Monday, July 11, 2016

INFO YANG MENYESATKAN

Info Yang Menyesatkan
Penting nih...ini penjelasan logis praktis secara medis...
Mungkin pernah dapat info sebelumnya, ini klarifikasi tentang batuk berulang jika serangan jantung:
Mengingat banyak informasi yang beredar bahwa jika seseorang mengalami serangan jantung dengan tanda nyeri dada yang disertai rekomendasi yang mengharuskan berbatuk berulang-ulang dan penuh semangat dengan menarik nafas panjang setiap batuk  adalah informasi yang menyesatkan
Instruksi berbatuk berulang-ulang diberikan oleh dokter hanya kepada pasien yang mengalami bradikardi (denyut nadi kurang dari 50x/mnt) dengan pantauan monitor EKG di RS terutama saat pemberian adenosin cepat atau saat tindakan kateterisasi.
Berbatuk berulang-ulang apalagi disertai menarik nafas panjang dan batuk dengan penuh semangat sangat berbahaya jika dilakukan pada pasien serangan jantung (Sindroma Koroner Akut). 
Berbatuk berulang-ulang dengan semangat dengan menarik nafas panjang menyebabkan kebutuhan oksigen otot-otot jantung meningkat sehingga makin memperberat kerusakan otot jantung akibat sumbatan pembuluh darah koroner. 
Batuk-batuk dapat dilakukan pada 20-30% kasus serangan jantung dengan denyut lambat (bradikardi) namun tidak dapat membantu memulihkan aliran darah koroner malah dapat memperburuk jika tidak segera dilakukan tindakan revaskularisasi (pemulihan aliran darah koroner) melalui PCI (kateterisasi) atau Fibrinolitik. 
Tindakan yang benar adalah bed rest total posisi 1/2 duduk, effortless (tidak bergerak), hentikan semua aktifitas, tenang, dan jangan banyak bicara, minta tolong orang terdekat disekitar jika ada , atau gunakan alat komunikasi seperti handphone untuk mencari atau mendapatkan pertolongan dengan telpon atau SMS/WA  ambulance atau orang lain yang akan membawa segera ke RS. 
Jangan terlambat membawa ke RS. Mulai sekarang kenali no kontak Rumah Sakit atau klinik terdekat anda, atau dokter Jantung Anda. 
Beberapa No Kontak yang dapat dihubungi seperti ambulance 118, kontak center dinas kesehatan Jakarta 119, atau SPGDT RS Jantung Harapan Kita 021-5682424 atau SPGDT RS-RS terdekat anda (buka google untuk mencari no kontak RS yang anda tuju).
Mulai sekarang sediakan selalu obat golongan nitrat (isosorbid dinitrat tab 5 mg, atau cedocard 5 mg, atau Farsorbid 5 mg) di kantong atau dompet anda. 
Gunakan obat tersebut diberikan dibawah lidah anda. Sediakan pula obat golongan aspilet 80 mg untuk di kunyah-kunyah sebelum mendapatkan pertolongan. Semoga bermanfaat.
Salam Jantung Sehat,
dr. Isman Firdaus, SpJP(K), FIHA, FAPSIC, FESC, FSCAI
Cardiologist Consultant
RS Jantung dani Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta (silahkan di share ya )

No comments:

Post a Comment