Friday, November 10, 2017

KEUNGGULAN INSTAGRAM

KEUNGGULAN INSTAGRAM
Mengapa Instagram menjadi alat pemasaran yang favorit? Salah satunya adalah karena Instagram mudah untuk digunakan. Kemudian, semenjak Instagram mengutamakan visual, membuat perhatian pengguna Instagram lebih mudah dibandingkan menarik perhatian seseorang di Facebook. Di tambah lagi, Instagram 58 kali lebih terikat dengan para follower kita dibandingkan Facebook, dan 120 kali lebih terikat dibandingkan Twitter.
Secara natural, Instagram meninggalkan banyak ruang untuk menciptakan berbagai kreatifitas. Tetapi, jika kita menggunakannya sebagai alat marketing, lebih baik jika meletakkan beberapa strategi sebelum melangkah lebih jauh. Ini beberapa langkah yang strategis yang perlu kita ketahui untuk melakukan strategi marketing pada Instagram:
Pilih tema untuk foto/video yang akan kita post
Dengan menentukan tema yang tepat dan jelas maka akan mempermudah kita untuk membuat bentuk postingan di Instagram. Dengan menerapkan strategi seperti ini, kita akan memiliki Followers Instagram yang lebih spesifik yang juga merupakan target audience kita. Apapun tema yang kita pilih, pastikan followers kita mengetahui dan mengerti secara pasti seperti apa produk dan pesan yang mereka bayangkan.
Instagram Bio
Memiliki Bio menjadi hal yang penting untuk menghindari standard bio ‘out of the box’. Pilihlah messaging yang kita kuasai dan buatlah messaging tersebut menarik perhatian para target audience setiap kali kita melakukan promosi, dan hal ini juga dapat membantu kita untuk mengarahkan para target audience pada situs kita.
Website
Pastikan akses menuju website kita dapat juga di akses pada ponsel target audience mengingat para pengguna Instagram banyak mengakses-nya melalui telepon genggam atau ponsel mereka. Dan, link website kita harus diletakkan pada Bio Instagram kita, pada setiap post yang kita bagikan sebagai penanda. Selanjutnya kita, juga dapat meletakkan link website kita pada halaman deskripsi ataupun kolom komentar. 
Simpel dengan gambar yang memiliki makna
Perhatian seseorang akan teralihkan dalam delapan detik, jadi sangat penting untuk meng’gaet’ target audience kita secara cepat dengan gambar yang jelas dan bermakna yang tidak terlalu banyak ‘embel-embel’. Sejak rata-rata para pengguna Instagram menggunakan ponsel, maka ada batasan dalam screen mereka, jadi terlalu banyak pesan teks pada Instagram merupakan salah satu hal yang tidak ideal.
Posting secara berkala
Semakin banyak kita mengrimkan posting-an, maka kita akan bertumbuh semakin cepat. Beberapa akun dengan jumlah followers yang banyak akan mengirimkan posting-an 4 sampai 10 kali dalam sehari. Itu mungkin melebihi standar kita sebagai pemula dalam marketing, tetapi, itu merupakan standar munimum dalam melakukan posting-an dalam sehari.
#Hashtag
Selain digunakan pada Twitter hashtag juga sangat diperlukan ketika kita memposting informasi di Instagram. Semakin banyak hashtag akan semakin baik. 11 Hashtag setiap post setiap post adalah suatu hal yang menakjubkan, dan kita juga bisa membuatnya lebih banyak lagi yakni sebanyak 30 hashtag. Dan hashtag tidak hanya digunakan di dalam deskripsi sebuah foto yang kita posting saja, namun juga dapat kita gunakan juga di dalam kolom komentar.
@Mentions
Sangat baik untuk melakukan tagging kepada setiap orang yang merupakan followers kita agar informasi dapat diterima dengan pasti. Namun, hindari untuk men-tagging seseorang yang bukan followers kita karena Instagram akan mem–block akun kita.
Location Sharing
Seperti ‘@mentions’ membagikan lokasi kita dengan menghidupkan aplikasi dimana kita berada adalah hal terbaik untuk membangun keterikatan dengan para followers/target audience kita.
Foto yang Baik
Memiliki tema yang pasti dengan foto yang bagus dan menarik tentu menjadi hal yang dapat memicu perhatian para target audience kita di instagram.
Buatlah gambar yang mewakili produk/jasa/brand kita
Setelah kita menemukan gambar yang sesuai dengan kita, pastikan gambar tersebut kita buat sesuai dengan jati diri produk/jasa/ brand kita. Mungkin menggunakan nama produk, kata-kata mutiara dari orang-orang terkenal, riview produk secara singkat atau promo. Selain itu, pastikan logo atau link kita ada di dalam post/foto yang kita bagikan di halaman instagram kita, sehingga followers dapat menemukan kita dengan mudah.
Instagram adalah tempat yang baik untuk melakukan kegiatan marketing/pemasaran. Instagram adalah alat yang mengagumkan untuk menggapai audiens baru dan demografis baru. Dengan merancang strategi yang simpel/kecil dengan beberapa foto yang baik, kita akan melihat apa yang bisa Instagram lakukan untuk mem-boost kegiatan marketing yang kita lakukan tersebut. #dmc #tebarmanfaat

No comments:

Post a Comment