Tuesday, January 28, 2014

SALAD, PILIHAN SEHAT SANTAP SIANG

SALAD, PILIHAN SEHAT SANTAP SIANG
Dari restoran cepat saji dan meledaknya warung gaul dengan sandwich tinggi kalori dan salad bar yang menyediakan bermacam bahan racikan yang tinggi lemak dan tinggi gula, maka makan siang dapat menjadi arena yang penuh godaan bagi mereka yang ingin makan sehat dan diet seimbang.
Tapi makan siang yang sehat dan menyenangkan tetap bisa terwujud . Tips sederhana berikut ini bisa membantu.
Santap siang anda harus mengandung cukup protein, karbohidrat dari gandum, sayur dan buah-buahan. Sekitar setengah dari piring anda harus berupa sayuran atau buah; seperempat harus makanan cukup protein seperti ikan, ayam, tahu, tempe, kacang, atau keju rendah lemak; dan seperempat harus produk biji-bijian, seperti sepotong roti gandum atau setengah cangkir beras merah, pasta gandum. Anda bisa memasukan sejumlah kecil lemak sehat, seperti satu sendok makan minyak dan cuka untuk salad
Salad merupakan pilihan yang bagus untuk santap siang, tapi anda perlu berhati-hati. Salad dressing yang reguler, keju, dan salad berbasis mayonnaise (seperti salad tuna, ayam, dan telur) dapat mengandung lemak yang tidak sehat, juga kandungan gula dan garam yang tersembunyi. Belum lagi banyaknya kalori yang terkandung dalam jenis-jenis salad tersebut. Di bawah ini ada beberapa trik untuk menyantap salad yang sehat bagi makan siang anda .
Langkah 1: Pilihlah bahan makanan berbasis sayur. Isilah piring anda dengan dedaunan hijau dan sayuran mentah atau panggang.
Langkah 2: Tambahkan sedikit protein. Misalnya beberapa sendok kacang garbanzo atau kacang merah. Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang sangat baik dan mengenyangkan. Pilihan yang baik lainnya bisa ayam panggang, keju rendah lemak, atau telur cincang. Ambillah keju secukupnya. Sedikit taburan keju yang beraroma kuat seperti feta atau parmesan dapat menambah rasa namun hanya sedikit menambah kalori.
Langkah 3: Tambahkan sedikit lemak sehat. Percikkan minyak pada kacang dan biji-bijian. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh kadar tinggi dan protein sehat yang baik untuk kesehatan jantung, juga memberikan perasaan kenyang, serta membantu makanan tinggal dalam perut lebih lama. Anda juga bisa memilih sedikit minyak dan cuka.

Langkah 4: biji-bijian dan buah merupakan tambahan yang baik sebagai campuran salad yang kreatif. Pilihlah biji-bijian seperti gandum barley atau gandum bulgur untuk ditaburkan di atas salad. Atau anda bisa menambahkan beberapa irisan buah.

Semoga bermanfaat

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment