Monday, September 9, 2013

JAMUR KUPING DAN PENURUNAN KEKENTALAN DARAH PADA LANSIA

JAMUR KUPING DAN PENURUNAN KEKENTALAN DARAH PADA LANSIA


Pada umumnya pada lansia terjadi peningkatan kekentalan darah sehingga:

  • Mudah mengalami penyumbatan pembuluh darah otak (cerebral thrombosis) dan pembuluh jantung koroner
  • Kehilangan memori/ingatan karena penyumbatan pembuluh darah kapiler di otak yang terjadi secara berangsur sampai terjadi kerusakan otak dan hilangnya sebagian ingatan
  • Stroke yang menyebabkan sebagian tubuh lumpuh sebagai akibat dari mengentalnya darah di pembuluh otak halus dan tersumbatnya pembuluh darah arteri oleh gumpalan darah yang mengental.
KHASIAT JAMUR KUPING (Auricularia auricula)

Darah yang terlalu kental dapat diturunkan kekentalannya dengan jamur kuping yang warnanya hitam dan telah terbukti ampuh.
Setiap hari cukup mengkonsumsi 5 – 10 gram jamur kuping, sehingga 1 kilogram jamur dapat digunakan untuk 100 – 200 hari. Penyajian bisa dengan dimasak sup, cah dan sebagainya, sehingga bisa menjadi ’obat’ yang ampuh, lezat dan murah untuk menurunkan kekentalan darah.

RESEP JAMUR KUPING

Salah satu pengalaman berharga dari seorang pasien penderita kekentalan darah yang meningkat, dijadwalkan untuk menjalani satu operasi bedah jantung koroner. Selama dalam masa tunggu ia menyantap jamur kuning yang dimasukkan ke dalam menu hariannya. Setelah satu setengah bulan berlal dan tiba waktunya untuk dilakukan operasi, maka pada pemeriksaan ternyata tindakan operasi tidak lagi perlu dilakukan. Kekentalan darahnya telah menurun dan tidak lagi merupakan ancaman hidup mati lagi.

Ini resep menu sehatnya yang membatalkannya dari operasi jantung

  • 10 gram jamur kuping
  • 40 gram daging tanpa lemak
  • 3 ruas jari jahe
  • 5 butir bawang putih
  • 6 mangkuk air
  • Sedikit garam
Kupas dan bersihkan bahan jamur kuping, jahe dan bawang putih. Masukan bersama daging ke dalam 6 mangkuk air. Tambahkan sedikit garam, kemudian rebus, setelah mendidih rebus terus sampai tertinggal 2 mangkuk godogan. Saring dan dinginkan. Dosis: minum setiap hari 2 mangkuk selama 45 hari.

Catatan: kejadian ini terjadi di Cina, di mana kemudian memang dibuktikan kemanjuran resep tersebut di atas untuk menurunkan kekentalan darah.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment