Sunday, June 16, 2013

TIPS MEMELIHARA GINJAL

SAYANGI GINJAL ANDA - JAGA DAN PELIHARA GINJAL SEJAK KECIL


Kerja ginjal ialah menyaring darah membuang ampas sisa pembakaran tubuh. Kalau fungsinya sudah menurun, maka darah akan penuh dengan sampah yang tak terbuang. Tubuh akan keracunan.
Ginjal akan menurun fungsinya kalau mengalami kerusakan. Kerusakan bisa disebabkan oleh infeksi, diabetes (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), batuh kemih atau efek samping obat, selain tumor.
Mengingat betapa pentingnya peran ginjal, maka sepantasnyalah ia harus dijaga dan dipelihara sejak kecil. Selain tidak kekurangan minum, hindarkan semua faktor resiko di atas.
Kejadian paling sering di Indonesia disebabkan oleh infeksi. Kaum ibu lebih rentan terinfeksi saluran kemih sebab saluran kemih bagian kemaluan wanita lebih pendek. Kalau air cebok tidak bersih, cara cebok yang keliru, terlambat mengganti pembalut sewaktu haid, infeksi saluran kemih bagian bawah yang dibiarkan akan menjalar sampai ke ginjal.
Begitu juga sebaliknya, adanya batu ginjal memudahkan terjadinya infeksi yang berulang. Oleh karenanya infeksi saluran kemih harus segera diatasi. Cara cebok kaum ibu harus dari depan ke arah belakang, bukan sebaliknya. Cebok dari arah liang dubur ke liang kemih mengantarkan kuman yang ada di liang dubur memasuki liang kemih. Dengan cara itu infeksi saluran kemih bagian bawah terjadi.
Gangguan ginjal yang lama, apapun penyebabnya, merupakan awal gagal ginjal di kemudian hari. Ongkos untuk mengatasi gagal ginjal menghabiskan tabungan dan bisa-bisa sampai seluruh harta kita .... Hindari gagal ginjal dengan menjaga dan memelihara ginjal anda......

Diambil dari tulisan dr. Handrawan Nadesul

No comments:

Post a Comment