Friday, January 17, 2014

7 CARA NGEMIL YANG LEBIH SEHAT

7 CARA NGEMIL YANG LEBIH SEHAT
Apakah anda terpikir untuk meningkatkan kualitas cemilan anda dalam rangka pola makan yang lebih sehat? Mungkin anda sudah mengganti permen dengan sebuah cemilan berenergi atau telah menjadi penggemar keripik kentang panggang atau es krim tanpa lemak. Mungkin anda  bersedia untuk membayar lebih untuk cemilan dengan label yang mencantumkan kata “organik” atau “alami”
Sangatlah bagus untuk memilih cemilan dengan bijaksana. Tapi ternyata banyak makanan yang tampaknya mengandung nilai gizi tinggi ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Kue muffin gandum dan cemilan sereal mungkin saja diproduksi dengan tambahan lemak yang tidak sehat gula berlebihan. Kenyataan lainnya, makanan yang diklaim bebas lemak sering kali mengandung banyak tambahan garam dan gula.
Di sini ada 7 tips untuk cara ngemil yang lebih sehat

#1 - Pilih cemilan dari gandum. Cemilan gandum seperti chips pretzels atau tortilla dengan kandungan rendah garam dan tinggi serat atau sereal gandum bisa memberikan anda enerji dan kekuatan.

#2 - Manfaatkan makanan sarapan. Banyak jenis makanan untuk sarapan dapat dimanfaatkan sebagai cemilan bergizi untuk dimakan agak siangan. Misalnya sepotong roti gandum panggang yang diolesi selai rendah garam?

#3 - Mencoba kombinasi “kandungan tinggi-rendah”. Memadukan sejumlah kecil cemilan yang mengandung lemak sehat, seperti selai kacang, dengan jumlah lebih besar dari jenis-jenis makanan yang lebih ringan, seperti irisan apel atau batang seledri (lihat gambar)


#4 - Pilih kacang-kacangan. Kacang-kacangan dan biji-bijian tanpa garam merupakan cemilan yang baik. Almond, kenari, kacang, biji labu panggang, kacang mede, hazelnut dan kacang-kacangan biji-bijian lainnya mengandung zat gizi yang bermanfaat dan membuat anda merasa kenyang (tidak seperti chips atau pretzels yang tidak membuat kenyang). Namun kacang memiliki banyak kalori, sehingga hindari terlalu banyak mengkonsumsinya..


#5 - Cemilan combo. Cobalah untuk menyantap lebih dari satu makronutrient (yaitu protein, lemak, karbohidrat) setiap kali ngemil. Misalnya, kacang (protein dan lemak) dengan anggur (karbohidrat). Cobalah beberapa kerupuk gandum atau emping jagung (karbohidrat) dengan kehu rendah lemak (protein dan lemak). Cemilan seimbang ini cenderung akan membuat anda merasa puas.

#6 - Mengemil dengan sadar. Hindari ngemil sambil melakukan sesuatu yang lain seperti browsing internet, menonton tv, atau bekerja di meja anda.. Sebaiknya, hentikan apa yang sedang anda lakukan selama beberapa menit dan nikmati cemilan anda seperti sedang santap kecil.

#7 - Bawalah cemilan anda. Bawalah sebuah kantong kecil berisi cemilan ringan dan sehat di saku atau tas anda sehingga anda tidak perlu terpaksa untuk membeli permen atau biskuit di kantin kantor anda atau mesin penyedia cemilan.

Semoga bermanfaat


Wassalam, Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment