Friday, January 1, 2016

TANDA TANDA DINI SERANGAN ASMA

Tanda-Tanda Dini Serangan Asma



Serangan asma jarang terjadi tanpa adanya tanda-tanda dini. Sebelum serangan asma terjadi pasien dapat merasakan hal-hal sebagai berikut:
  • ·         Tidak merasa lapar
  •       Merasa lelah dan sulit tidur
  • ·         Sering batuk
  • ·         Terlihat lingkaran hitam di sekitar mata
  • ·         Nafas berbunyi dan merasa sangat lelah saat berolah raga

Kenali tanda-tanda di bawah agar terhindar dari serangan asma yang harus ditangani secara darurat.
#1 – Batuk Yang Menetap
Tanda serangan asma bisa berubah dari satu serangan ke serangan lainnya, Ada saat di mana ada sedikit atau bahkan gejala batuk sama sekali. Pada serangan berikutnya, bisa saja ada serangan batuk yang tidak henti-hentinya, terutama di malam hari.
Batuk asma biasanya kering dan pendek-pendek. Bila ada batuk yang menetap seperti itu setelah gejala flu pilek lainnya hilang, maka curigai akan adanya serangan asma
Hindari untuk minum obat batuk, karena tidak akan bisa menyembuhkan asma
#2 – Perubahan Pada Kapasitas Pernapasan
Satu peak flow meter (alat pengukur kapasitas napas) dapat memberi tahu akan adanya serangan asma. Pastikan anda mengetahui angka pengukur yang menjadi tolak ukur terbaik dari pernapasan anda
Jika peak flow meter menunjukkan angka antara 50% dan 80% dari angka ukuran terbaik anda, maka serangan asma kemungkinan telah dimulai.
Angka di bawah 50% menunjukkan keadaan darurat. Gunakan alat bantu pernapasan (oksigen) dan mintalah bantuan sesegera mungkin 
Hubungi 911 bila ada kesulitan berjalan atau berbicara karena napas yang sesak dan pendek, atau bibir membiru atau abu-abu. Gunakan alat bantu napas selagi menunggu datangnya bantuan
#3 – Ikuti Rencana Penanganan Asma Anda
Rencana penanganan asma membimbing anda bagaimana harus menangani gejala-gejala serangan asma
Berdasarkan angka pada peak flow meter, anda bisa mengetahui obat apa dan kapan anda perlu meminumnya. Sangat penting untuk mengikuti langkah-langkah dan minum obat seperti yang diperintahkan dokter.
Bila gejala-gejala semakin memburuk setelah mengikuti rencana penanganan asma ini, hubungi dokter anda. Rencana penanganan juga mencakup pengobatan bila ada keadaan darurat
#4 – Kesulitan Bernapas
Selama berlangsungnya serangan asma, otot di sekitar saluran pernapasan mengencang dan terjadi pembengkakan pada bagian dalam saluran pernapasan.
Saluran pernapasan menghasilkan lendir (mukus, riak) berlebihan, yang mungkin dapat memblok saluran napas dalam paru (bronkioli)
Udara terjebak dalam paru-paru dan terjadi kesulitan untuk bernapas. Suara ‘mengi’ merupakan gejala pertama yang terdengar dan dapat dirasakan oleh pasien. Namun bila serangan memburuk, dada akan terasa semakin sesak dengan nafas pendek-pendek. Pasien merasa seakan-akan udara yang dihirupnya tidak cukup (gelagepan)

#5 – Perubahan Postur Tubuh

Bila seorang mengalami kesulitan untuk bernapas, tubuhnya akan condong ke depan, berbicara terpatah-patah, tidak bisa mengucapkan satu kalimat secara lancar, dan menjadi sangat gelisah.

Bila keadaannya memburuk, tubuh pasien membungkuk dan menopangkan tubuhnya pada kedua tangannya. Ini disebut posisi tripod.
#6 – Retraksi Leher dan Dada
Bila terjadi kesulitan bernapas, maka jaringan pada bagian leher dan dada tampak melesak ke dalam pada setiap kali bernapas. Ini disebut retraksi
Retraksi berarti bahwa udara yang masuk ke dalam paru-paru tidak cukup. Ini merupakan keadaan darurat medis. Segera hubungi 911 bila ditemui gejala ini untuk mendapat bantuan dokter segera.
Pada anak-anak terdapat tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa pernapasan semakin memburuk sebagai berikut:
  • Tidak ada nafsu makan
  • Merasa lelah
  • Tidak seaktif sebagaimana biasanya
#7 – Bibir Dan Kuku Tangan Membiru
Bibir dan kuku jari yang berwarna biru atau abu-abu merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen dalam darah. Kondisi ini disebut sianosis (cyanosis).
Bila ini terjadi, anda membutuhkan bantuan medis saat itu juga. Hubungi 911 untuk minta bantuan seorang dokter.
#8 – Tanda-Tanda Lain Keadaan Darurat Asma
Segera minta bantuan medis bila terjadi gejala-gejala sebagai berikut ini:
  • Kesulitan berbicara
  • Tidak dapat menarik atau mengeluarkan napas
  • Sesak napas
  • Merasa cemas dan panik
  • Batuk yang tidak berhenti
  • Wajah pucat dan berkeringat
Sumber: WebMD - http://www.webmd.com/asthma/asthma-symptoms-15/slideshow-asthma-attack

No comments:

Post a Comment