Friday, August 22, 2014

TIPS SEDERHANA UNTUK MELINDUNGI PERSENDIAN ANDA

RADANG SENDI - TIPS SEDERHANA UNTUK MELINDUNGI PERSENDIAN ANDA

Profesional kesehatan merupakan bagian penting dalam pengelolaan arthritis atau radang sendi. Sebagai contoh, dokter anda dapat memastikan bahwa anda mengguakan obat-obatan yang tepat, dan terapis fisik dapat membantu anda menemukan cara-cara yang aman dan efektif untuk berolah raga dan memodifikasi kegiatan anda sehari-hari sesuai sikon kesehatan anda. Namun pada akhirnya, tugas sehari-hari mengelola arthritis jatuh kepada anda sendiri.
Salah satu aktifitas dalam mengelola arthritis adalah dengan menyesuaikan rutinitas harian anda guna mengurangi tekanan pada persendian anda. Teknik berikut dapat membantu anda menghindari kekakuan dan meringankan beban pada persendian anda.
#1 – Teruslah bergerak. Hindari bertahan pada satu posisi terlalu lama. Ketika bekerja di meja, misalnya, bangkitlah dan lakukan peregangan setiap 15 menit. Lakukan hal yang sama saat duduk di rumah membaca, menonton televisi atau bekerja di depan komputer anda  
#2 – Minimalkan tekanan pada sendi anda. Hindari posisi atau gerakan yang memberikan tekanan tambahan pada sendi. Sebagai contoh, membuka tutup stoples yang ketat bisa menyulitkan jika anda menderita artritis pada tangan. Salah satu solusinya adalah meletakkan stoples pada sehelai kain, lalu bersandarlah pada toples menggunakan telapak tangan anda, dan putarlah tutupnya menggunakan gerakan bahu. Lebih baik lagi, membeli sebuah pembuka stoples dinding (wall-mounted jar opener) yang bisa mencengkeram tutupnya, menjadikan kedua tangan bebas untuk memutar stoples.
#3 – Temukan kekuatan anda. Gunakan sendi dan otot-otot anda yang terkuat untuk keperluan anda. Untuk melindungi sendi jari dan pergelangan tangan, doronglah pintu yang berat untuk membukanya dengan sisi lengan atau bahu. Untuk mengurangi tekanan pada pinggul atau lutut pada saat menaiki dan menuruni tangga, jejakkan kaki yang lebih kuat terlebih dahulu untuk naik tangga dan kaki yang lemah lebih dahulu saat turun tangga.
#4 – Buatlah rencana ke depan. Sederhanakan hidup anda sebanyak mungkin. Hilangkan kegiatan yang tidak perlu (misalnya, dengan membeli pakaian yang tidak perlu disetrika). Aturlah wilayah pekerjaan dan penyimpanan anda; simpanlah barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Simpanlah duplikasi barang-barang rumah tangga di beberapa tempat; sebagai contoh, simpanlah dengan perlengkapan pembersih di dapur dan semua kamar mandi.

#5 – Gunakan barang-barang yang bisa menghemat tenaga dan alat-alat bantu yang sesuai. Di dapur, gunakan pembuka kaleng dan mixer listrik. Di kamar mandi, kuurangi menggosok ubin dengan menggunakan pembersih toilet otomatis, dan untuk shower atau bak, gunakan cairan pembasmi jamur. Perangkat lainnya di pasaran dapat membantu anda menghindari gerakan membungkuk atau menggapai yang tidak perlu.

#6 – Lakukan modifikasi lain pada rumah anda. Menggunakan roda-roda pada furnitur dapat memudahkan kegiatan membersihkan rumah. Pastikan tempat tidur anda memiliki ketinggian yang tepat sehingga memudahkan anda untuk naik dan turun dari tempat tidur. Tempatkan semacam bangku (dingklik) untuk berendam dalam bathtub atau shower yang merupakan ide yang baik untuk orang-orang yang menderita arthritis di kaki.

#7 – Mintalah bantuan. Berilah pengertian kepada orang sekeliling anda dengan menjelaskan anggota keluarga dan teman-teman tentang arthritis anda serta keterbatasan yang anda miliki membebankan untuk memperoleh dukungan mereka. Mintalah bantuan untuk tugas-tugas tertentu.

Semoga bermanfaat.

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 22 Agustus 2014

No comments:

Post a Comment