Tuesday, April 28, 2020

APAKAH PEMERINTAH CHINA DENGAN SENGAJA MENGEKSPOR COVID-19 KE SELURUH DUNIA?

APAKAH PEMERINTAH CHINA DENGAN SENGAJA MENGEKSPOR COVID-19 KE SELURUH DUNIA?

28-Apr-2020

Daniel Bell, Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Administrasi Publik, 

Universitas Shandong.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada suatu jumpa-pres pada 18 April bahwa Beijing harus tahu konsekuensi nya jika "secara sadar bertanggung jawab" atas pandemi virus corona. Dari mana datangnya tuduhan seperti itu? Anehnya, itu bukan hanya dari pikiran subur para ahli teori konspirasi yang tidak jelas atau penulis skenario Hollywood.

Klaim semacam itu juga dipublikasikan di organisasi media arus utama. Niall Ferguson adalah seorang sejarawan dan intelektual terkemuka. Saya sangat menghormati karya akademisnya. Jadi, itu merupakan kejutan besar ketika dia menulis kolom untuk Sunday Times (London) pada 5 April berjudul "Mari Zoom Xi Jinping. Dia punya pertanyaan yang harus dijawab tentang coronavirus."

Pemerintah China memang melakukan kesalahan besar pada awal krisis coronavirus dan Ferguson mengajukan beberapa pertanyaan yang sah. Saya telah membuat poin serupa dalam dua komentar yang mengkritik keras otoritas Tiongkok.

Tapi dia mengajukan pertanyaan yang menonjol dari yang lain: "setelah menjadi jelas bahwa ada epidemi yang menyebar dari Wuhan ke seluruh provinsi Hubei, mengapa memutuskan perjalanan dari Hubei ke seluruh Cina - pada 23 Januari - tetapi tidak dari Hubei ke seluruh dunia?"

Kekuatan pertanyaannya terletak pada asumsi faktual bahwa Cina mengizinkan penerbangan dari Wuhan ke seluruh dunia tetapi tidak ke seluruh Cina setelah 23 Januari. 

Tetapi apakah itu fakta?

Untuk mendukung tuduhan itu, Ferguson menambahkan, "Januari selalu merupakan bulan puncak untuk perjalanan dari China ke Eropa dan Amerika karena liburan tahun baru di bulan itu. Sejauh yang saya tahu dari data yang ada, bagaimanapun, penerbangan langsung reguler dari Wuhan terus berlanjut ada untuk ke London, Paris, Roma, New York dan San Francisco sepanjang Januari dan dalam beberapa kasus hingga Februari. "

Saya terkejut dengan tuduhan bahwa China mengizinkan penerbangan langsung reguler dari Wuhan ke kota-kota di Amerika Serikat dan Eropa setelah China memotong penerbangan dari Wuhan ke seluruh China.

Mengapa itu penting? 

Jika pemerintah China memang mengizinkan penerbangan reguler dari Wuhan ke negara-negara Barat setelah 23 Januari, itu menunjukkan pemerintah China sengaja mengizinkan, bahkan mendorong, penyebaran virus ke lima kota di negara-negara Barat setelah mencoba mengendalikannya di Cina.

Tidak mengherankan, artikel Ferguson membangkitkan minat besar di seluruh dunia. 

Di Amerika Serikat, itu di-tweet oleh kaum liberal dan konservatif terkemuka. Surat kabar terkemuka Kanada, Globe and Mail, menerbitkan versi singkat dari komentar tersebut. Situs web dari dunia Arab dan Afrika mempublikasikan dugaan Ferguson tentang diizinkannya penerbangan reguler dari Wuhan ke seluruh dunia setelah dihentikan di China.

Bingung, saya memutuskan untuk bertanya kepada Ferguson sendiri apakah tuduhan itu benar (saya termotivasi oleh rasa ingin tahu pribadi dan kepedulian akan kebenaran, dan saya tidak bertindak dengan atau atas nama orang lain). Saya naif tentang politik Tiongkok di masa lalu, dan mungkin saya naif lagi. Jadi saya mengiriminya email sopan, menanyakan apakah dia memiliki bukti untuk mendukung klaim bahwa penerbangan reguler terus dari Wuhan ke seluruh dunia berlanjut setelah 23 Januari.

Ferguson menjawab, "Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya tidak akan menulis kalimat seperti itu jika saya belum meneliti secara menyeluruh." Untuk mendukung klaimnya, dia mengirimi saya beberapa bukti.

Tetapi sumber yang dia kirim tidak mendukung tuduhan bahwa ada penerbangan komersial reguler dari Wuhan ke AS dan Eropa setelah 23 Januari dan "dalam beberapa kasus hingga Februari." Ferguson mengirimi saya tautan ke kisah New York Times ini. Anehnya, artikel ini mencakup satu kalimat yang menunjukkan kebalikan dari apa yang diklaim Ferguson: "Scott Liu, 56, penduduk asli Wuhan dan importir tekstil yang tinggal di New York, mengambil penerbangan komersial terakhir, pada 22 Januari."

Ferguson juga mengirim tautan ke artikel Nikkei. Artikel ini menyebutkan bahwa group-tour berlanjut keluar dari Tiongkok hingga 27 Januari tetapi tidak mengatakan apa-apa tentang pesawat yang berangkat dari Wuhan ke kota-kota di luar China setelah 23 Januari.

Profesor Ferguson mengirimi saya dua catatan FlightStats tentang penerbangan dari Wuhan pada Januari atau Februari. Catatan FlightStats tampaknya menunjukkan bahwa 31 penerbangan berangkat dari Wuhan ke kota-kota di AS dan Eropa pada atau setelah 23 Januari. Tetapi catatan yang sama menunjukkan bahwa "keberangkatan landasan pacu" dan "keberangkatan landasan pacu aktual" di Wuhan kosong untuk semua penerbangan yang berangkat ke kota-kota lain setelah yang meninggalkan Wuhan ke Paris pukul 11:26 pagi pada 23 Januari. Dan 26 dari 31 penerbangan yang terdaftar setelah 23 Januari berwarna merah.

Jadi saya melakukan pencarian pada aplikasi bahasa Cina yang disebut Umetrip, yang disediakan oleh CAACNEWS. Saya memeriksa semua penerbangan yang terdaftar di spreadsheet yang dikirim Profesor Ferguson kepada saya. Ternyata tidak ada satu pun penerbangan yang konon berangkat dari Wuhan setelah 11:26 pada 23 Januari yang benar-benar berangkat dari Wuhan. Penerbangan yang terdaftar sebagai merah pada spreadsheet Ferguson dibatalkan. Enam terdaftar dikolom kiri memang hitam, tetapi dari Guangzhou dan biasanya dalam waktu normal akan singgah di Wuhan dalam perjalanan ke SFO tetapi singgah itu dibatalkan. Aplikasi ini menunjukkan jalur penerbangan sebenarnya dari penerbangan tersebut sebagai langsung dari Guangzhou, tanpa melewati Wuhan.

Singkatnya, "data yang ada" yang disediakan oleh Profesor Ferguson tidak menunjukkan bahwa "penerbangan langsung reguler dari Wuhan terus berjalan ke London, Paris, Roma, New York dan San Francisco sepanjang Januari dan dalam beberapa kasus hingga Februari." *Catatan data menunjukkan bahwa penerbangan dari Wuhan ke seluruh dunia berhenti sekitar tengah hari pada 23 Januari, hari yang sama China menghentikan penerbangan dari Wuhan ke seluruh Cina*

Namun, dalam komunikasi email berikutnya, Profesor Ferguson menambahkan poin baru yang tidak disebutkan dalam artikel aslinya. Dia mengklaim bahwa penerbangan dari Wuhan mendarat di Moskow pada 26, 29 dan 31 Januari, dan 2 dan 5 Februari.

Faktanya, tidak ada bukti seperti itu. 

Pada FlightStats yang disediakan oleh Profesor Ferguson, catatan menunjukkan bahwa "keberangkatan landasan pacu" dan "keberangkatan landasan pacu aktual" di Wuhan kosong untuk semua penerbangan yang berangkat ke kota-kota lain setelah satu yang meninggalkan Wuhan ke Paris pada pukul 11:26 pagi pada 23 Januari, termasuk lima penerbangan ke Moskow.

Saya memeriksa penerbangan-penerbangan itu lagi ke Moskwa dan ini merupakan situasi yang sama dengan penerbangan-penerbangan lainnya yang berwarna hitam setelah 23 Januari: lima penerbangan yang seharusnya berangkat dari Wuhan ke Moskwa benar-benar pergi dari Guangzhou. Saya memeriksa jalur penerbangan pada aplikasi China Civil Aviation dan itu menunjukkan penerbangan yang berangkat dari Guangzhou dan tidak berhenti di Wuhan. (Saya memeriksa lima penerbangan ke Moskow dan jarak yang dicantumkan adalah 7.010 kilometer. Jarak penerbangan dari Wuhan ke Moskow pada 19 Januari adalah 6.429 km. Jadi cukup jelas penerbangan yang tersisa dari Guangzhou ke Moskow, bukan dari Wuhan.)

Ferguson terus mendukung tuduhannya bahkan setelah saya menunjukkan bahwa bukti yang diberikannya tidak mendukungnya. Itu mengkhawatirkan. Teori konspirasi semacam ini mengalihkan perhatian dari apa yang sebenarnya salah. Dan itu memicu demonisasi sistem politik Tiongkok pada saat kita membutuhkan kolaborasi antara Cina dan seluruh dunia untuk menghadapi pandemi.

