Friday, February 27, 2015

TENTANG KOLESTEROL

TENTANG KOLESTEROL
Keburukan yang diperlukan oleh tubuh kita


Dalam kadar yang normal, kolesterol tidak akan menyebabkan kerusakan atau kelainan metabolisme, tetapi jika ia ditemukan dalam jumlah yang berlebihan - disebut dengan hiperkolesterol atau hypercholesterolemia maka ini akan membahayakan kita, secara diam-diam dan mematikan. Disebut dengan diam-diam, karena hiperkolesterol tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala apa-apa. Disebut mematikan, karena kondisi hiperkolesterol yang diabaikan dapat menyebabkan serangan jantung akut yang kemungkinan besar sulit untuk diatasi.

Kolesterol merupakan zat yang normal berada dalam tubuh kita

Kolesterol terdapat secara normal dalam aliran darah dan diproduksi oleh tubuh kita, khususnya hati. Sesungguhnya belumlah perlu menambah kolesterol dari  luar, karena hati memenuhi semua kebutuhan tubuh akan  kolesterol. Kolesterol adalah zat lemak yang beredar dalam aliran darah kita untuk dikirim ke bagian tubuh yang memproduksi bahan-bahan penting bagi metabolisme tubuh kita

Kolesterol sangat diperlukan dalam proses pembentukan hormon seks yang mengontrol perkembangan dan fungsi dari sistem reproduksi kita. Kolesterol juga digunakan untuk menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme garam. Penggunaan lain dari kolesterol adalah dalam produksi vitamin D yang memainkan peranan penting dalam metabolisme kalsium tubuh dan yang terakhir adalah dalam pembentukan garam-garam empedu yang meningkatkan daya serap lemak dalam usus kita. Oleh karena itu kolesterol sangatlah bermanfaat.

Tipe Kolesterol

Kolesterol memiliki dua tipe; LDL = Low Density Lipoprotein atau lipoprotein dengan kepadatan rendah dan HDL = High Density Lipoprotein atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Untuk menyederhanakan pembahasan maka penulis tidak akan masuk ke dalam aspek kimia kolesterol.

Yang perlu diwaspadai adalah LDL, ini adalah kolesterol jahat. LDL bertanggung jawab atas pembentukan plaque pada lapisan dalam pembuluh darah. LDL adalah salah satu penyebab terjadinya aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang lebih lanjut dapat memici terjadinya stroke. Stroke adalah suatu kondisi berkurangnya aliran darah sungai ke otak. Jadi, LDL adalah jenis kolesterol yang kadarnya harus rendah.

HDL, sebaliknya merupakan kolesterol yang baik yang bekerja berlawanan dengan menjadi LDL. HDL membersihkan plaque dalam pembuluh darah yang dibentuk oleh LDL. HDL-lah yang membersihkan kotoran yang telah dibuat oleh LDL. Jadi, sangat perlu untuk menjaga kadar HDL dan harus ditingkatkan sebanyak mungkin. Jangan sampai HDL turun, dan kadarnya lebih sedikit dari LDL

Apakah anda mengendalikan sumber asupan eksternal?

Sumber kolesterol dari luar akan masuk ke aliran darah kita. Makanan yang mengandung bahan-bahan pembentukan kolesterol berasal dari hewan dan produk-produk susu. Di sisi yang lain bahan nabati tidak mengandung kolesterol. Minyak makan yang berasal dari tumbuhan juga mengandung bahan yang dapat menghasilkan kolesterol, baik HDL maupun LDL

Adalah aturan umum, bahwa semakin lezat suatu makanan, maka semakin tinggi kemungkinan kolesterol darah anda akan meningkat. Dalam ilmu kuliner, lemak yang benar-benar merupakan pelezat rasa dalam pengolahan makanan dan hidangan. Adalah lemak yang membuat makanan terasa lezat, renyah dan menambah selera. Kebanyakan orang, seperti halnya saya, menyukai makanan yang enak. Saya tidak bisa membayangkan makan makanan non-fat, non-kolesterol, yang dikukus atau direbus sepanjang waktu. Saya pikir, cara terbaik untuk menjalankan hidup kita adalah tetap waspada terhadap bahaya dan di mana kita harus tahu batasnya .Setuju bukan?


Jadi, masalahnya adalah bahwa kita memang tidak secara khusus memperhatikan asupan makanan kita. Kita tidak memeriksa batas-batas kita. Kita bisa lepas kontrol karena begitu banyak godaan yang ditawarkan oleh industri makanan. Gaya hidup kita, termasuk kebiasaan makan kita harus dipersalahkan untuk ini. Memang jalan terbaik adalah pencegahan, dengan membatasi asupan kolesterol jahat dan mengkonsumsi kolesterol yang baik. 

1 comment:

  1. ........Kuncinya ada di LIPO-PROTEIN....... Kalau dia DENSITY (KEPADATAN)-nya RENDAH, maka KEPADATAN-RENDAH itulah yg menimbulkan PLAQUE (TIMBUNAN) di DINDING-Pembuluh-Darah...... Sebaliknya, kalau dia DENSITY (KEPADATAN)-nya TINGGI, maka KEPADATAN-TINGGI itu TIDAK menimbulkan PLAQUE (TIMBUNAN) di DINDING-pembuluh-darah tsb........

    ReplyDelete