Saturday, August 20, 2016

MENGAPA OBAT TEKANAN DARAH TINGGI HARUS DIMINUM MALAM HARI SEBELUM TIDUR?

Mengapa Obat Tekenan Darah Tinggi Harus Diminum Malam Hari Sebelum Tidur?

Jakarta - Mengonsumsi obat tekanan darah pada malam hari lebih baik dari pagi hari dalam mengendalikan hipertensi dan secara signifikan dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Hasil penelitian selama lima tahun ini menambah bukti yang berkembang bahwa menyesuaikan waktu dan dosis obat dengan ritme biologis tubuh dapat membantu obat bekerja lebih baik dan dengan efek samping yang lebih kecil, kata para peneliti.
Penelitian ini juga menyoroti pentingnya tekanan darah waktu tidur, prediktor paling sensitif risiko kematian seseorang akibat penyakit jantung selama periode lima tahun.
Pada orang sehat, tekanan darah menurun pada malam hari, sebesar 10 persen hingga 20 persen. Sementara mereka yang tekanan darahnya tidak turun sebagaimana mestinya pada malam hari, lebih rentan terhadap kejadian kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke.
"Penelitian ini menegaskan tekanan darah jam tidur sebagai prediktor paling relevan terhadap risiko kardiovaskular," kata ketua tim peneliti Ramon C. Hermida, direktur laboratorium bioteknologi dan kronobiologi di University of Vigo, Spanyol.
"Penurunan tekanan darah jam tidur menurun paling baik jika pengobatan dilakukan pada jam tidur," kata Hermida. "Jadi, pengaruh dari pemilihan waktu yang tepat dengan dosis obat tampaknya berkaitan langsung dengan penurunan kejadian kardiovaskular."
Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International, Hermida bersama koleganya secara acak meminta 2.156 pria dan wanita dengan tekanan darah tinggi (usia rata-rata 56) menjalani salah satu dari dua kelompok pengobatan.
Satu kelompok pasien mengonsumsi satu atau lebih obat tekanan darah pada jam tidur. Kelompok yang lain mengonsumsi semua pil mereka baik ketika bangun tidur atau saat sarapan, rekomendasi yang paling sering diberikan dokter kepada pasien mereka.
Para peneliti memonitor tekanan darah para relawan dengan interval waktu 20 dan 30 menit, tergantung pada waktu hari itu, selama 48 jam pada awal penelitian dan setidaknya sekali setahun.
Setelah lebih dari lima tahun masa penelitian, mereka yang mengonsumsi setidaknya satu pil tekanan darah pada malam hari sepertinya menuai manfaat yang signifikan. Enam puluh dua persen dapat mengendalikan tekanan darah selama periode 24 jam, dibandingkan dengan 53 persen dari mereka yang minum seluruh pil mereka di pagi hari. 
Mereka yang rutin minum setidaknya satu obat tekanan darah di malam hari mengalami kemungkinan hanya 30 persen kejadian kardiovaskular - termasuk angina, stroke dan serangan jantung - dari yang diderita mereka yang minum semua pil tekanan darah mereka di pagi hari.
Salah satu alasan obat tekanan darah lebih efektif bila diminum sebelum tidur: Obat ini mencegah pelepasan bahan kimia tersintesis selama rentang waktu tidur yang meningkatkan tekanan darah ke tingkat abnormal. Sinkronisasi obat tekanan darah terhadap jam sirkadian tubuh mengoptimalkan manfaat terapeutik obat dan kadang-kadang mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

Sumber: Go For Healthy Life

No comments:

Post a Comment