Pembaruan (22 April 2020):

Dalam tanggapannya, Ferguson mengakui bahwa dia salah menuduh bahwa penerbangan reguler berangkat dari Wuhan ke seluruh dunia setelah 23 Januari, yang saya tanyakan kepadanya karena akan menyarankan upaya yang disengaja oleh pemerintah Cina untuk mengizinkan, bahkan mendorong, penyebaran virus ke seluruh dunia.

Berikut adalah respons penuh Ferguson: 

http://www.niallferguson.com/blog#.Xp76zROZbVE.link

Dan inilah bagian-bagian penting dari tanggapannya: "Data dari sensor yang melacak jalur penerbangan yang sebenarnya tampaknya menunjukkan bahwa tidak ada penerbangan lagi dari Wuhan sendiri ke negara-negara lain di dunia setelah 23 Januari ... Bahkan jika dipertimbangkan, kemungkinan besar tidak ada penerbangan yang meninggalkan Wuhan ke tujuan domestik atau negara asing setelah 23 Januari. "

Mengingat bahwa ia telah berubah pikiran dalam menanggapi bukti (hanya dalam menanggapi tantangan publik dan tanpa secara terbuka mengakui bahwa ia telah berubah pikiran), saya dengan senang hati saya batalkan implikasi saya bahwa ia adalah ahli teori konspirasi. Sepertinya dia bersalah hanya karena riset yang ceroboh. Seperti yang disebutkan, tidak ada "bukti" yang ia kirimkan kepada saya mendukung tuduhannya. Artikel yang dia kirimkan tidak mendukung dugaan dan catatan FlightStats secara eksplisit menunjukkan bahwa "perkiraan keberangkatan landasan" dan "keberangkatan landasan aktual" di Wuhan kosong untuk semua penerbangan yang berangkat ke kota-kota lain setelah 23 Januari.

Saya ingin mencatat bahwa saya tidak memiliki permusuhan pribadi terhadap Profesor Ferguson. Justru sebaliknya. Saya suka dia sebagai pribadi. Email awal saya adalah pertanyaan yang sopan dan terus terang, saya berharap dia memberikan bukti yang mendukung kasusnya karena saya menghormati researchnya. Jika bukti tidak mendukung kasusnya, dia bisa mengirim balasan dengan sopan mengakui kesalahannya. Saya kemudian akan mengubur masalah ini. Ini bukan pertama kalinya akademisi melakukan kesalahan. 

Tetapi dia memilih untuk tetap dengan keras kepala menangani kasusnya dan dalam email terakhirnya dia bahkan punya chutzpa untuk mengatakan bahwa saya berutang permintaan maaf kepadanya. Mengingat bahwa tuduhannya dibagikan secara luas dan diterbitkan ulang dan konspirasi nyata menggunakan teori "berita palsu" bahwa pesawat terbang keluar dari Wuhan ke seluruh dunia bahkan setelah dilarang terbang di China, saya merasa perlu untuk go public. (Catatan: Saya menulis kepada Sunday Times of London yang menerbitkan kolom aslinya meminta koreksi tetapi mereka belum menjawab; tampaknya “fact checker”mereka tidur dan mereka mungkin terlalu malu untuk mengakuinya.)

Tanggapan Profesor Ferguson memiliki lebih banyak kesalahan. Dia mengklaim saya "seorang ilmuwan politik Amerika." Faktanya, saya warga negara Kanada dan disiplin saya adalah teori politik.

Jawabannya kemudian merangkum buku saya "Model Tiongkok: Meritokrasi Politik dan Batas-Batas Demokrasi" yang diterbitkan oleh Princeton University Press pada tahun 2015. "Paragraf" satu paragrafnya memberikan kesan yang sangat menyesatkan dari argumen utama. Pembaca mungkin mendapat kesan saya seorang pembela sistem politik di Tiongkok. Faktanya, argumen utama saya adalah bahwa ideal dari meritokrasi demokratis vertikal adalah tepat untuk menilai kemajuan dan kemunduran politik China, bahwa ada kesenjangan besar antara ideal dan kenyataan, dan buku saya mengusulkan cara-cara menutup, atau meminimalkan kesenjangan itu. Saya membela ideal daripada kenyataan.

Akhirnya, Profesor Ferguson mengklaim yang disebutkan di atas adalah "buku terbaru saya". Sebetulnya, buku saya yang terbaru, ditulis bersama dengan Wang Pei, berjudul "Just Hierarchy: Why Hierarchy Social Matters Matters in China and the Rest of the World" dan diterbitkan oleh Princeton University Press awal tahun ini. Ironisnya, saya merujuk pada karya Profesor Ferguson tentang hierarki dalam buku saya tentang topik itu. Sekarang saya menyadari bahwa kami mematuhi standar riset yang berbeda, saya akan ragu untuk merujuk karyanya di masa depan.

Diterjemahkan dari OPINION, CGTN 28-Apr-2020

https://news.cgtn.com/news/2020-04-28/Did-China-deliberately-export-COVID-19-to-the-rest-of-the-world--Q2oGomPRss/index.html


No comments:

Post a Comment