Monday, August 1, 2016

CINTA MENCIPTAKAN KEHIDUPAN

Cinta Menciptakan Kehidupan
Ini adalah sepenggal kisah nyata kehidupan Keanu Reeves – salah satu bintang Holywood terkemuka yang kaya raya dan sukses, namun memilih hidup sederhana, apa adanya, dan menyatu dengan napas kehidupan manusia di sekitarnya. Saya menerjemahkan dan mengolahnya secara bebas :
Suatu hari Keanu sedang makan siang di sebuah  café kecil. Dari jendela café Keanu melihat seorang remaja perempuan kedinginan di pinggiran jalan, tangannya memegang semacam bundelan kain. Orang berjalan lalu lalang tak menghiraukannya. Wajah gadis itu terlihat patah, letih, dan putus asa.
Saya segera menyelesaikan makan siang saya dan beranjak mendekati gadis itu. Awalnya saya ingin memberikan uang $5 padanya agar dia bisa membeli makanan. Saya heran ketika melihatnya menangis tersedu-sedu. Gadis itu sekitar 14 atau 15 tahun usianya. Dan mendadak wajah saya seperti dipukul olah godam dahsyat, ketika saya melihat bahwa bundelan itu ternyata bayi kecil mungil dengan usia sekitar 2 – 3 bulan. Saya bergegas membeli sekaleng susu dan mangajak gadis itu masuk ke dalam café kecil tadi. Gadis itu mengucapkan terima kasih sembari melahap burger serta es krim yang saya belikan.
Beberapa saat kemudian, situasi menjadi lebih cair dan gadis itu bercerita bahwa ia berusia 15 tahun, hamil dan orangtuanya sangat murka. Kisah  klasik. Akhirnya gadis itu lari dari rumah dan pelariannya sudah berlangsung selama sebulan. Ketika saya tanya apakah ia ingin pulang – gadis itu hanya terdiam. Dia berkata orang tuanya pasti tak mau menerimanya. Terlebih lagi ia mencuri $5,000 uang ayahnya meski akhirnya semuanya itu lenyap di tengah kehidupan jalanan yang keras. Dia tak ingin kembali pulang, ia takut tak satupun orang di rumah menginginkannya lagi.
Kami bicara lebih dalam.  Saya tawarkan untuk memakai telepon saya menghubungi rumahnya, dan awalnya ia menolak. Dia ragu-ragu dan bahkan ketakutan. Namun akhirnya ia bersedia dan mulai memencet nomer. Namun sayalah yang pertama bicara….…dan ternyata ibunya yang mengangkat telepon. Setelah memperkenalkan diri, saya sampaikan pelahan bahwa putrinya ingin bicara dengannya. Hening sesaat…lalu terdengarlah isak tangis di seberang sana.
Saya berikan telepon saya pada gadis itu dan ia hanya diam mendengarkan ibunya menangis…lalu pelahan ia menyapa : “Hi mom....…” Sesaat kemudian gadis itu juga menangis. Ibu dan anak itu bicara sembari menangis.....lalu ia mengambalikan telepon kepada saya. Saya berbicara lebih jauh dengan ibunya. Selanjutnya saya mengantar gadis itu ke stasiun bis, membelikannya tiket dan memberinya uang $100 untuk bekal perjalanan, termasuk untuk membeli susu, diapers dan lain-lain.
Setelah di dalam bis yang akan membawanya pulang, gadis itu kembali menangis dan mengucapkan terima kasih berkali-kali. Saya mencium keningnya, memeluknya, mencium bayinya …lalu melajulah bis itu semakin menjauh meninggalkan saya.
Sejak hari itu saya menerima kartu Natal dari gadis itu setiap tahunnya. Ia sekarang berusia 21 tahun dan sudah kuliah. Saya tak pernah menceritakan kisah ini sebelumnya pada siapapun. Saya hanya merasa bahagia telah melakukan sesuatu yang baik di dunia ini. Berubahlah, lakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kau harapkan akan terjadi di dunia ini, di duniamu.
Dari kisah hidup Keanu Reeves kita belajar, betapa kita bisa mengubah dunia, membuat hidup kita dan orang lain menjadi penuh cinta. Dan cinta ternyata mengubah segalanya, memberikan kehidupan, bahkan menciptakan kehidupan. Jadi benarlah yang dikatakan :  hidup itu cinta dan cinta itu hidup.
Demikianlah kehidupan diciptakan dan berlangsung

No comments:

Post a Comment