Wednesday, January 13, 2016

10 CARA MENGATASI STRESS SEKARANG JUGA

10 Cara Mengatasi Stress Sekarang Juga

Letakkan Stress Pada Tempatnya

Cara anda mengatasi stress memberikan perbedaan yang amat besar pada perasaan anda. Bahkan bisa membantu menjaga tekanan darah, kadar gula darah dan hal-hal lainnya. Gunakan strategi “menenangkan” berikut ini untuk menghentikan stress sesegera mungkin.

#1 -  Mengunyah Permen Karet

Saat merasa diri anda sedang mengalami stress, kunyahlah sebutir permen karet. Menurut penelitian, mengunyah permen karet menurunkan rasa cemas dan mengurangi rasa tegang (stress). Beberapa peneliti berpendapat bahwa cara mengatasi stress melalui kegiatan mengunyah yang ritmis/teratur dapat memperbaiki aliran darah ke otak, sedangkan peneliti lainnya percaya bahwa bau dan rasa permen karet dapat membantu anda lebih relaks.

#2 -  Keluar ke Alam Bebas

Meluangkan waktu di  alam bebas merupakan salah satu cara mengatasi stress yang mudah dipraktekkan dan berkaitan dengan kesehatan yang lebih baik. Meskipun di dekat rumah, anda bisa berada dalam suasana alami dan biasanya disertai dengan melakukan suatu aktivitas seperti berjalan kaki. Melakukannya hanya beberapa menit saja dapat memberikan perasaan yang amat berbeda.
#3 -  Tersenyum Dengan Tulus
Jangan menganggap enteng bila suatu saat seseorang menyarankan anda untuk tersenyum. Pada saat diri anda tegang, sebuah senyuman di wajah anda – terutama sebuah senyuman yang tulus yang dibentuk oleh otot-otot di sekitar mata dan mulut anda – akan mengurangi resepons rasa tegang pada tubuh anda, bahkan bila saat itu anda merasa kurang happy. Tersenyum juga lebih cepat mengurangi debar jantung begitu situasi stress anda berakhir.

#4 -  Ciumlah Wewangian Lavender

Beberapa jenis wewangian seperti lavender bersifat menenangkan dan dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi stress. Dalam sebuah penelitian, para perawat yang memercikkan beberapa tetes minyak lavender pada pakaian kerja mereka merasa lebih tenang menghadapi stress, sedangkan yang tidak menggunakan wewangian lebih merasakan stress saat bekerja. Lavender juga dapat meningkatkan intensitas beberapa pereda rasa sakit dan obat anti-anxietas. Oleh karena itu, bila anda ingin menggunakan salah satunya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

#5 -  Tune In

Anda akan menghadapi stress berupa situasi yang penuh ketegangan? Musik dapat membantu menenangkan diri anda. Dalam sebuah penelitian, seseorang akan memiliki kadar hormon stress kortisol yang lebih rendah bila mereka mendengarkan musik Choral Latin sebelum melakukan sesuatu yang menegangkan (seperti menghadapi ujian lisan atau berpidato di depan umum) dibanding dengan mendengarkan rekaman air yang mengalir. (Anda bertanya-tanya apa itu musik Choral Latin? Coba dengarkan Misesere by Gregorio Allegri di YouTube)

#6 – Atur Nafas Anda

Merasa lebih tenang menghadapi stress sangat dekat dengan nafas anda berikutnya. Berfokus pada pernapasan membuat diri anda membatasi reaksi “maju bertempur atau mundur teratur” (fight or flight reaction) tubuh dalam menghadapi ketegangan atau rasa takut, dan mengalihkan perhatian anda dari pikiran-pikiran yang negatif.
Duduklah dengan nyaman di satu tempat yang tenang. Ambil napas dengan perlahan melalui hidung, dan biarkan dada dan perut bagian bawah terangkat dan perut mengembang. Keluarkan napas sama perlahannya, sambil mengulang kata atau kalimat yang dapat membuat anda tenang. Agar didapat hasil yang maksimal, ulangi gerakan pernapasan ini paling sedikit 10 menit lamanya.

#7 – Sayangilah Diri Anda Sendiri

Kita semua memiliki aliran pikiran yang konstan yang melintas dalam benak kita, dan terkadang apa yang tercetus tentang diri kita sendiri bukanlah hal yang baik. Tetap bersikap positif dan berkeinginan untuk membantu diri sendiri menghadapi stress akan membantu anda lebih tenang dan dapat lebih menguasai keadaan. Bicaralah pada diri anda sendiri dengan cara yang sama halusnya, memberi semangat seperti yang anda lakukan pada teman yang membutuhkan bantuan. Bertekadlah “Semuanya akan beres” misalnya, atau “Aku tahu bagaimana cara menanganinya”

#8 -  Mengatasi Stress Dengan Menulis

Menuangkan pikiran anda dalam tulisan merupakan pelepas tekanan emosional yang luar biasa. Begitu pemikiran atau perasaan anda tertuang pada secarik kertas, maka anda bisa memulai membuat rencana bagaimana cara menyelesaikan masalahnya. Tidak menjadi soal apakah anda menggunakan pena dan buku-catatan,  smartphone atau laptop anda. Yang penting adalah bahwa anda jujur tentang perasaan anda.

#9 – Curhat Ke Teman

Bila anda merasa stress oleh sesuatu, carilah bantuan seorang teman atau orang yang anda cintai untuk diajak bicara. Bertemanlah dengan seseorang yang memiliki kecemasan yang sama, anda berdua akan merasa seperti tidak sendirian bila masalah itu dibicarakan bersama.

#10 – Bergeraklah

Bila anda berolah raga dan berketingat, maka suasana hati anda akan membaik, kosongkan kepala anda, dan beristirahatlah dari hal-hal yang membuat anda merasa stress. Anda akan merasa lega, apakah dengan jalan kaki selama waktu tertentu (dianjurkan berjalan kaki selama 20 menit) atau berolahraga intens di satu gym.

Sumber: WebMD – 10 Ways to Stop Stress Now 

No comments:

Post a Comment