Saturday, October 3, 2020

MANFAAT KESEHATAN KUNYIT

Kunyit telah dikenal sejak dulu mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Jadi, apa saja manfaat kunyit?

Pertama, penting untuk dicatat bahwa zat yang yang paling bermanfaat dalam kunyit adalah curcumin. Selain curcumin kunyit juga mengandung minyak atsiri yang memiliki efek terapetis

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan berpotensi sebagai agen antiradang. Seperti kita ketahui, antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas, yaitu suatu molekul oksigen yang sangat tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Antioksidan mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas tersebut yang selain merusak sel juga bertanggung jawab atas penuaan dini dan penyebab dari sebagian besar penyakit termasuk kanker, penyakit jantung, katarak dan arthritis.

Kunyit adalah teman para penderita arthritis karena keampuhannya sebagi antiradang atau anti-inflamasi. Kunyit sering ditemukan pada suplemen radang sendi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Selain arthritis, efektifitas kunyit juga diteliti untuk melawan tumor dan kanker. Hasilnya ternyata cukup menggembirakan. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, kunyit (curcumin) ternyata mampu mencegah sejumlah jenis kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat menghambat timbulnya tumor, invasi dan metastasis (penyebaran sel kanker yang tidak terkontrol)

Secara lebih rinci, hasil studi menunjukkan bahwa:

  • Kunyit dapat menghambat pertumbuhan tumor pada usus besar
  • Kunyit membantu menghentikan penyebaran sel tumor payudara ke paru-paru mencit
  • Kunyit memperlambat perkembangan kanker prostat

Memang penelitian ini baru sebatas percobaan pada hewan Tapi, hasil menunjukkan adanya potensi luar biasa yang dimiliki kunyit terutama untuk melawan berbagai jenis tumor dan kanker.

Kunyit juga bisa mencegah penyakit jantung. Kandungan curcumin dapat mencegah teroksidasinya kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) sehingga menghindari pengrusakan pembuluh arteri.

Selain itu, kunyit juga dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah pembentukan plaque, dan menghambat terjadinya pembekuan darah.

Manfaat kunyit yang lain ada pada kandungan minyak atsirinya. Minyak atsiri mempunyai efek sebagai anti bakteri, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka

Kunyit juga mampu merangsang produksi cairan empedu yang membantu pencernaan lemak dalam usus. Selain itu, dalam studi yang dilakukan pada hewan, kunyit diketahui dapat melindungi hati (lever) dari berbagai macam racun yang mengancam kesehatan tubuh


No comments:

Post a Comment