Thursday, November 30, 2017

IDEALKAH BERAT BADAN ANDA?

IDEALKAH BERAT BADAN ANDA?
Berat badan seringkali digunakan dalam membantu menegakkan diagnosa suatu penyakit oleh dokter. Berat badan yang berlebihan atau kurang dari normal dapat menjadi suatu tanda adanya penyakit tertentu, atau dapat merupakan faktor resiko terjadinya macam-macam penyakit.
Berat badan yang berlebihan antara lain bisa terjadi pada penyakit diabetes, hiperkolesterol dan penyakit ginjal. Juga bisa menjadi faktor resiko untuk terjadinya penyakit jantung koroner, hipertensi, peradangan sendi lutut, penyakit ginjal,   
Kekurangan berat badan juga terjadi pada penyakit diabetes, malnutrition/kurang gizi, tuberkulosis, keganasan/cancer,
Bagaimana anda mengetahui bahwa berat anda berada dalam batas normal, atau tepatnya ideal dengan melihat berat badan dan tinggi badan Anda? Untuk itu kita dapat menggunakan rumus BMI (Body Mass Index) yang dikeluarkan oleh WHO.
Berikut ini Rumus nya: 

Contoh: Bila Berat Badan anda 70 kg dan Tinggi Badan 165 cm (=1,65 m), maka bila dimasukkan ke dalam rumus BMI:
70 : (1,65 x 1,65) = 70 : 2,72 = 25,7  à BMI Anda 25, 7
Mari kita lihat di tabel berikut, yaitu penggolongan dari BMI. Termasuk manakah BMI Anda?

Ternyata BMI Anda di golongan 25 – 29,9, artinya Anda sedikit overweight. Untuk mengembalikan BMI ke yang normal alias SEHAT, maka anda cukup berolah raga untuk membakar atau menghilangkan lemak yang sedang berkumpul dalam tubuh anda.
Dalam tabel berikut Anda dapat melihat posisi anda dalam tabel BMI:

BMI Anda jatuh di kotak berwarna jingga, yaitu daerah dengan berat badan berlebihan, namun masih dekat dengan wilayah hijau atau daerah dengan berat badan yang ideal.
Bila ternyata BMI anda di luar wilayah hijau, maka Anda perlu menyelidiki sebabnya. Bisa jadi karena gaya hidup and seperti makan yang tidak terkontrol, sering kulineran,  kurang gerak alias tidak berolah raga, suka ngemil,  senang yang manis-manis atau makanan berlemak dan sebagainya. Namun bisa jadi anda tengah mengidap suatu penyakit yang memerlukan penanganan seorang dokter. Oleh karenanya perhatikanlah Berat Badan anda dengan mengukur BMI Anda. Ini penting untuk mencegah hal-hal yang serius terjadi pada kesehatan anda selanjutnya. Salam sehat lahir bathin.
Catatan pengalamam pribadi seorang pangsiunan usia 70 tahun: Dalam suatu reuni teman-teman yang pernah sekantor dulu dan lama tidak jumpa, banyak komentar kepadaku yang mengatakan bahwa sekarang saya kurus sekali. Mereka curiga saya mengidap suatu penyakit. “Mas, sakit apa, diabetes ya? Kok kurus amat sih”, begitu kebanyakan komentar mereka. Dan memang berat badanku sudah menurun cukup banyak. Dan aku tahu sebabnya, bukan karena penyakit, tapi karena pola makan yang lebih sehat. Dulu semasa masih aktif…. Aduh, kalau lunch makan rame-rame bersama teman sejawat semua jenis makanan disikat tanpa kompromi. Belum lagi kalau ada rapat-rapat atau perjalanan ke luar kota, tiada hari tanpa makan enak, berlemak dan manis. Sekarang makanan rumahan oleh nyonyaku lebih terkontrol, banyak sayur dan ikan (nyonyaku orang Sunda), paling banyak 3 macam… Itu yang membuat badanku kurus tapi IDEAL… Alhamdulillah, memiliki berat badan yang ideal sungguh terasa manfaatnya; mobilitas lancar tanpa keluhan sakit dengkul, aktifitas yang lumayan berat tidak ada ngos-ngosan atau jantung yang berdebar-debar.  Tekanan darah dalam batas normal, demikian pula dengan kadar lemak dan kolesterol. Alhamdulillah…. Wa syukurillah…

No comments:

Post a Comment