Saturday, February 28, 2015

REUNI

REUNI


Reuni, apapun istilahnya adalah suatu upaya. Upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama, upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia. Bahkan Richard Paul Evans dalam bukunya " Lost December“ menulis "The sweetness of reunion is the joy of heaven.”

"Reuni", kata Dr Priguna Sidharta "selain untuk memutar longterm memori di hipocampus, juga untuk memperbaiki fungsi nucleus accumbens, bagian otak yang mengurus kesenangan"

Memutar kembali memori adalah satu upaya mencegah Alzheimer yang memang satu saat kelak akan menghampiri kita semua cepat atau lambat.
Psikolog Universitas Indonesia, Bagus Takwin, mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni:

# Kenangan

Reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting.

“Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen-monumen dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia berkembang” jelas Bagus.

# Harga diri

Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem. Hal yang satu ini merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri atas apa yang telah dicapai selama ini.

“Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu sifat kita yang dulu. Mungkin dulu kita dianggap tidak mampu maka reuni dapat dijadikan sebagai sebuah pembuktian diri bahwa dia telah berhasil. Self esteem melalui teman-teman lama mempunyai dampak yang lebih besar,” papar Bagus.
J
ika self esteem itu terpenuhi maka kehidupan psikologis orang tersebut akan lebih stabil dan mapan. Sedangkan mereka yang tidak terpenuhi akan terus menerus merasa minder dan sukar untuk bergaul.

#. Refleksi

Reuni yang digelar secara besar-besaran atau sederhana dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk merefleksi diri atau menilai diri. Reuni adalah saat yang tepat untuk mensyukuri nikmat Allah Yang Maha Kuasa yang telah menetapkan jalan hidup setiap manusia. Kita akan bertemu dengan teman-teman yang sehat maupun yang telah pernah mengalami stroke atau sakit berat lainnya. Ada teman yang sukses namun ada yang menjalani hidup sederhana dengan penuh rasa bahagia.... Bahwa setiap kita masing-masing telah menjalani cara kita sendiri untuk bisa sehat, semangat, sejahtera, bahagia bersama keluarga dan teman-teman... dan inilah yang patut disyukuri.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment