Thursday, September 5, 2013

SEPUTAR CEGUKAN, APAKAH BERBAHAYA?

Apakah cegukan itu?

Kita dapat mengalami cegukan (hiccups, Eng) jika terjadi kekejangan pada diafragma, yaitu selembar lapisan otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut. Kejang ini menyebabkan asupan napas secara tiba-tiba terhenti oleh penutupan pita suara (celah suara = glottis). Penutupan ini menyebabkan suara 'cegukan' yang khas.

Apa penyebab terjadinya cegukan?

Lambung yang sangat penuh dapat menyebabkan serangan cegukan yang akan berhenti dengan pada sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh:

·         Makan terlalu banyak dan terlalu cepat.

·         Terlalu banyak minum alkohol.

·         Terlalu banyak menelan udara.

·         Merokok.

·         Perubahan mendadak pada suhu lambung, seperti minum minuman panas kemudian minum minuman dingin.

·         Stres emosional atau kegembiraan yang luar biasa.


Berapa lamakah cegukan berlangsung?
Cegukan biasanya akan berhenti dalam beberapa menit sampai beberapa jam. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut cegukan yang persisten (persistent hiccups). Cegukan yang bertahan lebih lama dari pada sebulan disebut dengan intractable hiccups. Walaupun sangat langka, intractable hiccups dapat menyebabkan kelelahan, kurang tidur, dan menurunnya berat badan. Baik cegukan persitstent maupun intractable dapat merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius dan harus diperiksakan ke dokter.
Ada banyak penyebab cegukan persistent dan intractable yang diketahui, termasuk:
·         Masalah sistem saraf pusat, seperti kanker, infeksi, stroke, atau cedera.
·         Masalah dengan proses kimia yang terjadi dalam tubuh (masalah metabolisme), seperti penurunan fungsi ginjal atau hiperventilasi (pernafasan yang berlebihan).
·         Gangguan saraf-saraf di kepala, leher, dan dada (saraf vagus atau saraf diapragma).
·         Anestesi/pembiusan atau pembedahan.
·         Masalah kesehatan mental/jiwa.
Bagaimana cegukan ditangani?
Kebanyakan serangan cegukan berhenti dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit sampai beberapa jam dan tidak memerlukan pengobatan apapun.
Banyak pengobatan rumah yang dapat digunakan untuk mengobati cegukan. Kebanyakan di antaranya dimaksudkan untuk meningkatkan kadar karbon dioksida (CO2) dalam darah, yang biasanya cukup manjur untuk menghentikan cegukan. Beberapa tindakan pengobatan ini termasuk:
·         Menahan napas dan menghitung perlahan sampai 10.
·         Pernapasan berulang-ulang ke dalam kantong kertas untuk jangka waktu tertentu.
·         Secepatnya minum segelas air dingin.
·         Makan satu sendok teh gula atau madu.

Pengobatan untuk cegukan persisten atau intractable tergantung pada penyebab cegukan yang meliputi pemberian obat-obatan sampai akupunktur atau hipnosis. Kadang-kadang diperlukan beberapa jenis perawatan sebelum cegukan pesisten dan intractable dapat dikendalikan. Jika Anda memiliki cegukan yang berlangsung beberapa hari atau lebih, dokter anda dapat melakukan tes untuk menyingkirkan dugaan adanya masalah yang lebih serius.


Siapa saja yang dapat mengalami cegukan?

Cegukan mengenai laki-laki lebih sering dari pada perempuan. Cegukan bisa terjadi pada hampir setiap manusia, termasuk bayi dan orang dewasa.

No comments:

Post a Comment