khawatir akan terjadinya patah tulang saat usia bertambah. Dan kemungkinan besar anda memang akan jatuh terguling-guling jika anda takut akan jatuh. Satu studi menemukan bahwa sekitar sepertiga orang dewasa berusia di atas 65 mengalami ketakutan ini. Dan ini dapat dimengerti, karena jatuh adalah penyebab utama cedera untuk orang berusia lanjut
#9 - Daya Tarik Bumi
Semakin lama anda hidup, semakin tampak bahwa gravitasi menarik anda ke bawah. Ruang antara tulang di tulang belakang anda atau vertebra, akan menjadi lebih dekat satu sama lain. Hal ini dapat membuat kita sekitar satu inci lebih pendek seiring dengan bertambahnya usia.

Article Source: WebMD -  9 Things No One Tells You About Aging

No comments:

Post a Comment