Sunday, June 16, 2013

6 TIPS UNTUK BISA TIDUR CUKUP

INFO KESEHATAN UNTUK WANITA – 6 TIPS UNTUK BISA TIDUR CUKUP


Kurang tidur dapat menimbulkan sederet masalah, mulai dari kecenderungan untuk terserang flu atau naiknya berat badan yang membuat tubuh beresiko terserang penyakit jantung atau diabetes

Untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal, maka orang dewasa rata-rata memerlukan tidur antara 7 – 9 jam per hari. Namun ternyata lebih dari 60% wanita gagal untuk memenuhi kebutuhan tidur selama itu.
Hal ini mungkin berkaitan dengan insomnia (susah tidur) atau kondisi lain yang memerlukan pengobatan. Namun kebanyakan wanita yang kurang tidur secara konsisten tidak berhasil untuk tidur tepat waktu dan tetap bangun untuk waktu yang cukup lama.

Untungnya, hutang kurang tidur dapat dibayar kembali, bahkan untuk kurang tidur yang kronis yang telah berlangsung cukup lama. Dengan demikian ada dampak yang bermakna bagi kesehatan anda sehari-hari untuk jangka panjang. Ingatlah akan pentingnya tidur yang cukup – sekurang-kurangnya 7 jam per malam – yang sama pentingnya seperti kita menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan olah raga yang teratur.

6 TIPS UNTUK BISA TIDUR CUKUP

#1 –
CIPTAKAN TEMPAT TENANG UNTUK BERISTIRAHAT – Manfaatkan kamar tidur anda benar-benar untuk tidur dan untuk waktu-waktu intim anda. Ciptakan ketenangan dalam ruangan ini. Keluarkan TV, computer, handphone atau gadget lainnya dari dalam kamar tidur anda yang bisa mengganggu ketenangan.

#2 – TIDUR SEJENAK HANYA BILA DIPERLUKAN
– Tidur siang selama 1 – 2 jam saat tibanya puncak rasa kantuk di siang hari dapat membantu membayar kekurangan tidur di malam hari. Namun sebaliknya tidur siang juga dapat mengganggu waktu tidur anda di malam hari sehingga jadwal tidur menjadi berantakan.

#3 – HINDARI MINUM KAFEIN DI SORE HARI
– Kafein dapat memberikan efek stimulan dalam tubuh anda sampai 12 jam. Maka kalau anda minum kopi di sore hari, maka anda cenderung akan terbangun sampai larut malam, sehingga terjadi kekurangan tidur. Alkohol bisa merupakan penenang, namun juga bisa menjadi pengganggu tidur anda.

#4 – OLAH RAGA TERATUR
– Olah raga teratur adalah satu kiat hidup sehat yang amat penting dan bermanfaat yang sudah kita tahu sejak lama. Namun diabaikan oleh sebagian besar orang, mungkin juga termasuk anda. Nah, lakukan OR secara teratur, namun hindari melakukannya dalam 3 jam sebelum waktu tidur.

#5 – SELESAIKAN MASALAH KURANG TIDUR YANG KRONIS
– Bila anda termasuk orang yang sudah lama memiliki masalah kurang tidur ini selama bertahun-tahun, maka diperlukan waktu untuk ‘membayar kembali’ kekurangan tidur anda itu.

Rencanakan liburan dengan jadwal
yang amat santai dengan hanya beberapa kewajiban. Hindari berlibur dengan ikut semacam wisata keliling dunia yang biasanya melelahkan. Matikan jam weker dan tidurlah selama mungkin setiap malam sampai anda terbangun dengan sendirinya keesokan harinya. Mula-mula mungkin anda bisa tidur lebih dari 12 jam, namun dengan cara ini anda bisa membayar kekurangan tidur anda dan bangun dengan rasa segar.

#6 -  HINDARI TERJADINYA SIKLUS KURANG TIDUR YANG BARU
– Setelah berhasil masuk dalam siklus atau jadwal tidur cukup yang teratur, maka perlu dihindari perangkap untuk kembali dalam siklus kurang tidur yang baru. Cobalah untuk secara konsisten tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari pada hari-hari kerja. Bila diperlukan gunakan akhir minggu/hari libur untuk mengejar kekurangan waktu tidur anda.

Semoga bermanfaat

Sumber: Harvard Health Publication – Harvard Medical School - Women and sleep: One simple step to a longer, healthier life -  http://www.health.harvard.edu/

No comments:

Post a Comment