Thursday, August 28, 2014

7 HAL SEDERHANA KEHIDUPAN

7 HAL SEDERHANA KEHIDUPAN
LIFE'S SIMPLE 7

Tahukah anda bahwa ada tujuh hal mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu mengendalikan risiko terkena penyakit jantung? Kelolalah risiko jantung anda dengan memahami 7 hal sederhana


#1 -  BERGIATLAH

Kegiatan fisik harian meningkatkan lamanya dan kualitas hidup Anda. Jika anda melakukan aktivitas fisik yang moderat minimal 30 menit setiap hari (seperti jalan cepat), lima kali seminggu, anda hampir pasti bisa menjamin diri anda sendiri untuk memperoleh hidup yang lebih sehat dan lebih memuaskan, dan sementara itu, juga menurunkan risiko anda untuk terserang penyakit jantung, stroke dan diabetes.  

Yang harus dilakukan ialah mulai dengan mempelajari dasar-dasar tentang kebugaran. Selain itu, anak-anak membutuhkan 60 menit per hari setiap hari untuk beraktivitas fisik. Jadi carilah cara untuk melakukan latihan bersama anak-anak anda untuk membantu memastikan kesehatan jantung mereka selain anda sendiri

#2 – KENDALIKAN KADAR KOLESTEROL DARAH ANDA
Bila anda mengendalikan kadar kolesterol darah anda, itu artinya anda memberi arteri anda kesempatan terbaik untuk tetap bebas dari penyumbatan. Kolesterol adalah semacam zat lilin yag digunakan tubuh kita untuk membuat beberapa hormon dan membran sel, namun bila anda memiliki terlalu banyak kolesterol jahat (LDL = Low Density Lipoprotein), ia akan bergabung dengan sel darah putih dan membentuk plak dalam pembuluh darah arteri dan vena. Penyumbatan inilah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
Yang harus dilakukan ialah menurunkan kolesterol dengan diet dan makanan yang rendah kolesterol atau berkhasiat menurunkan kolesterol.
#3 -  MAKAN DENGAN CARA LEBIH BAIK
Makanan yang sehat adalah bahan bakar yang digunakan oleh tubuh kita untuk membuat sel-sel baru dan membangun energi yang kita butuhkan untuk beraktifitas dan memerangi penyakit. Jika anda sering tidak menyantap sayuran, buah, susu rendah lemak, bijian kaya serat, daging putih, termasuk ikan, tubuh anda akan kehilangan unsur-unsur asupan dasar untuk bisa hidup sehat.
Yang dapat dilakukan ialah merubah cara makan yang lebih baik:

  • Perhatikan apa yang anda makan saat menyantap makanan harian
  • Makan sayuran dan buah-buahan
  • Makan makanan mentah, yang kaya serat seperti gandum
  • Makan ikan dua kali seminggu
  • Mengurangi gula dan lemak jenuh

#4 - MENJAGA TEKANAN DARAH
Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah faktor risiko utama untuk terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ketika tekanan darah anda tetap berada dalam rentang sehat, maka ini berarti anda mengurangi ketegangan pada jantung, arteri dan ginjal yang menjaga tubuh anda lebih sehat lagi.
Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, membuat aliran darah melalui arteri mengalir terlalu kuat dan memberi tekanan pada dinding arteri yang menjadi meregang hingga melampaui batas kekuatan mereka dan menyebabkan robekan-robekan yang sangat kecil pada dinding arteri. Tubuh kita kemudian beralih ke moda penyembuhan cedera untuk memperbaiki robekan-robekan kecil ini dengan jaringan parut. Tapi sayangnya, jaringan parut ini menangkap plak dan sel darah putih yang menggumpal menyebabkan penyumbatan, pembentukan bekuan darah, dan pengerasan serta pelemahan arteri.
Yang dpat dilakukan untuk menjaga tekanan darah:
  • Menerapkan diet jantung sehat, yang meliputi mengurangi asupan natrium )garam, minuman bersoda, kue-kue panggang)
  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat
  • Mengelola stres, membatasi minum alkohol dan menghindari asap tembakau.

#5 – MENURUNKAN BERAT BADAN
jika anda memiliki terlalu banyak lemak - terutama jika banyak lemak menumpuk pada pinggang – maka anda berada pada risiko tinggi untuk masalah-masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah tinggi (hiperkolesterolemia) dan diabetes. Jika anda kelebihan berat badan atau obesitas, anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung jika anda berhasil menurunkan berat badan dan menjaga berat badan normal. Bahkan kehilangan beberapa kilogram, lima atau sepuluh kilogram, dapat menghasilkan penurunan tekanan darah yang dramatis.
Yang terlebih dahulu harus dilakukan ialah menghitung mass index tubuh (body mass index (BMI)) anda untuk membantu menentukan apakah anda perlu menurunkan berat badan atau tidak. Gunakan BMI Calculator
#6 – MENGURANGI KADAR GULA DARAH
Sebagian besar makanan yang kita makan dirubah menjadi glukosa (atau gula darah) yang digunakan oleh tubuh kita untuk energi. Tubuh kita membuat satu hormon yaitu insulin yang berperan seperti kurir untuk mengantar energi makanan anda kepada sel-sel tubuh anda. Jika kadar gula darah puasa di bawah 100, Anda berada dalam kisaran yang sehat. Jika tidak, hasil test gula darah anda dapat mengindikasikan anda terkena diabetes atau pra-diabetes.
Meskipun diabetes dapat diobati dan anda dapat menjalani hidup sehat dengan kondisi ini, bahkan ketika kadar glukosa berada di bawah kendali, kondisi itu tetap sangat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dalam kenyataannya, kebanyakan orang dengan diabetes meninggal sebagai akibat dari beberapa bentuk penyakit jantung atau pembuluh darah.
Yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gula darah anda:
  • Mengurangi konsumsi gula sederhana yang ditemukan dalam soda, permen dan makanan penutup yang manis
  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur! Aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang akan langsung membantu tubuh anda untuk merespon kerja insulin
  • Minum obat atau suntikan insulin jika hal ini memang diresepkan untuk anda

#7 – BERHENTI MEROKOK
Perokok memiliki resiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Jika anda merokok, maka berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk kesehatan anda. Rokok merusak seluruh sistem peredaran darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, pengerasan arteri, aneurisma (pelebaran pembuluh darah karena dindingnya melemah, menggelembung) dan pembekuan darah. Seperti garis domino yang jatuh, satu risiko menciptakan lain. Gumpalan darah dan pengerasan arteri akan meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke dan penyakit arteri perifer. Rokok juga dapat mengurangi kolesterol baik (HDL = High Density Lipoprotein) dan kapasitas paru-paru anda, sehingga sangatlah sulit untuk mendapatkan aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk kesehatan yang lebih baik.
Itulah 7 hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk kehidupan yang sehat, terbebas dari kemungkinan serangan penyakit jantung. Dua hal yang dituntut agar kita berhasil ialah DISIPLIN DAN KETEKUNAN untuk menjalaninya….
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 28 Agustus 2014


No comments:

Post a Comment