Tuesday, January 5, 2016

23 PEMICU RASA NYERI

23 Pemicu Rasa Nyeri
Rasa sakit atau rasa nyeri tidak hanya disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan. Ternyata kebiasaan kita sehari-hari bisa menjadi penyebab dan pemicu rasa sakit tanpa kita sadari. Kenalilah 23 pemicu rasa nyeri dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa menghindarinya.
#1 – Sandal
Seringkali biang keladi rasa nyeri yang kita derita adalah akibat dari pilihan-pilihan sederhana yang kita lakukan setiap hari. Dr, David Westerdahl dari klinik Cleveland Florida memberikan beberapa contoh – di mulai dengan sandal jepit dan sandal dengan sol busa. Alas kaki jenis ini merupakan penunjang lengkung tapak kaki yang buruk dan menyebabkan rasa nyeri pada kaki, sendi kaki dan sendi lutut.
Solusi: gunakan sepatu dengan penunjang lengkung kaki (arch support) yang baik. Bila ada rencana untuk berjalan untuk waktu yang lama gunakan sneakers
#2 – Smartphones
Apakah anda menggunakan smartphone untuk menulis teks, browsing internet dan bermain games? Itu merupakan pekerjaan yang cukup berat bagi jempol anda. Para dokter mulai melaporkan adanya kasus arthritis (radang sendi) di pangkal jempol pada orang-orang yang lebih muda yang kemungkinan berkaitan dengan menulis teks pada ponsel pintar mereka.
Solusi: Bila jempol anda mulai terasa sakit, maka berisitirahatlah untuk menulis. Bila rasa sakit berlanjut, gunakan ponsel pintar anda untuk melakukan call yang sebenarnya, misalnya ke dokter anda. Ada banyak pengobatan yang efektif untuk arthritis.
#3 – Dompet Anda
Dompet anda benar-benar dapat menjadi penyebab rasa nyeri punggung dan bokong anda, dan bahkan dapat menyebabkan rasa nyeri yang menyentak-nyentak pada bagian bawah salah satu tungkai kaki. Kebiasaan menaruh dompet di kantong belakang celana lambat laun dapat menyebabkan tekanan dan iritasi pada saraf skiatika (saraf yang melayani anggota tubuh bagian bawah). Dompet yang tebal juga dapat menyebabkan tulang belakang melenceng dari porosnya dan menyebabkan ketegangan otot.
Solusi: Pindahkan dompet anda dari saku belakang celana anda bila akan duduk, terutama saat akan mengemudi.
#4 -  Mengemudi Mobil
Banyak orang mengatur sudut tempat duduk di mobil pada posisi yang salah. Bila kursi ditegakkan, maka anda akan condong ke depan untuk dapat memegang setir mobil. Ini membuat posisi kepala anda menjauhi sandaran kepala dan menyebabkan sakit leher.
Solusi: Atur kursi mobil pada posisi tegak yang menunjang kepala dan punggung bagian bawah. Setir mobil hendaknya pada posisi mudah untuk dijangkau dan lengan anda sedikit mengendur dan santai (tidak tegang)
#5 – Video Games Aktif
Video games yang meniru pergerakan jenis olah raga yang popular dapat menyebabkan cidera olah raga betulan. Dokter mengatakan bahwa bermain game dengan semangat yang berlebihan dapat menyebabkan apa saja, mulai dari keseleo, putusnya ligamen dan patah tulang.
Solusi: Lakukan stretching sebelum bermain game aktif. Pastikan ada banyak ruang gerak di sekitar anda, sehingga anda tidak menyenggol atau menabrak sesuatu. Dan hindari untuk bermain game lebih lama dari permainan yang sesungguhnya. 
#6 - Keju
Untuk para pecinta keju, catatlah ini – makanan kesukaan anda ini bisa menjadi penyebab semua sakit kepala. Keju yang melalui proses pengawetan (aged cheese) seperti blue cheese, cheddar, parmesan, dan keju Swiss mengandung kadar tinggi satu bahan yang dinamakan tiramin. Pemicu sakit kepala yang jahat ini juga ditemui dalam beberapa jenis makanan olahan dan minuman
Solusi: Buatlah catatan harian tentang makanan agar bisa ditemukan hubungan antara makanan dan sakit kepala, sehingga anda bisa tahu makanan apa yang harus dihindari

