Tuesday, November 20, 2018

MEMBANGUN INNER-STRENGTH

MEMBANGUN INNER-STRENGTH
Jika kita pernah berkunjung ke Rocky Mountains di Colorado tepatnya di bukit terjal menuju puncaknya yang disebut sebagai “Long’s Peak” Kita akan melihat sebuah pohon raksasa yang tumbang dan tinggal hanya sisa-sisa batang yang tingginya sekitar 1 meter, masih tegak berdiri disana.
Menurut para ahli tanaman dan lingkungan hidup disana. Pohon tersebut hidup lebih dari empat ratus tahun lamanya disana. Pohon itu tumbuh ketika Columbus mendarat di San Salvador. Tumbuh dewasa ketika para pelancong mulai migrasi dan tinggal di Plymouth.
Selama masa hidupnya pohon raksasa tersebut sering terkena hamtaman petir. Tidak kurang dari 14 kali pohon tersebut terhantam petir, namun ia tetap bertahan hidup. Demikian juga ratusan longsor yang terjadi selama 4 abad itu juga badai dan angin keras yang menerpanya… Tapi itu semua malahan memperkuat akar pohon tersebut.
Hingga suatu ketika pasukan kumbang datang dan mulai menyerang pohon tersebut hingga tumbang. Serangga tersebut memakan batangnya dan merusak “Inner Strength” dari pohon tersebut, sekalipun serangga ini sangat kecil dibandingkan pohon raksasa tersebut. Namun dengan persistensinya dan terus menerus ia merusak bagian dalam pohon tersebut dan merubuhkannya.
Kumbang, adalah serangga yang kecil, yang bahkan dengan injakan kaki kita saja, kita dapat membunuhnya. Namun bisa menghancurkan pohon raksasa yang tahan terhadap cuaca, badai, dan kuat seperti baja.
Cerita ini seharusnya adalah sebuah peringatan untuk kita semua. Negara, Perusahaan, juga diri Kita semuanya akan dapat survive atau selamat sekalipun keadaan krisis seperti apa pun juga. Bencana Alam, Kesulitan ekonomi dll. Namun Negara, Perusahaan dan juga diri Kita akan hancur jika ada “kumbang-kumbang” di dalam kita yang “Toxic”, meracuni dari dalam dan merusak INNER-STRENGTH-nya.
Apa Racun yang dapat merusak tersebut? Racun tersebut adalah: Kecemburuan, Marah, Kebencian, Pikiran picik dan Kenegatifan emosional lainnya.
Mari kita bahu membahu, membangun kekuatan di dalam kita. Kita konsolidasi, kita saling mengerti, saling menghormati. Buang racun-racun yang dapat merusak INNER-STRENGTH kita. Jangan karena ada yang jahat pada kita, lalu kita juga harus berbuat jahat padanya. Buanglah kemarahan-kemarahan kita, buang kebencian kita. Think positively…
Di hari menjelang Ramadhan, saya ingin mengucapkan bagi seluruh saudara saya yang beragama Islam, selamat menjalankan Ibadah Puasa.
Mari kita tinggalkan kebencian-kebencian, kemarahan dan hal-hal negatif lainnya (jika ada). Kita galang persaudaraan, persatuan… sebab kita ini satu. Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa… INDONESIA.
Mari membangun “Inner-strength” kita… Kebersamaan dalam Persatuan yang indah…
“No matter what kind of challenges or difficulties or painful situations you go through in your life, we all have something deep within us that we can reach down and find the inner strength to get through them.” Alana Stewart
Sekali lagi, selamat menunaikan ibadah puasa dan memaksimalkan ibadah-ibadah lainnya di Bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan bathin
Wasallamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
M. Bambang Irawan, 1/66

No comments:

Post a Comment