#7 – Sindroma Couch Potato

Waktu untuk beristirahat dapat menjadi sumber rasa sakit dan nyeri. Apakah anda sering berbaring di atas sofa dengan kepala memutar menghadap TV? Bila benar, maka anda sedang menyiapkan diri anda untuk sakit leher, apalagi bila anda jatuh tertidur pada posisi itu.
Solusi: Pertahankan postur tubuh anda pada posisi sebaik-baiknya, bahkan saat anda beristirahat. Duduklah tegak di atas sofa anda dan pastikan bahwa TV anda tidak terletak terlalu tinggi.
#8 – Bayi Anda
Gerakan sederhana mengangkat bayi dari dalam box bayi setiap hari dapat menyebabkan tenosivitis Quervain. Ini merupakan peradangan karena cidera stres yang berulang dan menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada pergelangan tangan dan jempol.
Solusi: Biasakan mengangkat bayi tanpa menegangkan pergelangan tangan. Letakkan tangan anda di bawah punggung dan bokong bayi, dan angkatlah bayi menggunakan otot yang lebih besar pada lengan anda.
#9 – Tas Laptop
Jika anda membawa laptop kemana-mana layaknya anggota tubuh tambahan, maka akan ada kecendrungan untuk terjadinya ketegangan otot pada bagian tubuh tertentu. Tas laptop yang dijinjing akan memberi beban pada lengan bawah dan pada akhirnya bisa menyebabkan tennis elbow. Tas yang digantungkan pada bahu dapat menyebabkan sakit punggung atau sakit bahu
Solusi: Gunakan tas laptop yang menggelinding atau gantilah model laptop anda dengan yang lebih ringan
#10 – Model Rambut Anda
Model buntut kuda yang ketat dapat memicu atau memperparah sakit kepala. Beberapa penderita migrain lebih sensitif terhadap sensasi yang tidak menjadi masalah bagi orang lain, seperti topi yang ketat, ikat kepala, sanggul atau kepang
Solusi: Biasakan model rambut yang terurai bebas dan tanggalkan topi.
#11 – Bau Yang Menyengat
Dokter tidak pasti akan sebabnya, tapi bau yang menyengat merupakan pemicu lain dari timbulnya migrain yang sering ditemui. Ini termasuk bau yang mengganggu seperti bau cat dan asap rokok. Namun wewangian seperti parfum dan harum bunga bisa juga menjadi masalah.
Solusi: Identifikasi bau seperti apa yang menjadi pemicu sakit kepala dan cobalah menghindarinya
#12 -  Kebiasaan Tidur
Bila anda sering bangun pagi dengan rasa sakit dan pegal-pegal tubuh, maka perhatikan baik-baik postur tubuh anda saat tidur. Tidur tengkurap menyebabkan kepala berada posisi menengok ke samping yang cenderung menengok ke belakang (hiperekstensi sendi leher). Orang lainnya tidur pada satu sisi dengan lengan di atas kepala. Setelah beberapa jam kemudian, posisi seperti itu dapat menyebabkan ketegangan pada otot bahu.
Solusi: Cara tidur yang lebih baik adalah tidur terlentang atau pada sisi dengan posisi lengan di bawah bahu. Jika biasa tidur pada satu sisi, tempatkan satu bantal antara 2 lutut untuk menunjang punggung bagian bawah. Yang biasa tidur terlentang dapat menempatkan bantal di bawah leher dan sendi lutut
#13 – Minuman
Berbicara tentang minuman, maka minuman alkohol adalah rajanya rasa sakit. Anggur merah, whiskey, beer dan champagne adalah minuman yang paling sering dianggap bertanggung jawab atas sakit kepala yang berdenyut
Solusi: Hindari asupan minuman beralkohol
#14 – Lupa Makan
Lupa makan menyebabkan gula darah anda turun. Pada beberap orang ini dapat menyebabkan sakit kepala yang masif sebelum disadari bahwa mereka merasa lapar.
Solusi: Santaplah makanan bergizi secara teratur sepanjang hari. Pertimbangkan kudapan yang mengkombinasikan protein dan gandum, seperti misalnya selai kacang (pindakaas) dan crackers gandum

#15 – Mengangkat Barang Dengan Punggung

Sumber sakit punggung yang utama adalah mengangkat barang dengan cara yang salah. Kesalahan yang umum terjadi adalah membungkuk ke depan untuk mengambil barang lalu menegakkan punggung untuk mengangkat barangnya. Ini memaksa otot punggung untuk menanggung bagian terbesar dari berat barang. Memutar sambil mengangkat barang merupakan masalah lain lagi.
Solusi: Untuk mengangkat barang dengan benar, tekuk lutut dan pinggul sampai anda jongkok. Pertahankan punggung tetap lurus. Pegang barang yang akan diangkat dan angkat menggunakan otot paha dengan cara meluruskan lutut dan pinggul (gerakan berdiri).
#16 – Meja Kerja Anda
Bila anda menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di balik meja atau tempat kerja anda, maka perlu dipikirkan untuk mengaturnya. Satu posisi kursi yang buruk menyebabkan anda harus membungkuk ke depan yang akan menegangkan otot punggung dan leher anda. Monitor yang terlalu rendah atau terlalu tinggi juga akan menegangkan otot leher.
Solusi: Posisikan bagian atas layar monitor sejajar dengan mata. Posisikan kursi anda sehingga anda bisa duduk lurus dengan kaki berpijak pada lantai. Gunakan bantal untuk menopang punggung bagian bawah bila diperlukan

#17 – Kelelahan Mata

Sakit kepala yang berpusat di belakang alis mata mungkin karena kelelahan mata. Kelelahan mata bisa terjadi bila anda mempunyai masalah penglihatan yang tidak diperbaiki seperti misalnya, melihat dekat, melihat jauh atau astigmatisme.
Solusi: Jadwalkan pemeriksaan mata untuk mengetahu apakah anda memerlukan kacamata untuk memperbaiki penglihatan anda. Bila anda sudah menggunakan kacamata, maka mungkin sudah waktunya untuk menggantinya dengan resep kacamata baru.
#18 – Perubahan Cuaca
Banyak orang yang mengklaim bahwa perubahan cuaca dapat memicu sakit kepala. Terutama bila suhu udara meningkat, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk menderita migrain dan sakit kepala berat lainnya
Solusi: Karena anda tidak bisa mengendalikan cuaca, maka waspadalah perubahan cuaca macam apa yang menimbulkan sakit kepala. Dengan cara ini, anda dapat bersiap untuk menghadapinya
#19 – Sindroma Prajurit Akhir Minggu
Anda adalah seorang prajurit di akhir minggu bila sepanjang minggu anda duduk terus menerus namun melakukan olahraga aktif pada hari Sabtu dan Minggu. Perubahan kegiatan yang tiba-tiba menjadikan otot tidak siap dan rentan untuk terjadinya ketegangan otot.
Solusi: Mulailah dengan jalan kaki selama 5 – 10 menit atau lakukan olah raga ringan lainnya dan lakukan stretching sesudahnya setelah otot mengalami pemanasan. Luangkan beberapa menit dalam minggu itu untuk melatih otot-otot yang akan anda gunakan pada olah raga akhir minggu anda.                                                                                                                                                                                                           #20 – Menunggang Bahu
Ini merupakan kesenangan keluarga yang klasik. Orang tua bersama dengan anak mereka yang masih kecil menunggang bahu sang ayah. Namun mengangkat anak di atas kepala merupakan sumber nyeri bahu dan leher yang sering terjadi.
Solusi: Dari pada mengangkat anak dari tanah, duduklah di sofa dan mintalah anak anda untuk memanjat dengan hati-hati ke atas bahu anda.
#21 – Menggesekan Gigi
Rahang yang sakit dan sakit kepala dapat berarti anda menggesekkan atau menggertakkan gigi anda selagi tidur. Apabila anda seorang penggesek gigi yang kronis, maka masalahnya bukan hanya rasa sakit saja. Anda pada akhirnya dapat merusak gigi-gigi, rahang dan bahkan pendengaran anda.
Solusi: Kunjungi dokter gigi anda. Ia dapat memberikan semacam pelindung gigi yang dapat melindungi gigi anda selagi tidur.
#22 – Sex
Sakit kepala karena sex bukan hanya merupakan kisah istri tua. Sex dapat meningkatkan tekanan darah dan tegangan otot pada kepala dan leher yang menyebabkan sakit kepala ringan atau bisa juga berdenyut-denyut. Pria lebih sering mengalami ini dibanding wanita.
Solusi: Sakit kepala ini bisa diobati secara efektif dengan analgesik. Namun periksakan ke dokter untuk memastikan bahwa sakit kepala anda bukan ditimbulkan oleh kondisi yang lebih serius.
#23 – Stress
Stress menyumbang kepada berbagai jenis rasa sakit dan nyeri. Banyak orang mengencangkan otot punggung mereka saat mereka cemas yang menyebabkan sakit punggung. Kebanyakan sakit kepala serasa kepala mau pecah berasal dari stress. Stress juga memainkan peran dalam menggesek-gesek gigi, yang menyebabkan sakit rahang
Solusi: Praktekkan tehnik-tehnik relaksasi seperti meditasi atau yoga
Kapan saatnya untuk mengunjungi dokter bila ada rasa nyeri/sakit?
Mintalah bantuan dokter segera bila anda menderita:
  • ·         Sakit dada
  • ·         Sakit kepala hebat dan atau leher kaku
  • ·         Rasa sakit yang berkaitan dengan cidera
  • ·         Rasa sakit yang disertai rasa lemah atau baal


Rasa sakit apapun sebaiknya dievaluasi oleh dokter. terutama bila ia mengganggu pekerjaan sehari-hari, hobby dan tidur anda
Semoga bermafaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan



No comments:

Post a Comment